10+ Model Rumah Sederhana Tapi Indah di Kampung

Model Rumah Sederhana Tapi Indah di Kampung

Memiliki model rumah sederhana tapi indah di kampung tampaknya menjadi impian banyak orang. Apalagi untuk mereka yang saat ini tinggal di daerah kota besar. Pemandangan alam yang asri dan udara sejuk menjadikan daerah pedesaan dipilih sebagai lokasi hunian yang tepat untuk melepaskan penat dari rutinitas. 

Maka tidak heran apabila saat pulang kampung atau mudik menjadi kesempatan untuk relaksasi dan beristirahat. Nah, jika Anda saat ini berniat ingin membangun atau merenovasi rumah di daerah pedesaan, kami memiliki beberapa rekomendasi model sederhana, namun tetap indah dipandang pada artikel ini. 

Rekomendasi Model Rumah Sederhana Tapi Indah di Kampung

Hunian di pedesaan tidak lagi hanya bermaterial kayu seperti yang ada di film-film. Kini, sudah ada banyak rumah yang bahkan memiliki desain yang sama dengan rumah-rumah di kota besar. 

Akan tetapi, memiliki model rumah sederhana tapi indah di kampung jauh lebih baik dan bisa menjadi tempat relaksasi diri yang tepat. Oleh karenanya, simak beberapa rekomendasi pilihan model rumah yang bisa Anda terapkan di bawah ini. 

1. Model Rumah Material Kayu

rumah material kayu
rumah material kayu via arsitag

Rumah sederhana di pedesaan dengan material kayu dapat menghadirkan nuansa kesegaran dan kehangatan. Warna coklat dari kayu pun memberikan kesan elegan, estetis namun tetap ada kesan vintage pada rumah.

Rumah kayu sederhana bisa menjadi pilihan yang tepat untuk membangun rumah di pedesaan karena terkesan menyatu dengan alam dan ringan. Maka dari itu, banyak rumah sederhana di desa yang terbuat dari kayu. 

Namun, jika Anda ingin mencari sebuah hunian yang menyerupai kesederhanaan kehidupan desa, Anda bisa melihat ke kawasan Bogor. Umumnya, harga perumahan ditaksir di bawah Rp 700 juta.

2. Model Rumah Berteras Besar

rumah berteras besar
rumah berteras besar via aik

Suasana kampung yang bersahabat seringkali menyatukan para warganya. Mulai dari diskusi sederhana hingga persiapan suatu kegiatan. Karena itu, orang sering melihat teras ubin besar yang digunakan untuk duduk dan bersantai dengan nyaman.

Selain itu, bersantai di teras rumah saat berada di desa merupakan salah satu aktivitas yang paling akan Anda rindukan. Untuk itu, rumah sederhana dengan teras yang luas bisa menjadi pilihan tepat bagi Anda yang ingin bisa menikmati kesegaran pedesaan di pagi, siang, atau malam hari.

3. Model Rumah Berukuran Kecil

rumah kampung kecil
rumah kampung kecil via furnizing

Bagi yang lahannya tidak terlalu luas, rumah mungil sederhana ini bisa menjadi pilihan yang tepat. Untuk pencahayaan yang maksimal dan sirkulasi udara yang baik, Anda harus menghadirkan beberapa jendela. 

Dengan begitu, udara pedesaan yang segar bisa terasa sampai ke dalam rumah. Ini cocok dipilih bagi Anda yang hanya ingin menempati rumah di kampung saat liburan saja. Karena ukurannya yang minimalis, mengurusnya pun jauh lebih mudah.

4. Model Rumah Bergaya Tradisional

rumah bergaya tradisional
rumah bergaya tradisional via decomalaysia

Rasanya kurang lengkap jika rumah kampung tidak memiliki corak tradisional. Salah satu model rumah sederhana tapi indah di kampung seperti rumah adat khas Sumatera Utara. 

Rumah panggung dan persegi panjang menjadikan semua ruangan di rumah tersebut terasa lebih menyatu dengan alam.

Di bagian bawah rumah, biasanya terdapat kandang untuk beberapa hewan. Tentu saja, rumah sederhana bergaya tradisional ini akan menimbulkan rasa rindu, sekaligus melestarikan unsur tradisionalnya.

5. Model Rumah Berjendela Besar

rumah berjendela besar
rumah berjendela besar via jeparaheritage

Salah satu hal terpenting dari model rumah sederhana tapi indah di kampung adalah jendelanya. Jendela yang dipasang biasanya berukuran besar. 

Namun bukan tanpa alasan, jendela besar bisa membantu memaksimalkan cahaya rumah sehingga tidak terlalu banyak memakan daya listrik seperti pencahayaan lampu. Hal yang sama berlaku untuk sirkulasi udara di dalam rumah menjadi semaksimal mungkin berkat adanya desain interior yang besar ini. 

