Ini Dia, Desain Rumah 2 Lantai Sederhana dan Biaya 100 Juta

Desain Rumah 2 Lantai Sederhana dan Biaya 100 Juta

Tipe desain rumah 2 lantai sederhana dan biaya 100 juta bukan hanya impian lagi untuk Anda. Semuanya dapat direalisasikan meski dengan biaya yang terbatas. Simak beberapa desain rumah yang akan direkomendasikan.

Memiliki rumah impian tentu menjadi keinginan dari setiap orang. Tinggal di rumah yang nyaman dengan semua kebutuhan dapat terpenuhi akan membuat semua orang merasa nyaman dengan hidupnya.

Rumah impian tidak harus besar dan mewah. Akan tetapi, bagaimana dapat mengakomodir kehidupan manusia dan bisa digunakan untuk bernaung bagi anggota keluarga.

Ada banyak tipe desain rumah yang bisa dijadikan inspirasi untuk membangun hunian impian untuk Anda. Misalnya saja tipe klasik, minimalis, industrial, scandinavian, retro, dan lain sebagainya. Berikutnya akan dijelaskan mengenai jenis-jenis desain rumah sederhana yang bisa menjadi contoh.

Desain Rumah 2 Lantai Sederhana Dan Biaya 100 Juta Berdasarkan Material

Desain Rumah 2 Lantai Sederhana dan Biaya 100 Juta
desain rumah 2 lantai sederhana dan biaya 100 juta via informazone

Pilihan material yang digunakan sangat mempengaruhi harga atau biaya yang dikeluarkan dalam membuat rumah. Anda dapat memperhitungkan penggunaan dan kualitas material yang optimal untuk bangunan rumah 100 juta 2022.

1. Material Kayu

Rumah kayu memang menghasilkan kesan yang artistik, hangat dan juga unik. Semakin baik kualitas material, maka akan semakin mahal pula biaya yang dikeluarkan. Material kayu sebenarnya tidaklah terlalu mahal, asalkan pandai memilih jenis kayu yang cocok.

Bangunan kayu biasanya lebih banyak mencirikan bangunan khas pedesaan. Akan tetapi, sangat unik jika Anda bisa memadukannya bahkan untuk bangunan urban. Kayu adalah material tertua yang digunakan umat manusia untuk membangun rumah.

Di Indonesia sendiri, banyak rumah tradisional yang menggunakan rangka kayu dan bertahan hingga puluhan tahun. Kayu bersifat sebagai isolator yaitu tidak menghantarkan panas. Selain itu material ini merupakan bagian dari material alami yang hidup.

Sehingga material ini sangat cocok diaplikasikan di Indonesia dengan iklim tropis. Pancaran sinar matahari ke bangunan akan teredam dan ruangan didalamnya menjadi sejuk.

Sebaliknya apabila musim hujan dan cuaca diluar dingin, maka material ini akan mampu menghangatkan dan menjaga suhu thermal di dalam ruangan.

2. Material Bata Merah

Bata merah juga dapat digunakan untuk penutup dinding bangunan. Tentunya rangka bangunan menggunakan konstruksi beton bertulang atau bahkan bisa menggunakan kayu. Material ini mudah didapatkan di pulau Jawa karena ketersediaan bahan baku yang melimpah.

Bata merah menghasilkan kesan artistik dan klasik dengan kesan berwarna merah apada dinding. Jika menggunakan bata merah ekspos, maka hunian akan tampak seperti bangunan berarsitektur tradisional.

Material ini juga mampu meredam panas dari luar ruangan karena berasal dari tanah yang mengalami pressing dan pengolahan. Banyak tipe rumah tingkat sederhana kecil yang menggunakan material bata merah untuk dinding rumahnya.

3. Material Hebel

Hebel merupakan salah satu material yang sangat ekonomis karena harganya yang murah. Selain itu, material ini banyak digemari untuk konstruksi sebab tahan terhadap panas dan api selama 8 jam. Pemasangannya juga sangat mudah hanya tinggal menyusunnya menjadi dinding yang diinginkan.

Bata Hebel juga dapat meredam kebisingan dan suara yang masuk ke dalam ruangan. Perhitungan peredam suara ini hingga 60-70 desibel rata-ratanya. Meskipun, terkadang material ini mampu meredam kebisingan hingga 200 desibel.

Anda yang berdiam di dalam dinding hebel tidak akan mendengar kebisingan dari luar seperti jalanan sehingga cocok untuk membuat bangunan rumah. Material ini memiliki daya tahan yang sangat baik, kapasitas struktural yang menunjang struktur utama.

