7 Rekomendasi Rumah Papan Sederhana di Desa Budget Kecil

rumah papan sederhana di desa

Hidup di desa kerap menjadi impian banyak orang. Kehidupan di desa dikenal nyaman, karena memiliki udara yang lebih segar dan sehat. Anda bisa membangun rumah papan sederhana di desa untuk menikmati kenyaman kehidupan desa.

Hidup di desa berarti juga jauh dari kebisingan, karena jarang ada kendaraan yang berlalu lalang. Selain itu juga tingkat polusi di desa juga rendah. Sangat cocok bagi Anda yang menyukai suasana tenang.

Rekomendasi Rumah Papan Sederhana di Desa

Model rumah papan sederhana sangat identik dengan kehidupan desa. Berbeda dengan rumah mewah berdinding bata di kota. Sehingga tidak sedikit mereka yang jenuh dengan kondisi perkotaan, memilih mendirikan rumah sederhana di desa.

Apakah Anda adalah salah satu orang yang menginginkan suasana nyaman hidup di desa? Maka beberapa rekomendasi rumah papan yang sederhana ini akan sangat bermanfaat bagi Anda.

1. Rumah Papan Kayu yang Indah

rumah papan kayu
rumah papan kayu via orami

Rekomendasi desain rumah papan yang pertama adalah rumah yang terbuat dari kayu berwarna alami. Rumah papan kayu bisa dilengkapi dengan teras di bagian depan rumah yang bisa dimanfaatkan untuk tempat bersantai.

Model rumah kayu sederhana tapi indah ini biasanya memiliki desain atap yang sederhana. Bahkan kebanyakan rumah kayu tersebut tidak menggunakan model atap limas.

Rumah papan kayu sederhana akan semakin terkesan alami dengan penggunaan cat berwarna cokelat kayu. Meskipun papan kayu dasarnya sudah berwarna cokelat, namun menambahkan cat akan membuat rumah terlihat bersih dan rapi.

2. Rumah Papan Menggunakan Kaca Modern

rumah papan kaca
rumah papan kaca via qhomemart

Rumah papan sederhana di desa tidak selamanya harus dibangun dengan model yang tradisional. Anda bisa membuat desain rumah yang minimalis tapi juga modern pada rumah papan yang akan Anda bangun.

Bagi Anda yang menyukai konsep rumah yang minimalis tapi juga modern, Anda bisa membangun rumah papan yang modern. Anda bisa membuat kesan modern pada rumah papan dengan sentuhan jendela kaca besar pada bagian rumah.

Material utama yang digunakan pada rumah papan berkonsep modern adalah material kayu dan kaca. Selain menggunakan jendela dengan kaca besar, Anda juga bisa menciptakan kesan modern dengan menggunakan pencahayaan yang tepat.

Pengaturan pencahayaan atau lighting dapat menambahkan kesan tampilan rumah yang estetik. Selain itu, Anda juga bisa menghias area teras atau halaman rumah dengan lampu khusus luar ruangan.

3. Rumah Papan yang Minimalis Beratap Segitiga

rumah papan atap segitiga
rumah papan atap segitiga via qhomemart

Bagi Anda yang menggemari desain rumah yang unik, Anda bisa membangun rumah papan dengan menggunakan atap berbentuk segitiga. Bentuk atap segitiga akan membuat kesan nyentrik tapi simple pada rumah Anda.

Atap berbentuk segitiga, dengan ujung bawah atap yang lebih panjang akan membuat rumah papan Anda terlihat lebih menarik. Selain itu, pembangunan atap segitiga ini diyakini tidak membutuhkan waktu yang lama.

4. Rumah Papan Bergaya Rustic

rumah papan rustic
rumah papan rustic via rumahkayumanado

Rekomendasi rumah papan sederhana di desa berikutnya adalah rumah papan yang bergaya rustic. Konsep rustic pada rumah papan menggunakan dominasi material kayu yang tanpa finishing.

Rumah bergaya rustic menampilkan kesan yang hangat dan tenang. Selain itu, rumah bergaya rustic memiliki ornamen yang minim. Anda bisa memadukan warna cokelat alami dengan warna hijau pada rumah papan rustic Anda supaya tidak monoton.

Anda bisa menggunakan kayu utuh sebagai tiang teras di rumah Anda untuk menciptakan kesan rustic. Selain itu, Anda bisa menambahkan pot tanaman hijau pada area teras rumah Anda, supaya rumah Anda terlihat semakin cantik.

