Apa Itu Properti dan Jenisnya untuk Investasi Jangka Panjang

apa itu properti

Sebenarnya, apa itu properti? Kenapa akhir-akhir ini, banyak orang yang mulai menjadikannya sebagai investasi?

Memang benar, istilah “properti” semakin banyak dibicarakan karena berhubungan dengan kepemilikan tanah atau rumah. Bahkan tidak jarang juga hal tersebut dikaitkan dengan hal investasi atau bisnis properti. 

Hingga akhirnya, properti menjadi pilihan yang mungkin membuat Anda penasaran bagaimana cara mulai memilikinya, baik untuk kepemilikan pribadi maupun untuk berinvestasi jangka panjang. 

Baiklah, di dalam artikel ini, kami akan bahas seluk-beluk tentang properti. Jadi, untuk Anda yang masih awam tentang dunia ini pun bisa memahaminya dengan mudah.

Apa Itu Properti? Mengapa Banyak Orang Yang Membicarakannya?

apa itu properti
apa itu properti via rumah123

Hm, ketika berbicara mengenai apa itu properti, memang banyak orang yang mengartikannya secara spesifik. 

Misalnya properti adalah istilah yang sering dikaitkan dengan bangunan mewa atau tanah yang luas. Pengertian tersebut tidak salah, namun tentu saja kurang tepat. Pasalnya, jika ada satu petak tanah pun sudah bisa disebut sebagai properti (asalkan memiliki hak milik yang sah di mata hukum).

Akan tetapi, properti secara umum adalah penyebutan untuk tanah atau bangunan yang dimiliki oleh seseorang. Bahkan properti tidak hanya dikatakan sebagai bangunan yang berdiri saja, namun juga meliputi gedung dan keterangan tanah. 

Sedangkan mengutip penjelasan dari KBBI, properti adalah harta yang berupa bangunan, tanah, serta sarana dan prasarana yang tidak bisa dipisahkan dari tanah hak milik atau suatu bangunan yang dimaksud. 

Nah, berdasarkan pengertian apa itu properti di atas, pastinya Anda bisa menyimpulkan bahwa properti memiliki arti “hak”. Baik itu hak milik, hak guna, ataupun hak sewa untuk menggunakan sebuah bangunan dan juga sebidang tanah yang ada di atas lahan tersebut. 

Apa Pentingnya Properti?

Sampai di sini, mungkin Anda langsung bertanya-tanya sebenarnya apa pentingnya properti sehingga orang mulai banyak tertarik memilikinya. 

Hm, properti memang sangat erat dengan hal “kepemilikan”. Maka dari itu, untuk memiliki sebuah properti, seseorang harus dihadapkan dengan urusan dokumen-dokumen penting (seperti IMB) yang harus diurus. 

Apakah hal tersebut wajib dilakukan?

Tentu saja sangat wajib! Pasalnya, properti dengan kepemilikan yang tidak jelas akan rawan sekali mengalami terjadinya perselisihan dan sengketa. 

Terlebih, properti adalah aset mahal yang setiap tahunnya mengalami kenaikkan harga. Jadi harus dipastikan semua bukti kepemilikannya jelas di mata hukum untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan terjadi.

Tertarik Berinvestasi? Berikut Jenis-Jenis Properti Yang Bisa Dipertimbangkan

jenis properti
jenis properti via asuransiku

Jika Anda memang lebih tertarik untuk berinvestasi di bidang properti ini, hal pertama yang harus dilakukan tentu saja mencari informasi yang lengkap mengenai jenis-jenis properti. 

Pasalnya, properti tidak hanya tentang bangunan rumah dan tanah saja. Ada banyak jenis yang bisa dipertimbangkan untuk investasi jangka panjang. Berikut penjelasannya. 

1. Rumah Tapak

Pilihan jenis properti untuk berinvestasi jangka panjang yang pertama adalah rumah tapak. Memang, hunian pribadi sekarang ini tidak hanya di rumah saja berdasarkan dari penjelasan apa itu properti di atas. 

Apartemen yang menjadi tren saat ini menarik banyak orang. Akan tetapi, jika melihat dari segi desain, tentu saja rumah tapak jauh lebih fleksibel jika dijadikan investasi. Pasalnya, desain rumah tapak umumnya sudah diatur seefisien mungkin oleh pihak pengembang atau developer. 

Akan tetapi, Anda sebaiknya perhatikan terlebih dahulu bagaimana akses menuju tempat lokasi dan juga infrastruktur yang memadai sebelum membeli rumah tapak sebagai investasi. Nah, jika memiliki biaya yang lebih banyak, Anda bisa memilih di tengah kota yang harganya terus naik dan mahal.

