Gunung Semeru Ngampo Pasrujambe Kabupaten Lumajang Jawa Timur

Gunung Semeru Ngampo Pasrujambe Kabupaten Lumajang Jawa Timur

Wilayah Indonesia banyak terdapat pegunungan yang membentang indah pada setiap wilayahnya. Banyak sekali gunung-gunung yang menjadi favorit pendaki untuk ditaklukan, salah satunya adalah Gunung Semeru Ngampo Pasrujambe Kabupaten Lumajang Jawa Timur

Pastinya setiap orang sudah mengenal Gunung Semeru ini yang kaya akan sejuta pesona. Bahkan, karena keindahan Gunung Semeru ini banyak sekali yang ingin mendaki gunung tersebut. Memang, pemandangan indah yang alami pada Gunung Semeru ini tidak ada yang bisa menolaknya. 

Gunung Semeru yang menjadi bagian dari salah satu tempat wisata paling populer di Indonesia ini selalu ramai dikunjungi. Tidak hanya mendaki saja, tetapi banyak juga wisatawan yang sekedar untuk menikmati pemandangan dan udara sejuk di Gunung Semeru ini. 

Suasana wilayah pegunungan yang begitu tenang dan terasa damai ini mampu membuat hati dan pikiran terasa nyaman. Dengan demikian, Gunung Semeru tidak hanya sekedar indah namun juga memberikan kesan yang mendalam bagi pengunjungnya. 

Banyak sekali informasi yang bisa Anda gali lebih banyak pada saat mengunjungi Gunung Semeru ini. Nah, kira-kira apa saja ya informasi menarik yang bisa Anda dapatkan? Yuk, simak artikel di bawah ini agar tidak penasaran dan bisa mengenal Gunung Semeru lebih dalam lagi. 

Gunung Semeru Ngampo Pasrujambe Kabupaten Lumajang Jawa Timur

Gunung Semeru
Gunung Semeru Ngampo Pasrujambe Kabupaten Lumajang Jawa Timur via phinemo.com

Gunung Semeru memiliki informasi yang menarik sekali untuk dibahas. Oleh karena itu, mari kupas bersama mengenai informasi yang terdapat di Gunung Semeru pada artikel di bawah ini. Jangan sampai ada yang terlewat ya!

Gunung Semeru berlokasi di Provinsi Jawa Timur tepatnya berada pada wilayah Kabupaten Lumajang dan Kabupaten Malang, Indonesia. Ketinggian Gunung Semeru ini yaitu sekitar 3.676 mdpl dengan nama populer yaitu puncak Mahameru. Gunung Semeru merupakan gunung berapi yang masih aktif. 

Dengan ketinggian tersebut, tidak heran jika Gunung Mahameru masuk dalam jajaran gunung tertinggi yang ada di Indonesia. Adapun proses pembentukan atau sejarah Gunung Semeru ini yaitu merupakan hasil dari zona subduksi dimana lempeng Indo Australia yang menunjam ke bawah lempeng Eurasia. 

Gunung Semeru atau lebih terkenal dengan sebutan Mahameru ini memiliki makna tersendiri. Arti dari nama Semeru ini dalam bahasa Sansekerta adalah agung yang diambil dari kata meru. Ada juga yang menyebut Gunung Semeru dengan istilah Smiru, Smeru, dan Semeroe. 

Pada kawasan Gunung Semeru ini terdapat suatu kawah yang terkenal dengan sebutan Jonggring Saloko. Namun, jika Anda ingin mendaki Gunung Semeru ini tidak disarankan menuju ke kawah Jonggring Saloko. Karena, sangat berbahaya dan terdapat aliran lahar maupun gas beracun atau Wedhus Gembel.

Wilayah Gunung Semeru ini merupakan bagian dari Taman Nasional Bromo Tengger Semeru. Banyak sekali keterdapatan flora maupun fauna yang ada pada Taman Nasional Bromo Tengger Semeru ini. Pastinya, baik flora dan fauna tersebut mempunyai ciri khas tertentu yang tidak ditemukan di daerah lainnya. 

Flora yang ada pada Gunung Semeru ini meliputi pohon pinus, pohon cemara, tumbuhan jamuju, dan tumbuhan akasia. Selain itu, ada juga edelweis berwarna putih, harendong, alang-alang, tembelekan, dan kirinyuh. Kemudian, terdapat jenis anggrek selop sebagai tumbuhan anggrek endemik yang ada di Gunung Semeru. 

Fauna yang mendiami wilayah Gunung Semeru antara lain budeng, luwak, burung alap-alap, ayam hutan merah, elang bondol, dan kancil. Tidak hanya itu saja, namun ada juga kijang, macan kumbang, dan belibis yang hidup secara liar di sekitaran daerah Ranu Kumbolo. 

Akses Jalur Pendakian Menuju Gunung Semeru

Jalur Pendakian Menuju Gunung Semeru
Gunung Semeru Ngampo Pasrujambe Kabupaten Lumajang Jawa Timur via pendakicantik.com

Apabila Anda ingin mendaki Gunung Semeru maka harus mempersiapkan segala sesuatunya dengan baik. Mulai dari perlengkapan administrasi seperti KTP dan surat keterangan sehat yang berasal dari dokter. Selain itu, juga perlu mencari informasi mengenai pendakian di Gunung Semeru. 

