4 Kuliner Asal Sumatera Barat yang Mendunia dan Super Enak

Kuliner Asal Sumatera Barat yang Mendunia

Indonesia sangat kaya akan wisata kuliner dan telah terkenal ke seluruh pelosok negeri hingga Internasional. Salah satunya adalah kuliner asal Sumatera Barat yang mendunia ini. Tidak hanya cantik secara penampilan saja, namun memiliki rempah-rempah khas yang membuatnya semakin lezat.

Lantas, apa saja ya makanan-makanan yang terkenal dari Sumatera Barat? Yuk, baca selengkapnya pada artikel di bawah ini agar kamu tidak penasaran! Simak secara baik-baik ya!

Kuliner Asal Sumatera Barat yang Mendunia

Melihat banyak sekali yang menjual kuliner khas dari Sumatera Barat di berbagai daerah Indonesia, membuktikan bahwa kuliner tersebut sangat terkenal. Pada penjelasan di bawah ini akan dibahas mengenai kuliner khas dari Sumatera Barat yang terkenal.

1. Sate Padang

sate padang
sate padang salah satu kuliner asal Sumatera Barat yang mendunia

Sate Padang adalah salah satu makanan khas Sumatera Barat yang paling populer dan sudah mendunia. Sate Padang ada tiga jenis yaitu Sate Pariaman, Sate Padang, dan Sate Padang Panjang. Perbedaan dari ketiga jenis sate tersebut adalah bumbu kacang yang digunakan sebagai kuahnya. 

Kuah pada Sate Pariaman bumbunya berwarna lebih merah. Sedangkan, Sate Padang memiliki kuah dan bumbu yang lebih kental seperti bubur. Kemudian, untuk Sate Padang Panjang mempunyai kuah sate dengan bumbu yang berwarna kuning. Kamu bisa menyesuaikan dengan selera dan keinginan ya!

Sate Padang ini terkenal dengan rasanya yang pedas dan enak. Biasanya, Sate Padang paling enak dikonsumsi bersama dengan keripik ubi yang pedas. Pastinya semakin terasa kriuk-kriuk di lidah kamu bukan? 

2. Keripik Sanjai

keripik sanjai
keripik sanjai salah satu kuliner asal Sumatera Barat yang mendunia

Keripik Sanjai dari Bukittinggi ini merupakan oleh-oleh khas Sumatera Barat yang wajib kamu beli ketika berkunjung ke sini. Keripik Sanjai terbuat dari singkong dengan rasa yang pedas, namun tetap enak. Kamu pasti akan ketagihan mengkonsumsi Keripik Sanjai ini. 

Di Sumatera Barat kamu akan menemukan berbagai jenis varian Keripik Sanjai. Warna Keripik Sanjai yang merah merona tersebut sangat menggugah selera bagi siapapun yang melihatnya. Apalagi ditambah dengan bumbu baladonya yang luar biasa enaknya. 

Keripik Sanjai terbuat dari gula pasir, cabai, dan bawang merah. Nantinya, cabai akan digunakan sebagai saus yang dibalurkan pada Keripik Sanjai. Setelah itu, Keripik Sanjai akan dikeringkan dan siap untuk kamu konsumsi.

3. Rendang

rendang
rendang salah satu kuliner asal Sumatera Barat yang mendunia

Jika berbicara tentang Rendang pasti kamu langsung terbayang Rendang khas dari Sumatera Barat bukan? Ya, benar sekali Sumatera Barat sangat terkenal dengan Rendangnya. Bahkan, Rendang merupakan kuliner lokal yang berhasil mendapatkan juara 1 untuk hidangan terlezat di dunia dari CNN Internasional

Rendang tidak selalu terbuat dari daging saja, namun ada juga Rendang dengan bahan dasar dari paru-paru sapi. Meskipun demikian, Rendang yang terbuat dari daging sapi merupakan jenis Rendang yang paling banyak disukai oleh masyarakat Indonesia. 

Sehingga, tidak heran ketika kamu membeli nasi padang pasti akan selalu ada menu Rendang yang tersaji di sana. Karena, Rendang dari Sumatera Barat memang seenak dan seterkenal itu. Jadi, buat kamu yang penasaran sama Rendang jangan lupa cobain ya!

4. Lemang

lemang
lemang salah satu kuliner asal Sumatera Barat yang mendunia

Jika kamu ingin mencoba cemilan khas Sumatera Barat yang terkenal bisa mencicipi Lemang. Kuliner yang satu ini sangat enak ketika disantap sambil bersantai bersama keluarga di rumah. Kamu akan menemukan Lemang Tapai dan Lemang Ketan yang rasanya tidak kalah lezat. 

Lemang selain mempunyai cita rasa yang khas, penampilannya juga sangat cantik. Apalagi ketika dibungkus menggunakan daun pisang, rasanya sangat kental sekali dengan kuliner tradisional dari Indonesia.

Cara membuat Lemang ini juga sangat mudah yaitu kamu cukup menyiapkan ketan, tape, dan santan lalu mencampurkan ketiga bahan tersebut. Kamu bisa memilihnya sesuai selera ingin membuat Lemang Tape atau Lemang Ketan. 

Selanjutnya, bungkus Lemang dengan daun pisang dan bakar Lemang ketika sudah kamu masukkan ke dalam bambu. Aroman dari Lemang yang sudah matang sangat harum dan enak disantap ketika masih hangat. 

Penutup

Adapun kuliner asal Sumatera Barat yang mendunia antara lain Sate Padang, Keripik Sanjai, Rendang, dan Lemang. Semua hidangan tersebut mempunyai penampilan yang menarik dengan cita rasa yang unik dan lezat. Kamu wajib sekali mencobanya.

error: Content is protected !!