2. Apartemen

Dengan memahami penjelasan apa itu properti, apartemen menjadi salah satu hunian pribadi yang bisa dijadikan sebagai investasi. Hunian vertikal ini umumnya berada di kota-kota besar, di mana banyak ditinggali oleh masyarakat kalangan menengah ke atas. 

Apartemen memang bisa menjadi investasi yang sangat menguntungkan. Pasalnya, lokasi yang ada biasanya sangat strategis dan berada di wilayah jalan-jalan protokol. Terlebih, jenis properti ini banyak menarik para generasi millenial sampai ke gen Z yang lebih menyukai hidup serba praktis. 

Hal tersebut lah yang mendorong para pihak pengembang menyediakan fasilitas lengkap di lingkungan apartemen. Bahkan dibuat dengan konsep tertentu agar terasa semakin “modern”. Jika dilihat dari segi desain interior dan eksterior, apartemen jelas lebih memiliki estetika yang berkualitas. 

3. Ruko

Jangan salah, ruko bisa menjadi salah satu investasi yang paling menguntungkan. Pasalnya, Anda bisa memiliki rumah tinggal pribadi, sekaligus tempat untuk mendirikan usaha. Ruko bisa menjadi pertimbangan investasi properti yang tepat dan juga sesuai. Akan tetapi, harga ruko memang biasanya lebih mahal ketimbang rumah tapak biasa.

Hal tersebut tentu saja dikarenakan adanya pertimbangan izin pembangunan dan penggunaan ruko yang cukup sulit. Namun jika berlokasi di wilayah yang sangat strategis dan banyak dilalui oleh orang banyak, ruko bisa menjadi investasi yang sangat menguntungkan!

Bahkan Anda bisa menyewakannya dengan pihak lain yang memang ingin membangun sebuah usaha. Dengan begitu, keuntungan yang bisa didapatkan sangat tinggi. Berdasarkan penjelasan apa itu properti, ruko menjadi salah satu jenis yang menjanjikan. 

4. Tanah Kavling

Selanjutnya, Anda tidak hanya bisa berinvestasi pada bangunan saja. Pasalnya, tanah kavling bisa menjadi pilihan yang tepat karena prospek kenaikkan harganya sangat ideal. 

Bayangkan saja, secara umum tanah kavling bisa mengalami kenaikkan harga mencapai 20% – 25% pada setiap tahunnya. Tidak hanya itu, tanah kavling juga tidak membutuhkan biaya perawatan yang tinggi. Bahkan resiko kehilangannya lebih kecil jika dibandingkan dengan bangunan hunian.

5. Gudang

Yang terakhir, jenis properti yang bisa dijadikan pertimbangan untuk investasi adalah gudang. Ada banyak kelebihan dari investasi pada jenis properti ini. Misalnya seperti harga yang terus mengalami kenaikan dan menyesuaikan dengan harga tanah setiap tahunnya. 

Gudang juga bisa disewakan ke pihak lain sebagai tempat usaha. Tentu saja, dengan menyewakan jenis properti ini, Anda akan mendapatkan pendapatan rutin yang menguntungkan. Ini lah yang menjadikan pengertian apa itu properti sangat penting untuk dipahami.

Hal-Hal Yang Harus Dipahami Sebelum Berinvestasi di Bidang Properti

Setelah mengetahui banyak hal tentang apa itu properti dan jenisnya, sekarang saatnya kami jelaskan juga apa saja hal yang harus Anda perhatikan sebelum melakukan investasi. Pasalnya, jangan sampai niat bagus Anda ini menjadi sia-sia karena meremehkan beberapa hal penting seperti:

  • Pastikan lokasi properti berada di tempat yang strategis. Jika Anda lebih berminat investasi properti untuk disewakan, maka lokasinya harus sangat strategis. Misalnya dekat dengan perkantoran.
  • Pahami jumlah pajak yang harus dibayar. Jumlah pajak akan menentukan harga jual properti. Jadi pastikan Anda mengetahuinya terlebih dahulu.
  • Lingkungan aman dari kriminalitas. Jangan sampai properti yang Anda miliki rawan dari tempat kriminalitas karena hal tersebut akan berpengaruh terhadap jumlah penyewa nantinya.

Akhir Kata

Jadi, pengertian apa itu properti adalah kepemilikan hak atas tanah atau sebuah bangunan. Anda bisa memiliki properti tidak hanya untuk hunian pribadi saja. Jika ingin mendapatkan keuntungan secara rutin, properti bisa disewakan sebagai investasi jangka panjang.

error: Content is protected !!