Tempat Wisata yang Memiliki Ombak yang Indah Terdapat di Daerah

Tempat Wisata yang Memiliki Ombak yang Indah Terdapat di Daerah

Tempat wisata yang memiliki ombak yang indah terdapat di daerah Nusa Lembongan, yang letaknya tidak jauh dari Nusa Penida. Selain itu di Indonesia masih banyak tempat lain yang terkenal akan ombaknya yang indah, seperti pantai Kuta Bali, pantai Sorake Sumatera Utara, dan masih banyak lagi.

Pantai-pantai di indonesia memang terkenal akan keindahanya. Ada banyak hal yang bisa dilakukan di pantai. Mulai dari menikmati sunset di sore hari, bermain pasir, sampai olahraga air seperti surfing. Informasi kali ini akan membahas beberapa tempat wisata yang memiliki ombak paling indah di Indonesia.

Tempat Wisata yang Memiliki Ombak yang Indah Terdapat di Daerah Indonesia 

Menemukan pantai yang memiliki ombak indah sebenarnya saat ini cukup mudah. Berikut ini sudah ada beberapa pantai di Indonesia yang terkenal dengan ombaknya, antara lain:

Tempat Wisata yang Memiliki Ombak yang Indah
Tempat wisata yang memiliki ombak yang indah terdapat di daerah

1. Pantai Plengkung, Banyuwangi

Pantai Plengkung terletak di pulau Jawa, tepatnya desa Grajagan, Banyuwangi, yang menghadap langsung ke samudera Hindia. Meskipun ketinggian ombaknya hanya 6 hingga 8 meter, namun panjangnya mampu mencapai 2 kilometer. 

Pantai ini telah dinobatkan sebagai pantai terbaik kedua setelah Hawai. Menariknya lagi, pantai ini pernah dijadikan sebagai lokasi kompetisi surfing tingkat Internasional, yakni Banyuwangi G-land International Team Challenge

Pesertanya berasal dari berbagai macam negara seperti Amerika, Perancis, Selandia Baru, dan sebagainya. Bagi kamu pecinta surfing, bisa menikmati ombak di sini sebelum berselancar ke Hawaii.

2. Pantai Kepulauan Mentawai, Sumatera Barat

Tempat wisata yang memiliki ombak yang indah terdapat di daerah Mentawai. Mentawai merupakan salah satu kepulauan yang termasuk bagian dari Sumatera Barat. Di tempat ini sudah ada 400 spot surfing dengan ketinggian yang berbeda-beda. 

Jadi tempat wisata di Indonesia ini cocok sekali untuk peselancar dari tingkat profesional maupun pemula. Salah satu spot ombak yang paling terkenal yaitu pulau Sipora. 

3. Nusa Lembongan, Bali

Di Bali, kamu juga akan menemukan banyak sekali pantai indah dengan fasilitas lengkap. Tidak hanya itu saja, ada satu pantai yang disukai oleh pecinta surfing. 

Nusa Lembongan merupakan pantai yang telah dilengkapi dengan ombak mencapai ketinggian 8 meter. Menariknya lagi, pantai ini mudah diakses untuk para backpacker.

4. Pulau Tanjung Setia, Lampung

Apabila kamu mencari spot surfing yang sepi pengunjung, maka berkunjunglah ke pulau Tanjung Setia di Lampung. Meskipun tidak seterkenal tempat surfing lain di Indonesia, namun pantai di pulau ini mempunyai daya tarik yang menantang. 

Bahkan, kompetisi surfing juga seringkali diadakan di tempat ini, dengan peserta dari berbagai macam negara. Ombaknya juga mampu mencapai 6 hingga 7 meter dengan panjang sekitar 200 meter. 

Saat kamu berkunjung ke tempat ini, maka akan dimanjakan dengan pemandangan alam khas tropis. Dilengkapi dengan keindahan hutan tropis dan pantai pasir putih yang ditumbuhi oleh pohon palem.

5. Pantai Watu Karung, Jawa Timur

Apabila kamu sedang mencari tempat wisata ombak indah di pulau Jawa, maka wajib mendatangi pantai Watu Karung di Pacitan, Jawa Timur. Pantai ini cocok bagi pemula yang ingin memulai belajar surfing cocok.

Samudera Hindia memang terkenal sebagai sumber ombak yang terbaik. Pantai Watu Karung ini diketahui menghadap langsung ke Samudera Hindia. Namun, tidak terlalu tinggi seperti di tempat lain karena ombaknya dipecah oleh batu-batu di sekitar pantai.

6. Pantai Ombak Tujuh, Jawa Barat

Selanjutnya, tempat wisata yang memiliki ombak yang indah terdapat di daerah Jawa Barat, tepatnya di pantai Ombak Tujuh. Sesuai dengan namanya, ombak dari pantai ini mempunyai keunikan tersendiri. Ombak di pantai ini bisa bergerak secara bersusun dan bergantian sampai 7 kali ombak dalam waktu yang berdekatan. 

Hal ini mungkin terjadi karena adanya dorongan dari batu karang yang menyebar di sekitar pantai. Tidak hanya itu, kamu juga dapat menikmati keindahan alam dari pantai ini saat sunset.

Apabila kamu tertarik berkunjung ke pantai ini, maka wajib mendatangi kota Sukabumi di provinsi Jawa Barat. Kota ini sebenarnya banyak menyuguhkan pantai yang indah. 

Penutup 

Berdasarkan penjelasan diatas, tempat wisata yang memiliki ombak yang indah terdapat di daerah Indonesia, bisa dijadikan referensi untuk kegiatan surfing. Jadi sebelum melakukan surfing cari tahu dulu tempat wisata mana yang pas untuk melakukan kegiatan tersebut.

Artikel terkait:

error: Content is protected !!