Tempat Wisata Bulus Langka Ana Ning Desa Belawa Cirebon

Tempat wisata bulus langka ana ning desa

Tempat wisata bulus langka ana ning desa Belawa dikenal sebagai salah satu destinasi wisata di Cirebon yang menyuguhkan keunikan hewan kura-kura. Belawa merupakan nama daerah yang terletak di Kabupaten Cirebon. 

Sedangkan Belawa termasuk jenis kura-kura yang tempurungnya sama seperti punggung manusia yang hanya ada di Cirebon. Sehingga, kura-kura inilah yang menjadi daya tarik dari desa Belawa.

Mengenal Tempat Wisata Bulus Langka Ana Ning Desa Belawa

Wisata Bulus Langka Ana Ning Desa
tempat wisata bulus langka ana ning desa via wesata.id

Lokasi tempat wisata bulus langka ana ning desa berada di Desa Belawa, Kabupaten Cirebon, Kecamatan Lemahabang, Jawa Barat. Jam buka dari Wisata Cikuya ini setiap hari Senin sampai Minggu. 

Mulai dari pukul 08.00 sampai 17.00 waktu setempat. Wisata edukasi ini memang selalu ramai dikunjungi oleh para Wisatawan. 

Untuk harga tiket masuk Cikuya Belawa ini terbagi dua yaitu: anak-anak membayar sekitar Rp. 3.000. Sedangkan, tiket masuk dewasa hanya membayar sebesar Rp. 5.000.

1. Fasilitas di Cikuya Belawa 

Ada berbagai macam fasilitas yang sudah ada di tempat wisata kura-kura Belawa Cirebon. Diantaranya seperti: lahan parkir kendaraan, jajanan khas sekitar, toilet, kolam kura-kura, tempat penangkaran kura-kura, gazebo, dan kura-kura belawa.

2. Rute Menuju Belawa Cirebon

Sampai saat ini banyak orang yang bingung, ketika ingin berkunjung ke lokasi Belawa Cirebon. Namun, tidak perlu cemas Anda bisa menggunakan kendaraan roda dua atau roda empat untuk berkunjung ke wisata Belawa.

Rute perjalanan menuju Belawa Cirebon ini sebenarnya sangat mudah untuk dikunjungi. Apalagi jika berangkat dari Terminal Harjamukti menuju ke arah timur di Jl. Ahmad Yani.

Selanjutnya, bisa belok ke kiri menuju Jl. Ahmad Yani, lalu mengikuti Jl. Raya Pantura. Kemudian, lanjut belok ke kanan menuju Jl. Kanci – Sindanglaut.

Anda bisa terus melaju sampai di Jl. Belawa-Wangkelang. Hingga akhirnya tiba ke tempat wisata kura-kura Belawa Cirebon.

Daya Tarik Wisata Cikuya Belawa Cirebon

Wisata Cikuya Belawa
tempat wisata bulus langka ana ning desa via aboutcirebon.id

Tempat wisata desa Belawa juga memiliki daya tarik yang menarik. Berikut ini sudah ada penjelasan terkait daya tarik desa Belawa, antara lain:

1. Kura-Kura Belawa

Kura-kura Belawa merupakan salah satu hewan unik yang dimiliki oleh kabupaten yang dikenal kota udang ini. Ciri khas, kura-kuranya mempunyai tempurung di bagian punggung.

Dimana tempurungnya hampir sama seperti punggung manusia yang sedang berenang. Selain itu, untuk ukuran badannya terlihat lebih cekung, menonjol dan berwarna hitam pekat. 

Usia dari kura-kura Belawa ini hanya mencapai 150 tahun. Berat badannya hanya sekitar 80 kg dan ukuran badannya 1 meter.

Biasanya, kura-kura Belawa hanya diberi makan berupa daging ayam, ikan rucah, dan singkong. Hal ini karena, kehadiran Kura-kura endemik sudah mulai berkurang karena kondisi air yang semakin buruk.

2. Tempat Penangkaran Kura-kura Belawa

Sebagai hewan endemik yang berada di Kabupaten Cirebon, Cikuya Belawa juga menjadi tempat penangkaran kura-kura Belawa. Dimana sampai saat ini sudah tersisa hanya sekitar 400 ekor saja.

Ada juga kolam khusus pemeliharaan kura-kura dewasa, yang ukurannya sekitar 630 meter persegi. Selain itu terdapat ruang penetasan telur, dan kolam pemeliharaan tukik.

Jadi para pengunjung bisa belajar mengenal kehidupan kura-kura Belawa saat berkunjung kesana. Selain itu, bisa menikmati keindahan dari desa Belawa ini.

Penutup 

Berdasarkan penjelasan di atas, tempat wisata bulus langka ana ning desa Belawa ini sangat menarik. Sehingga bisa langsung berkunjung ke objek wisata ini untuk menikmati berbagai macam daya tarik desa Belawa.

error: Content is protected !!