Gambar Pemandangan Gunung yang Mudah dan Indah

Gambar Pemandangan Gunung yang Mudah dan Indah

Gambar pemandangan gunung yang mudah merupakan salah satu kegiatan mengekspresikan imaji dalam bentuk gambar. Biasanya dilakukan untuk menyampaikan gagasan, ide, maupun simbol dengan berbagai macam teknik dan alat gambar.

Kegiatan menggambar ini juga menjadi salah satu aktivitas yang hampir disukai oleh anak-anak. Mulai dari anak-anak TK sampai SD sebagai kebutuhan tugas pembelajaran, maupun untuk bisa mengekspresikan hobi dan kreativitas mereka. 

Berikut ini Pintu Wisata akan memberikan referensi gambar pemandangan gunung yang mudah plus tips menggambarnya.

Mengenal Gambar Pemandangan Gunung yang Mudah

Gambar pemandangan gunung memang menjadi salah satu objek menggambar yang paling umum ditemui. Bahkan, hal ini seringkali dijadikan andalan banyak orang. 

Terdapat banyak sekali pilihan dari objek pemandangan alam yang bisa kamu pilih. Beberapa contoh di antaranya seperti, pemandangan sawah, pantai, gambar pegunungan, sungai, rumah, halaman, sampai pepohonan hijau. 

Sebagian besar gambar pemandangan tersebut termasuk gambar yang cukup mudah diimajinasikan sebagai objek gambar. Untuk kamu yang saat ini mencari referensi objek gambar, seperti pemandangan alam pegunungan, sudah ada banyak sekali jenisnya.

Kamu bisa langsung memilih satu gambar dari daftar gambar pemandangan alam pegunungan yang direferensikan untukmu. Sebagian gambar sangat mudah ditiru dan sebagian lainnya perlu waktu dan kerja keras untuk menirunya. 

Apabila kamu ingin cepat selesai, maka sebaiknya pilih gambar yang sederhana. Mulai dari sketsa, bentuk, suasana, hingga pemilihan warnanya.

Tips untuk Menggambar Pemandangan Gunung

Gambar pemandangan gunung menjadi salah satu objek andalan oleh banyak orang, terutama anak-anak sekolah. Pemandangan gunung bisa menjadi tema gambar yang sangat indah, bila kamu membuatnya dengan baik. 

Di bawah ini ada beberapa tips atau cara menggambar pemandangan gunung. Caranya sangat mudah kamu lakukan untuk menciptakan hasil karya gambar yang bagus.

1. Pilih Objek Gambar Pemandangan

Hal utama yang perlu kamu lakukan yaitu berimajinasi atau menentukan objek gambar pemandangan apa yang ingin digambar. Contohnya saja kamu ingin pemandangan gunung, maka harus fokus dan memikirkan tema pemandangan dengan objek gunung. 

Banyak sekali hal yang bisa kamu lakukan, pertama pilih pemandangan sesuai imajinasi yang dipikirkan. Kedua, kamu juga bisa mencari objek gambar dari referensi yang bertema pemandangan gunung. 

Ketika ide kamu sudah jernih, maka semua ide gambar tersebut bisa langsung dituangkan ke dalam media kertas. Jadi kamu bisa mulai membuat gambar pemandangan.

2. Buat Sketsa Sesuai Ide Gambar

Setelah kamu mendapatkan pilihan tema untuk gambar pemandangan gunung. Selanjutnya, bisa tuangan ide dan imajinasi kamu untuk mulai menyusun sketsa gambar. 

Hal ini tentunya berhubungan dengan objek-objek gambar apa saja yang berkaitan dengan pemandangan gunung. Sejumlah objek yang pasti akan muncul di pikiran saat menggambar pemandangan.

Jadi pasti sudah ada obyek gunung, kemudian pemandangan tambahan. Misalnya saja seperti, sawah, jalan, rumah, pepohonan, sungai, matahari, burung-burung, dan masih banyak lainnya.

Mulailah untuk membuat sketsa gambar tipis-tipis. Pertama, kamu bisa menggambar dua atau tiga gunung. Setelah itu, kamu dapat menambahkan jalan berliku sebagai pemandangan alam pendukung. 

Berikutnya, kamu bisa menambahkan sawah-sawah yang menghampar luas di lembah gunung. Selain itu, kamu juga perlu menggambar objek pepohonan hijau di sekitar jalan untuk bisa memperindah pemandangan.

3. Perjelas Sketsa Setiap Objek

Hal selanjutnya yang perlu kamu lakukan yaitu memperjelas sketsa gambar sebelumnya. Ini dilakukan agar menjadi objek dengan bentuk gambar pemandangan gunung yang mudah dan jelas. 

