Ide 50 Juta Desain Rumah 2 Lantai Sederhana dan Biaya

50 Juta Desain Rumah 2 Lantai Sederhana dan Biaya

Pernahkah Anda berpikir tentang ide 50 juta desain rumah 2 lantai sederhana dan biaya? Dengan uang 50 juta, Anda tetap bisa mendesain rumah agar tampilannya menjadi lebih estetik dan cantik. Meskipun kedengarannya budget sebesar itu cukup sulit dimanfaatkan untuk mendesain rumah 2 lantai.

Apa lagi, umumnya pembicaraan soal pembangunan rumah bisa mencapai hingga ratusan juta. Dana dalam jumlah besar itu terkadang membuat sebagian orang mengurungkan niat untuk membangun rumah. Lalu, bagaimana ide desain rumah 2 lantai sederhana dan biaya murah?

Ide 50 Juta Desain Rumah 2 Lantai Sederhana dan Biaya

Setiap orang tentunya memiliki konsep desain rumah impian masing-masing. Untuk bisa mewujudkan desain rumah impian tersebut dibutuhkan dana yang sesuai. Bagi Anda yang kebingungan ide desain rumah dengan budget terbatas maka bisa mengecek pembahasan berikut.

1. Gaya Minimalis dengan Taman Mini

gaya minimalis
rumah gaya minimalis via github

Desain bangun rumah 50 juta yang dapat Anda jadikan contoh adalah rumah bergaya minimalis dengan tambahan taman mungil atau mini. Budget 50 juta masih bisa dimanfaatkan untuk membuat taman mini. Pada taman mini itu, Anda bisa menanam bunga favorit sebagai hiasan sehingga tampilan rumah menjadi lebih fresh dan cantik.

Selain menanam bunga, Anda bisa menambahkan tanaman-tanaman hijau lain di depan rumah. Jadi, tampilan rumah dilihat dari luar bisa kelihatan lebih asri dan sedap dipandang. Ide 50 juta desain rumah 2 lantai sederhana dan biaya bisa mencoba membangun rumah minimalis.

2. Rumah Konsep Petakan

rumah petakan
rumah gaya petakan via 99

Berikutnya, terdapat ide desain rumah dengan konsep petakan. Rumah petak yang biasanya cenderung tidak membutuhkan banyak penyekat dalam rumah tentu akan menghemat budget. Inti penting dari membangun rumah dengan budget terbatas yaitu bisa membangun ruang-ruang esensial.

Apa yang dimaksud dengan ruang esensial? Ruang esensial merupakan ruang penting yang setidaknya harus ada di dalam rumah. Misalnya seperti area kamar tidur, dapur, atau kamar mandi.

Apabila Anda telah memenuhi ruang-ruang esensial tersebut maka pembangunan rumah lebih lanjut dapat dilakukan ketika ada dana lagi.

3. Lantai Mezzanine

rumah lantai mezzanine
rumah lantai mezzanine via dailysia

Ingin menambah ruang untuk menaruh barang-barang Anda? Konsep desain lantai mezzanine mungkin bisa dicoba. Mezzanine merupakan jenis lantai yang letaknya ada di tengah. Berada di antara lantai bawah dan atap. Luasnya pun tidak terlalu luas, sekitar sepertiga dari luas ruangan.

Bagian lantai mezzanine tersebut dapat Anda manfaatkan sebagai kamar tidur atau area penyimpanan barang agar lebih ringkas. Sketsa rumah 50 juta dengan lantai mezzanine bisa dirancang sesuai konsep desain yang diinginkan. Apa lagi, mezzanine ini memiliki banyak fungsi untuk mengakali luas yang tidak terlalu besar.

4. Rumah Minimalis Semi Industrial

rumah semi industrial
rumah semi industrial via kompas

Jenis desain rumah minimalis semi industrial yang berbentuk kotak umumnya tidak terlalu membutuhkan banyak biaya. Mengapa demikian? Hal itu dikarenakan rumah yang berbentuk kotak (mirip seperti scandinavian) pembangunannya menjadi lebih efisien sebab tidak memakai gaya atau bentuk rumah yang aneh-aneh.

Anda bisa membangun rumah dua lantai dengan konsep industrial ini. Rumah berbentuk kotak dengan desain sederhana dapat menghemat dana yang perlu dikeluarkan. Kedepannya jika mempunyai dana lebih, renovasi pembangunan rumah bisa dilakukan.