5. Rumah Papan Sederhana Bertema Joglo

rumah papan joglo
rumah papan joglo via desain

Anda juga bisa mengusung tema etnik atau tradisional pada rumah papan Anda. Anda bisa mengadopsi rumah Joglo, rumah adat tradisional dari Jawa Tengah. Rumah Joglo merupakan rumah adat yang seluruh bagiannya menggunakan material kayu.

Rumah bergaya Joglo ini sangat identik dengan atap segitiga yang dibangun tinggi dan memiliki banyak ornamen, dengan filosofi yang sangat kaya dan beragam. Rumah Joglo sangat cocok dibangun di pedesaan. Wujud rumah Joglo yang tradisional dan alami, menambah kesan alami dan indahnya suasana di pedesaan.

6. Rumah Papan Bergaya Panggung

rumah papan panggung
rumah papan panggung via kanggo

Model rumah panggung sederhana di kampung atau di desa dibangun sesuai desain rumah panggung pada umumnya. Rumah panggung merupakan rumah adat tradisional suku Betawi.

Ciri khas rumah panggung adalah lantai rumah yang dibangun lebih tinggi dari tanah, dengan menggunakan penopang berupa kayu pada bagian bawah lantai. Anda dapat menggunakan cat kayu yang berwarna gelap, dengan jendela kaca yang sama gelap untuk menyaring sinar matahari pada rumah papan Anda.

Rumah papan yang bergaya panggung ini sebenarnya sangat direkomendasikan. Rumah papan berbentuk panggung berarti lantai kayu atau papan tidak akan menempel pada tanah. Hal tersebut akan membuat rumah papan Anda lebih awet dan terjaga dari rayap, sehingga tidak mudah lapuk.

Rumah bergaya panggung juga terbilang lebih aman dari serangan binatang pengerat seperti tikus. Karena lantai rumah yang berada di atas tanah, akan meminimalisir masuknya tikus ke dalam rumah. Selain itu, rumah juga akan lebih aman dari gangguan binatang melata seperti ular.

7. Rumah Papan Ala Eropa

rumah papan eropa
rumah papan eropa via arafuru

Rekomendasi rumah papan sederhana di desa lainnya adalah rumah papan yang menggunakan konsep desain ala Eropa. Konsep desain sederhana ala Eropa dapat diterapkan dengan menggunakan pintu dan kosen jendela yang berwarna putih.

Desain ala Eropa ini akan memadukan warna cokelat pada papan di rumah Anda, dengan warna putih pada kosen dan pagar rumah. Perpaduan warna tersebut akan membuat tampilan rumah Anda tampak lebih indah dan romantis.

Anda juga bisa memadukan dengan halaman yang penuh dengan tanaman bunga yang berwarna-warni. Perpaduan beberapa hal tersebut akan membuat rumah Anda terlihat indah seperti rumah di negeri dongeng.

Tips Merawat Rumah Papan

Selain mengetahui rekomendasi rumah papan yang cocok sesuai dengan selera Anda, tentu Anda perlu mengetahui cara yang tepat untuk merawatnya. Berikut ini adalah beberapa tips untuk merawat rumah papan yang perlu Anda perhatikan.

Menjaga keawetan dinding

Rumah papan minimalis kebanyakan material bangunannya terbuat dari kayu, tidak tahan lama dan mudah lapuk jika tidak dijaga dengan baik. Anda bisa menjaga keawetan dinding rumah Anda dengan membalurkan varnish pada dinding.

Menjaga tampilan fisik lantai rumah

Anda perlu menjaga lantai rumah supaya tetap nampak cantik. Anda bisa menggunakan karpet lantai, tapi hindari menggunakan karpet yang permanen. Karpet yang permanen dapat merusak lantai kayu. Sesekali gulunglah karpet atau dekorasi lain yang menempel pada lantai.

Menjaga kebersihan rumah

Debu yang terdapat pada lantai rumah papan tidak akan terlihat sama seperti debu pada lantai keramik. Pada rumah papan, kotoran yang terlihat biasanya hanya yang berukuran agak besar.

Meski begitu, Anda tetap harus rajin menyapu dan mengepel lantai rumah papan supaya tetap awet terjaga. Karena debu dan kotoran yang menumpuk lama-kelamaan akan membuat papan rumah Anda rusak.

Penutup

Berbagai rekomendasi rumah papan sederhana di desa yang telah disebutkan di atas bisa Anda terapkan dalam pembangunan rumah di desa yang Anda impikan. Pastikan Anda juga selalu merawat rumah Anda dengan baik supaya tetap awet dan terjaga.

error: Content is protected !!