Dan juga, tidak memiliki dampak yang buruk untuk lingkungan. Jika Anda menyukai gaya unfinished pada bangunan, penggunaan material hebel sangat memungkinkan untuk tidak melakukan cat dan finishing lain pada dinding.
Dengan ini maka, dapat menghemat budget sehingga dapat membuat desain rumah 2 lantai sederhana dan biaya 100 juta.

Desain Rumah 2 Lantai Berdasarkan Luasannya

Ada beberapa tipe rumah yang seringkali dipasarkan oleh developer atau pengembang. Mulai dari tipe 36. Tipe 45, tipe 60, tipe 72, dan lain sebagainya. Tentunya yang paling ekonomis adalah tipe terkecil.

1. Rumah Tipe 36

tipe 36 2 lantai
desain rumah 2 lantai sederhana dan biaya 100 juta via parboaboa

Rumah tipe ini sangat memungkinkan untuk membangun rumah 100 juta 2 lantai. Meskipun kecil, Anda tidak perlu rumit untuk merancang tipe rumah ini. Bagian lantai 1 dapat diakomodir untuk membuat ruangan-ruangan yang bersifat publik misalnya ruang tamu, kamar utama, dapur.

Jika memungkinkan tambahkan taman kecil untuk bukaan dan ruang penyerapan di dalam pekarangan rumah. Sedangkan pada lantai 2 dapat dimanfaatkan untuk kamar tidur dan juga ruang bersama.

 2. Rumah Tipe 45

tipe 45 2 lantai
desain rumah 2 lantai sederhana dan biaya 100 juta via pinterest

Rumah tipe ini cukup mudah dikreasikan untuk membuat desain rumah 2 lantai sederhana dan biaya 100 juta. Banyak yang beranggapan bahwa rumah tipe ini memiliki ukuran yang cukup untuk sebuah keluarga kecil dengan anak.

Pada bagian bawah, memungkinkan untuk mendapat ruangan yang lebih lega. Termasuk juga pembuatan ruang luar yang tidak perlu mengorbankan garasi. Dengan luasan ini juga memungkinkan untuk membuat tambahan satu kamar pembantu.
Pada bagian atas bisa dimanfaatkan untuk ruang tidur, ruang baca, ruang servis di bagian belakang. Atau mungkin juga dapat dimanfaatkan untuk membuat taman kecil di bagian atas rumah.

3. Rumah Tipe 72

tipe 72 2 lantai
desain rumah 2 lantai sederhana dan biaya 100 juta via dekoruma

Dalam bangunan perumahan yang dikembangkan oleh developer, tipe 72 sudah termasuk rumah dengan luasan menengah. Anda bisa mendapatkan 3 buah kamar tidur di bagian atas.

Begitu juga dengan bagian bawahnya mendapatkan ruangan yang cukup luas, bahkan memungkinkan untuk membuat taman belakang. Gunakan desain rumah minimalis 2 lantai untuk mendapatkan gaya yang simpel dan modern.

Membuat Gaya Desain Rumah 2 Lantai Sederhana

Pertama, perhatikan luasan lahan yang Anda miliki. Selain itu, perhatikan juga apakah rumah tersebut akan dibangun oleh pengembang atau membangun sendiri. Jika dibangun oleh pengembang biasanya sudah tertera biaya dan spesifikasinya.

Anda hanya tinggal memilih dan mendiskusikan detail yang ingin ditanyakan termasuk surat-surat resmi dari kepemilikan rumah tersebut. Ada beberapa rumah dengan biaya 100 juta yang berasal dari rumah subsidi memiliki desain unik dan menarik.

Sedangkan, apabila Anda ingin membangunnya sendiri dari nol, maka yang harus diperhatikan adalah membuat desain. Menentukan konsep dan style yang diinginkan juga penting. Anda bisa mencari referensi di internet, majalah, melihat langsung, atau berdiskusi dengan profesional.

Ada banyak denah rumah 2 lantai sederhana dan biaya yang direkomendasikan pada internet. Carilah referensi sebanyak-banyaknya. Setelah melakukan desain ada baiknya terjemahkan desain tersebut ke dalam gambar sehingga dapat lebih mudah memahami dan juga acuan kerja untuk tukang.

Selanjutnya, Anda bisa berkoordinasi dengan tukang atau profesional di bidangnya untuk menghitung anggaran biaya. Apabila menggunakan jasa konsultan atau kontraktor, akan diperhitungkan biaya dan spesifikasi yang dipergunakan. Anda hanya melakukan revisi atau mensupervisi jika ada yang tidak sesuai.

Penutup

Membuat desain rumah 2 lantai sederhana dan biaya 100 juta sebenarnya sangat memungkinkan bagi Anda. Perhitungkan juga luasan lahan, desain, gaya arsitektur, dan juga material yang akan dipakai. Hitung anggaran biaya dengan baik agar tidak melebihi budget.

error: Content is protected !!