6. Model Rumah Bergaya Mewah

rumah bergaya mewah
rumah bergaya mewah via 99

Siapa bilang rumah di desa tidak bisa bergaya mewah? Hm, Anda bisa lho memiliki rumah dengan desain yang sama seperti di kota-kota besar! Namun kesan mewah di sini, tentu saja tidak meninggalkan unsur alam khas rumah pedesaan. 

Yang paling menonjol dalam model rumah sederhana tapi indah di kampung ini adalah dua pilar besar yang berada di pintu masuk. Kedua pilar tersebut dapat mengisyaratakan sambutan selamat datang untuk siapa saja. 

Rumah mewah ini menggunakan keramik sebagai alternatif cat tembok yang dipadukan dengan batu alam. Tidak hanya membuatnya terlihat cantik dan alami, tetapi juga memberikan kesan mewah dan elegan. Biasa juga dihiasi dengan tanaman hias sehingga rumah akan terasa lebih segar.

7. Model Rumah Berhalaman Luas

rumah berhalaman luas
rumah berhalaman luas via kibrispdr

Fakta menarik, lahan di pedesaan cenderung lebih luas daripada lahan di perkotaan yang padat penduduk. Maka tidak heran jika jarak antara satu rumah dengan rumah lainnya cukup jauh karena setiap orang memiliki pekarangan yang luas.

Model rumah sederhana tapi indah di kampung dengan halaman yang luas ini bisa dijadikan lahan untuk membangun ruangan yang lebih luas (tergantung kebutuhan anggota keluarga). 

Selain itu, adanya halaman yang luas juga bisa dijadikan alternatif menjadi tempat piknik dan aktivitas anggota keluarga, serta kebun.

8. Model Rumah Panggung

rumah panggung
rumah panggung via bangizaltoy

Model rumah sederhana tapi indah di kampung yang satu ini tidak hanya sederhana tetapi juga sangat estetis. Rumah sederhana berbentuk panggung banyak dijumpai terutama di daerah pedesaan di luar Jawa. Rumah sederhana ini biasanya terbuat dari kayu dan tentunya memberikan kesan natural dan segar pada hunian.

Selain memiliki desain yang sedap dipandang, rumah panggung memiliki lebih banyak fungsi. Mulai dari menghindari dari satwa liar, aman dari banjir atau air pasang jika berada di tepi pantai. Bahkan bisa juga menjadi tempat bermain yang aman bagi anak-anak.

9. Model Rumah Bambu

rumah bambu
rumah bambu via thegorbalsla

Indonesia adalah negara yang kaya akan bambu. Untuk itu, rumah sederhana di desa dengan material bambu tentu sudah tidak asing lagi. Selain sederhana dan mudah dibuat, rumah bambu ini juga ramah lingkungan. 

Saat Anda mengunjunginya, kesan asri pasti akan muncul begitu saja. Rasanya seperti menyatu dengan alam dan lahir kembali. Biasanya, rumah bambu lebih cocok menggunakan atap yang bukan dibuat dari genteng. 

10. Model Rumah dengan Kebun

rumah dengan kebun
rumah dengan kebun via bangun-rumah

Memiliki sepetak kebun di pedesaan adalah hal yang biasa dijumpai. Pasalnya, lahan yang tersedia biasanya cukup luas. 

Selain itu, tanah di dataran tinggi sangat subur, sehingga memungkinkan ditanami berbagai jenis bunga untuk menghiasi pekarangan. Kebun bisa berada di depan, belakang atau samping rumah. 

Selain memberikan tampilan yang indah dan asri, adanya kebun juga dapat bermanfaat bagi pemilik rumah jika dirawat dengan baik.

11. Model Rumah di Tepi Sawah

rumah tepi sawah
rumah tepi sawah via sisiruang

Model rumah sederhana tapi indah di kampung yang terakhir bisa menerapkan ide rumah di tepi sawah. Ide rumah ini sebenarnya tidak terlalu membutuhkan desain yang rumit karena pemandangan di sekitarnya sudah membuat sangat asri. 

Namun kami sarankan untuk menggunakan material dari alam agar rumah terlihat lebih menyatu dengan lingkungan sekitar. Dengan begitu, Anda pasti akan merasa lebih betah dan muncul rasa kedamaian batin.

Akhir Kata

Baiklah, itu tadi adalah 11 model rumah sederhana tapi indah di kampung yang bisa menjadi sebuah inspirasi. Kira-kira, mana yang menurut Anda paling cocok untuk diterapkan? Kalau untuk kami, rumah sederhana berukuran kecil dapat menjadi alternatif untuk Anda yang hanya ingin menempati rumah di desa saat liburan saja.

Sebagai tambahan, anda bisa melihat inspirasi rumah berkonsep scandinavian yang kini banyak digandrungi para milenial.

error: Content is protected !!