5. Rumah Tumbuh

rumah tumbuh
rumah tumbuh via rumah123

Desain rumah sederhana yang bertujuan untuk mengisi fungsi ruangan utama agar terpenuhi terlebih dahulu bisa mencoba konsep rumah tumbuh. Rumah tumbuh menyisakan area lahan kosong di belakang bagian rumah. Lahan kosong itu nantinya dapat dibangun ketika Anda telah memiliki dana lebih di kemudian hari.

Selain itu, untuk pembatas atau penyekat ruangan Anda dapat mencoba rak buku misalnya. Masukkan perabotan-perabotan berukuran minimalis agar bisa muat masuk di dalam rumah. Selanjutnya perabotan rumah tangga, penambahan ruang baru, atau lainnya bisa dimasukkan secara bertahap.

Itulah kelima inspirasi 50 juta desain rumah 2 lantai sederhana dan biaya. Anda dapat menjadikan ide desain di atas sebagai referensi untuk menghias rumah impian. Entah itu bergaya minimalis atau pun menggunakan mezzanine, semuanya bergantung pada keputusan Anda.

Rincian Pembangunan Rumah Budget 50 Juta

Rincian rumah budget 50 juta memang harus dirinci sedetail mungkin agar Anda dapat memperhitungkan apa saja pengeluaran yang dibutuhkan. Termasuk material yang akan Anda gunakan untuk membangun rumah. Pada dasarnya, hal penting yang perlu Anda perhatikan adalah pembelian material yang memenuhi standar kelayakan.

Sebab, jika memilih membeli material karena harganya yang murah tanpa memperhatikan kualitas kelayakannya nantinya akan berisiko. Bisa jadi, material tersebut justru rawan sebab daya tahannya yang kurang baik. Anda tentunya tidak ingin mengalami kerugian itu bukan?

Berikut adalah hal-hal yang perlu Anda perhatikan mendesain rumah 50 juta :

Luas Bangunan

Luas bangunan rumah dengan budget minim seperti 50 juta memang sulit bila menginginkan rumah yang luas. Kemungkinan dengan dana sebesar itu, luas rumah yang dapat dibangun sekitar 20 m2 hingga 40 m2. Anda bisa membangun rumah minimalis dengan penambahan desain yang menarik untuk mempercantik tampilan.

Pondasi

Bangun rumah di kampung atau kota dengan dana 50 juta tidak perlu menggunakan material yang bermerek mahal. Anda cukup menggunakan material dengan harga terjangkau dan telah memenuhi standar kelayakan. Kini, tersedia material dengan harga murah tetapi berkualitas.

Apa lagi, pondasi adalah bagian yang terpenting dan utama dalam membangun suatu rumah. Utamakan membeli pondasi rumah yang kekuatan daya tahannya bisa bertahan lama di masa depan.

Lantai

Rincian 50 juta desain rumah 2 lantai sederhana dan biaya pada bagian lantai bisa menggunakan selain keramik. Lantai keramik membutuhkan biaya yang cukup banyak sehingga dengan budget sebesar itu lebih baik Anda melakukan pengeramikan di kemudian hari.

Untuk sementara, alas lantai bisa dilapisi menggunakan karpet. Karpet menjadi alternatif pilihan alas lantai yang bisa dipakai ketika dana yang dimiliki terbatas. Apabila sudah mempunyai dana lebih, Anda bisa memasang keramik.

Atap

Atap adalah bagian penting dari rumah yang berfungsi sebagai pelindung. Atap yang baik adalah atap yang mampu melindungi isi rumah dari cuaca baik itu panas maupun hujan. Oleh karena itu, Anda perlu menganggarkan biaya atap dengan memakai material baja ringan misalnya.

Baja ringan umumnya lebih murah dan awet daripada material kayu. Jadi, Anda bisa menghemat biaya pembangunan rumah pada bagian atap dengan menggunakan material yang terjangkau tetapi berkualitas.

Plafon

Selanjutnya, plafon termasuk bagian atap rumah yang perlu dipertimbangkan pula. Anda bisa memasang plafon sebagai atap rumah atau menggunakan gypsum rangka besi.

Penutup

Tips membangun rumah dengan budget sebesar itu diperlukan perencanaan yang matang. Anda bisa membuat gambaran rumah terlebih dahulu agar dapat menganggarkan biaya keseluruhannya. Mulai dari pembelian material hingga biaya tukang.

Demikian pembahasan mengenai ide 50 juta desain rumah 2 lantai sederhana dan biaya. Anda dapat menjadikan inspirasi desain yang telah disebutkan sebagai referensi membangun rumah. Sesuaikan budget Anda ketika ingin membangun rumah.

error: Content is protected !!