Nama-Nama Pantai di Pulau Sumatera yang Wajib Dikunjungi

nama-nama pantai di Pulau Sumatera

Indonesia merupakan negara kepulauan yang memiliki puluhan ribu kilometer garis pantai dengan pemandangan indah. Meski nama-nama pantai di Pulau Sumatera tidak sepopuler pantai-pantai di Bali, keindahan pemandangannya tidak kalah dengan pantai terkenal seperti Kuta atau Sanur.

Bahkan, beberapa pantai di Pulau Sumatera juga menawarkan pesona pasir putih yang dipadukan dengan lautan jernih berwarna biru. Keindahan pantai tersebut tak jarang membuat wisatawan mancanegara semakin jatuh cinta dengan keindahan alam di negara kita tercinta, Indonesia.

Membentang dari Pantai Pasir Putih di Kota Lampung sampai ke Pantai Lampuuk Kota Aceh, kamu akan mendapati keindahan alam laut Indonesia. Pada artikel kali ini, kita akan membahas beberapa pantai di Pulau Sumatera yang wajib untuk dikunjungi bersama teman atau keluarga.

Nama-Nama Pantai di Pulau Sumatera yang Wajib Dikunjungi

Jika berbicara tentang pantai di kepulauan Sumatera, tak jarang kita akan menemukan hamparan pasir luas yang terhubung dengan lautan biru yang sangat luas.

Keindahan tersebut membuat lokasi tersebut sangat cocok dijadikan objek wisata tujuan. Berikut adalah beberapa nama-nama pantai dan laut di pulau Sumatera yang bisa kamu kunjungi:

1. Pantai Tanjung Tinggi, Bangka Belitung

Pantai Tanjung Tinggi
nama-nama pantai di Pulau Sumatera

Nama pantai pertama yang wajib kamu kunjungi adalah Pantai tanjung Tinggi. Terletak di Provinsi Bangka Belitung, pantai ini menawarkan keindahan berupa hamparan pasir putih yang cukup luas. Selain itu, lokasi ini juga memiliki ratusan batu granit berukuran besar yang tersebar di semenanjung dan juga depan pantai.

Penamaan kata tanjung sendiri berasal dari kata semenanjung, artinya adalah daratan yang menjorok ke laut. Pantai Tanjung Tinggi sendiri terletak di antara dua semenanjung, yaitu tanjung Pendam dan Kelayang. Formasi geografis tersebut membuat lokasi ini terlihat begitu indah, terutama saat dilihat menggunakan drone.

2. Pantai Pasir Putih, Lampung

Pantai Pasir Putih
nama-nama pantai di Pulau Sumatera

Beralih ke Kota Lampung, kali ini ada Pantai Pasir Putih sebagai lokasi wisata yang bisa kamu kunjungi. Seperti namanya, pantai ini tentu saja menawarkan pesona pasir putih yang bersih di sepanjang garis pantai. Tak hanya itu, ada juga penjual souvenir dan juga aneka makanan di sekitar pantai tersebut.

Jika bosan dengan pemandangan Pantai Pasir Putih, kamu juga bisa mengunjungi pulau-pulau yang ada di seberangnya. Total ada 3 buah pulau yang bisa kamu kunjungi, namun dibutuhkan perahu untuk bisa menuju lokasi tersebut. Tenang saja, cukup dengan tarif sekitar Rp 30.000 – 50.000, kamu akan diantar oleh para pemilik perahu.

3. Pantai Lampuuk, Aceh

Pantai Lampuuk
nama-nama pantai di Pulau Sumatera

Lokasi pantai cantik di Sumatera selanjutnya terletak di Kota Aceh, yaitu Pantai Lampuuk. Sebelum terjadinya Tsunami Aceh pada tahun 2004, lokasi wisata satu ini benar-benar menjadi primadona para wisatawan yang berkunjung ke kota tersebut. Meski begitu, keindahan pantai ini telah kembali lagi seperti sedia kala.

Selain bisa dinikmati dari segi pemandangannya, Pantai Lampuuk juga bisa kamu manfaatkan untuk bermain surfing. Pasalnya, ombak di sini tergolong tinggi sehingga bisa membawa papan surfing mengarungi hamparan laut biru di lokasi tersebut. Jika tidak mahir bermain surfing, kamu juga bisa mencoba wahana banana boat di sini.

4. Pantai Sorake, Bengkulu

Pantai Sorake
nama-nama pantai di Pulau Sumatera

Selanjutnya, ada juga pantai di Sumatera Utara yang tidak kalah indah dengan beberapa pantai di atas, yaitu Pantai Sorake. Pantai ini terletak di Kecamatan Teluk Dalam, Kabupaten Nias Selatan, Provinsi Sumatera Utara. Lokasi ini menjadi favorit dari turus mancanegara karena kondisi ombaknya cukup tinggi.

Hal itu untuk menunjang aktivitas favorit mereka, yaitu surfing. Wajar saja jika lokasi ini kerap dijadikan tempat perlombaan surfing, baik itu berskala nasional maupun berskala internasional. Salah satu kejuaraan surfing yang cukup terkenal di kawasan Pantai Sorake ini adalah Nias Open.

