Mengapa Globalisasi dapat Mempengaruhi Budaya Bangsa?

Mengapa Globalisasi dapat Mempengaruhi Budaya Bangsa

Pertanyaan mengapa globalisasi dapat mempengaruhi budaya bangsa mungkin tidak asing lagi kamu dengar. Istilah globalisasi memang sering digunakan untuk menunjukkan fenomena mendunia yang terjadi sekarang ini. Globalisasi memang memberikan dampak pengaruh terhadap setiap bidang termasuk budaya

Mengapa globalisasi dapat mempengaruhi kehidupan sosial budaya? Sebab globalisasi sendiri membuka pintu masuk bagi budaya asing, ilmu pengetahuan, dan teknologi dari negara luar. Jadi, kehidupan sosial budaya masyarakat bisa terpengaruh baik dilihat dari sudut positif maupun negatif. 

Alasan Mengapa Globalisasi dapat Mempengaruhi Budaya Bangsa  

Tidak bisa dipungkiri yang menjadi penanda permulaan era globalisasi adalah perkembangan IPTEK yang pesat. Produk teknologi dan komunikasi misalnya seperti TV, telepon, satelit, dan lain sebagainya. Hal-hal tersebutlah yang membuat sekat antara negara satu dan negara yang lain menjadi terasa transparan. 

Budaya bangsa bisa ikut terpengaruh akibat masuknya globalisasi. Kamu bisa melihatnya dari perbedaan gaya hidup dan konsumsi budaya dari negara asing yang mulai merambat ke anak-anak muda hingga dewasa. Misalnya, tontonan sebagian besar milenial sekarang adalah drama korea. 

Selain itu, beberapa juga mulai meniru gaya berpakaian yang diadopsi dari model berpakaian negara asing. Itulah mengapa globalisasi mempengaruhi budaya bangsa sebab budaya asing dapat masuk dengan bebas. Nah, apa yang harus kita lakukan untuk menghadapi era globalisasi bagian dampak negatifnya?

Kamu harus menyaring setiap budaya asing yang masuk ke dalam negeri agar tidak mendapatkan pengaruh negatifnya. Tidak semua budaya asing buruk, ada banyak budaya dari luar yang bernilai positif. Sudah menjadi tugas semua orang untuk mengambil sisi positifnya demi kemajuan bangsa. 

Namun, ditengah gencaran budaya asing yang masuk jangan sampai melupakan budaya milik bangsa sendiri. Lunturnya budaya lokal adalah ancaman dari maraknya globalisasi. Untuk mencegahnya dibutuhkan keyakinan yang teguh dan semangat untuk melestarikannya. 

Upaya Menghadapi Globalisasi

mengapa globalisasi dapat mempengaruhi budaya bangsa
mengapa globalisasi dapat mempengaruhi budaya bangsa

Jika ada perintah tuliskan upaya yang dapat dilakukan untuk mengatasi dampak negatif globalisasi maka berikut adalah beberapa upaya yang bisa dicoba.

Globalisasi memang berdampak positif di bidang budaya seperti perkembangan IPTEK semakin maju, menyebarkan nilai-nilai positif budaya asing, migrasi antar negara, dan lain-lain.

Namun, jangan lupa bahwa kemungkinan dampak negatif bisa saja muncul. Dampak negatif globalisasi di bidang budaya misalnya seperti budaya lokal yang terlupakan, gaya hidup yang tidak sesuai nilai dan norma, dan lain-lain.

Nah, untuk mencegah hal buruk terjadi berikut beberapa hal yang bisa kamu lakukan. 

1. Memfilter Setiap Budaya yang Masuk

Setiap ada budaya asing yang masuk, kamu bisa memilah mana budaya yang baik dan mana yang buruk. Tidak semua budaya sesuai dengan nilai dan kebudayaan bangsa. Oleh karena itu, cerdas memilah budaya asing perlu diterapkan. 

2. Menerapkan Pancasila dalam Kehidupan

Pancasila mengandung nilai-nilai penting yang bisa membantu kamu untuk menyaring mana budaya yang sesuai dan tidak sesuai. Apabila suatu budaya dirasa menyimpang dari nilai-nilai pancasila maka sebaiknya ditinggalkan. 

3. Mencintai Produk dalam Negeri

Meskipun budaya asing masuk ke dalam negara, untuk menghadapi agar budaya lokal tidak ikut tergerus adalah dengan mencintai produk dalam negeri. Bentuk cinta itu bisa diwujudkan dengan rasa peduli, menggunakan, dan melestarikan. 

Penutup

Jadi, mengapa globalisasi dapat mempengaruhi budaya bangsa adalah karena kemajuan IPTEK dan mudahnya akses budaya lain melalui internet misalnya. Maka dari itu, sebagai warga negara yang bijak setiap ada budaya asing yang masuk perlu dihadapi dengan tegas dan diambil sisi positifnya.

FAQ

Mengapa globalisasi dapat mempengaruhi budaya bangsa Tema 4?

Pertanyaan ini muncul dalam soal kelas 6 SD tema 4; Pertanyaannya, mengapa globalisasi dapat mempengaruhi budaya bangsa?

Jawaban: Globalisasi dapat mempengaruhi budaya bangsa karena kita akan mudah terpengaruh oleh budaya asing yang populer, meskipun tidak sesuai dengan norma dan budaya di negara kita. Apabila budaya tersebut dibiarkan masuk, maka lambat laut budaya asli kita akan tergerus dan tergantikan.

Apa yang harus kita lakukan untuk menghadapi era globalisasi ini?

Ada banyak cara yang bisa kamu lakukan untuk menghadapi era globalisasi, diantaranya:

– Cintai produk lokal
– Menyaring budaya asing yang masuk
– Selalu berpedoman pada ideologi bangsa yaitu Pancasila
– Mendukung usaha mikro lokal agar berkembang

error: Content is protected !!