Pada Gunung Semeru terdapat 2 buah alternatif jalur pendakian Gunung Semeru yakni jalur mendaki melalui Ranu Pane dan jalur mendaki melalui Ayek-Ayek. Jalur mendaki dari Ranu Pane merupakan jalur yang dibuka untuk umum. Sedangkan, jalur dari Ayek-Ayek ini tidak dibuka untuk umum. 

Hal ini karena, banyak sekali fauna liar yang mendiami jalur Ayek-Ayek. Sehingga, fauna tersebut harus dilindungi keberadaanya dengan baik. Oleh karena itu, biasanya kawasan jalur Ayek-Ayek ini banyak dikunjungi oleh para peneliti. 

Tempat-tempat yang akan Anda lewati ketika mendaki Gunung Semeru Ngampo Pasrujambe Kabupaten Lumajang Jawa Timur melalui jalur Ranu Pane yaitu Landengan Dowo, Watu Rejeng, dan Ranu Kumbolo. 

Tidak berhenti sampai di sini saja rute berikutnya yaitu Oro-Oro Ombo, Cemoro Kandang, Jambangan, Kalimati, Arcopodo, dan kawasan blank 75. Setelah melewati rute yang panjang ini Anda akan mendapati puncak Mahameru di depan mata.

Sedangkan, apabila melewati jalur pendakian Ayek-Ayek yaitu Watu Rejeng, Ranu Kumbolo, Oro-Oro Ombo, Cemoro Kandang, dan Jambangan. Kemudian, dilanjutkan dengan Kalimati, Arcopodo, dan area blank 75. Selanjutnya, akan terlihat puncak Mahameru yang berdiri dengan kokoh dan gagah. 

Objek Wisata yang Terdapat di Gunung Semeru

objek wisata di gunung semeru
Gunung Semeru Ngampo Pasrujambe Kabupaten Lumajang Jawa Timur via tripadvisor.com

Pastinya Anda akan bertanya-tanya jika di Semeru ada apa? Jawaban simpelnya yaitu ada banyak sekali destinasi wisata di sini yang mengagumkan. Sayang sekali bukan jika Anda melewatkan destinasi wisata yang super keren dan instagramable di Gunung Semeru ini?

1. Air Terjun Coban Sewu

Destinasi wisata yang pertama yaitu Air Terjun yang bernama Coban Sewu. Anda wajib sekali mengunjungi Air Terjun Coban Sewu ini karena menawarkan pemandangan yang luar biasa indah. Jika dilihat sekilas, aliran Air Terjun Coban Sewu ini bentuknya seperti tirai yang memiliki kesan alami dan eksotis. 

2. Danau Ranu Pani

Destinasi wisata yang kedua adalah Danau Ranu Pani yang menampilkan vibes instagramable. Anda bisa berfoto di kawasan Danau Ranu Pani yang memiliki air tawar dan hijaunya pepohonan. Udara di sekitar Danau Ranu Pani ini sangat sejuk dan begitu tenang sekali. 

3. Ranu Kumbolo

Destinasi wisata yang ketiga merupakan salah satu spot Gunung Semeru yang paling terkenal yaitu Ranu Kumbolo. Daerah ini tidak pernah sepi pengunjung karena terdapat danau yang indah dan asri. Sehingga, Ranu Kumbolo ini sering dijadikan sebagai tempat camping bagi para pendaki. 

Tanjakan Cinta dengan elevasi sebesar 45 derajat ini adalah destinasi wisata yang mampu membuat pengunjung seperti tersihir dengan keindahannya. Pada Tanjakan Cinta ini sangat cocok untuk mengambil beberapa foto. Karena, terdapat padang rumput dan pohon dengan semilir angin yang sejuk di sini. 

4. Oro-Oro Ombo

Pada Gunung Semeru Ngampo Pasrujambe Kabupaten Lumajang Jawa Timur terdapat tempat wisata yaitu Oro-Oro Ombo. Tempat ini sangat indah karena dipenuhi oleh semerbak bunga verbena yang berwarna ungu. Oro-Oro Ombo bisa Anda jadikan sebagai spot foto yang menarik untuk diabadikan. 

5. Kebun Teh Kertowono

Bukan Gunung Semeru jika tidak memiliki perkebunan teh yang membuat siapa saja betah untuk berkunjung ke sini. Kebun Teh Kertowono ini sangat asri dan sejuk sekali yang bisa melepas stress seketika. Jangan sampai Anda melewatkan Kebun Teh Kertowono dengan pemandangan sebagus ini ya!

Penutup

Demikianlah sejumlah informasi tentang Gunung Semeru Ngampo Pasrujambe Kabupaten Lumajang Jawa Timur yang meliputi seputar Gunung Semeru, jalur pendakian menuju Gunung Semeru, dan objek wisata yang ada di Gunung Semeru. Semoga bisa bermanfaat ya informasi di atas, jangan lupa nantikan update artikel wisata lainnya hanya di Pintu Wisata.

error: Content is protected !!