5. Pantai Panjang, Bengkulu

Pantai Panjang
nama-nama pantai di Pulau Sumatera

Pantai Panjang terletak tidak jauh dari pusat Kota Bengkulu, atau tepatnya hanya berjarak sekitar 3 km saja. Untuk mencapai lokasi tersebut, kamu bisa menggunakan kendaraan umum yang ada di Bengkulu atau cukup menggunakan kendaraan pribadi. Akses jalan menuju lokasi tersebut juga tergolong bagus dan lancar.

Pantai Panjang sendiri merupakan salah satu pantai yang cukup unik. Pasalnya, sepanjang garis pantai ini ditumbuhi oleh banyak sekali pohon cemara. Pemandangan unik ini tentu saja tidak banyak ditawarkan oleh pantai-pantai lainnya. Untuk itu, pastikan kamu menyiapkan kamera terbaik untuk mengabadikan momen di tempat ini.

6. Pantai Tapak Tuan, Sumatera Selatan

Pantai Tapak Tuan
nama-nama pantai di Pulau Sumatera

Di pesisir Selatan Sumatera, kamu juga akan menemukan keindahan lain dari Pantai Tapak Tuan. Pantai ini terletak di Kota Tapak Tuan yang merupakan ibukota dari Aceh Selatan. Banyak orang berpendapat jika kota ini merupakan kota tercantik di Pulau Sumatera karena ada banyak sekali tempat wisata menarik di sini.

Jika menunjuk nama laut di Pulau Sumatera, salah satu yang bisa disebut adalah lautan Hindia. Berhadapan dengan deretan pegunungan, keduanya mengapit sempurna Kota Tapak Tuan tersebut. Di sini, kamu tidak hanya bisa menikmati lengkungan indah dari pantai saja, tetapi juga beberapa air terjun yang memiliki keunikannya masing-masing.

7. Pantai Pulau Berhala, Jambi

Pantai Pulau Berhala
nama-nama pantai di Pulau Sumatera

Masuk ke dalam wilayah administratif Kota Jambi, Pulau Berhala yang juga terletak di Selat Berhala merupakan lokasi wisata selanjutnya yang layak untuk kamu kunjungi. Pulau terbentuk dari tiga pulau kecil yang masing-masing memiliki luas antara 0,2 hektar sampai 0,5 hektar. Keindahan pulau ini semakin sempurna bentangan laut birunya.

Selain itu, terdapat pantai pasir putih yang juga bersih untuk dinikmati. Jika kamu menyukai jenis wisata bahari, maka tempat ini sangat layak untuk kamu kunjungi bersama teman atau keluarga. Pasalnya, ada tempat-tempat khusus yang bisa kamu gunakan untuk memancing, menyelam, atau berlayar.

8. Kepulauan Mentawai, Sumatera Barat

Kepulauan Mentawai
nama-nama pantai di Pulau Sumatera

Hampir sama dengan nama pantai di Pulau Kalimantan (Melawai), kali ini kita akan berbicara tentang Kepulauan Mentawai. Wilayah ini merupakan bagian dari Provinsi Sumatera Barat yang terdiri dari 4 pulau besar, yaitu Siberut, Pagai Utara, Pagai Selatan, dan juga Sipora. 

Salah satu daya tarik dari pantai ini adalah kekayaan flora dan faunanya sehingga pengunjung tidak hanya dipuaskan oleh keindahan alamnya saja, tetapi juga keanekaragaman hayati di dalamnya. Dengan air lautnya yang jernih, kamu bisa memuaskan diri untuk snorkling atau sekedar berenang saja.

Daftar Nama-Nama Pantai di Pulau Sumatera

Nama PantaiLokasi
Pantai LampukNangroe Aceh Darussalam
Pantai SorakeSumatera Utara
Pantai Air ManisSumatera Barat
Pantai RupatRiau
Pantai TrikoraKepulauan Bintan
Pantai Pulau PenyengatRiau
Pantai Pulau BerhalaJambi
Pantai Pasir PanjangBengkulu
Pantai Tapak TuanSumatera Selatan
Pantai Pasir PutihLampung
Pantai CarocokSumatera Barat
Pantai Pulau JemurProvinsi Riau
Pantai Parai TenggiriKepulauan Bangka
Pantai NongsaBatam

Penutup

Jika kita membahas tentang pantai, umumnya wilayah yang akan dibicarakan adalah Bali dan juga Lombok. Pasalnya, kedua wilayah tersebut memang memiliki pantai-pantai yang sangat indah. Akan tetapi, kamu tidak bisa melewatkan pantai-pantai di Pulau Sumatera begitu saja. 

Tak hanya indahnya pasir putih saja yang bisa kamu dapatkan, jernihnya air laut dan juga beragamnya kehidupan di sekitarnya juga menjadi daya tarik tersendiri dari pantai-pantai yang ada di Pulau Sumatera.Jika kamu suatu saat berkunjung wilayah tersebut, nama-nama pantai di Pulau Sumatera tersebut sangat layak untuk dikunjungi.

Artikel terkait:

error: Content is protected !!