Jadi, kamu harus lebih teliti dengan memperhatikan setiap objek yang digambarkan. Caranya, dengan menebali obyek sketsa dengan alat tulis pensil atau spidol warna hitam.

4. Merapikan Gambar yang Tidak Diperlukan

Untuk bagian sketsa yang telah diperjelas nantinya akan menghasilkan gambar pemandangan gunung yang dibuat tampak rapi. Akan tetapi, ada beberapa bagian objek sketsa atau garis-garis yang mungkin masih membekas dan tidak diperlukan.

Hal ini tentunya untuk menyiasatinya kamu bisa merapikannya agar tidak mengganggu pandangan mata. Langkah selanjutnya, kamu bisa langsung menghapus sketsa gambar pemandangan gunung yang tidak diperlukan dengan alat penghapus. 

Lukisan gambar kamu sudah jadi, jika ada beberapa bagian yang dirasa masih perlu tambahan objek pendukung. Maka kamu bisa langsung menambahkan beberapa objek gambar lainnya agar pemandangan tampak sempurna dan siap untuk diwarnai.

5. Mewarnai Hasil Gambar

Langkah terakhir, tidak lupa untuk memperindah gambar pemandangan gunung dengan mewarnainya. Kamu bisa langsung mewarnai gambar sebagai tahap akhir dengan menggunakan alat pewarna.

Misalnya saja seperti pensil warna, krayon, cat air, atau pewarna lainnya dengan menyesuaikan media gambar. Untuk bisa menghasilkan lukisan gambar pemandangan seperti aslinya, maka usahakan untuk memilih warna yang sesuai dengan objek.

Untuk bisa mewarnai langit dengan pewarna biru, sungai berwarna biru muda. Sedangkan, gunung bisa dengan warna abu-abu kehijauan atau coklat, rumput-rumput yang berwarna hijau, bebatuan berwarna hitam, dan lain-lainnya. 

Sebetulnya, kamu dapat menyesuaikan pewarnaan lukisan gambar pemandangan gunung sesuai kreasi. Hal yang terpenting hasilnya tampak bagus dan indah.

Kumpulan Gambar Pemandangan yang Dapat Ditiru 

Saat ini tidak perlu khawatir lagi bagi kamu yang tidak begitu pandai dalam menggambar. Di bawah ini sudah ada beberapa kumpulan gambar pemandangan alam yang mudah untuk ditiru. 

1. Gambar Gunung dan Air Terjun 

Gambar Gunung dan Air Terjun 
Gambar pemandangan gunung yang mudah

Gambar gunung dan air terjun adalah salah satu gambar pemandangan gunung yang mudah yang seringkali digunakan. Apalagi bagi para siswa SD saat disuruh menggambar oleh gurunya. 

Pada kenyataannya, memang gambar gunung inilah yang akan menjadi kegemaran bagi sekelompok orang. Jadi tidak heran jika proses menggambar tidak terlalu sulit.

2. Air Terjun dan Sungai

Air Terjun dan Sungai
Gambar pemandangan gunung yang mudah

Pada poin ini air terjun dan aliran sungai juga bisa menjadi salah satu ide yang cukup bagus. Hal ini karena kamu bisa mengimajinasikan air terjunnya tersebut berada di pinggir desa. 

Untuk dapat menghasilkan sketsa gambar pemandangan gunung dan air terjun yang bagus maka kamu dapat mengaplikasikan warna krayon. Selain itu, bisa tambahkan efek gradasi seperti pada langit dan pohonnya.

3. Air Terjun dan Langit 

Air Terjun dan Langit
Gambar pemandangan gunung yang mudah

Gambar yang satu ini juga bisa dijadikan referensi dimana air terjun yang berada di sebuah pedesaan dengan pemandangan air terjun dan langit sebagai latar belakangnya. Gambar ini sangat cocok untuk dicoba jadi jangan sampai ketinggalan untuk mengaplikasikan warna langit yang epik.

4. Desa di Pinggir Sungai 

Desa di Pinggir Sungai
Gambar pemandangan gunung yang mudah

Gambar pemandangan gunung yang satu ini bisa dijadikan sebagai pilihan cukup menarik. Hal ini karena desa di pinggir sungai dengan sebuah pohon ranum sehingga gambar cukup menonjolkan pohon di sisi rumah.

Penutup 

Berdasarkan penjelasan di atas, gambar pemandangan gunung yang mudah di atas bisa dijadikan referensi menggambar. Ada pula beberapa tips yang cocok untuk para pemula yang masih dalam tahap belajar menggambar pemandangan.

error: Content is protected !!