Nama Nama Pantai dan Laut di Pulau Sulawesi

nama nama pantai dan laut di Pulau Sulawesi

Dari berbagai wilayah yang ada di Indonesia, nama nama pantai dan laut di Pulau Sulawesi bisa kamu kunjungi ketika liburan. Liburan adalah waktu yang paling dinanti-nanti bagi sebagian orang. Karena pada saat itu, kamu tidak perlu masuk kerja maupun sekolah sehingga mempunyai banyak waktu luang. 

Waktu luang tersebut bisa kamu manfaatkan untuk pergi keluar atau istilah modernnya adalah healing. Jika tertarik mengunjungi Pulau Sulawesi, maka jangan lupa mampir ke pantai dan lautnya yang memiliki daya tarik mempesona. Saat liburan, wisata bahari seperti pantai dan laut seringkali jadi pilihan utama. 

Apa saja aktivitas yang bisa kamu lakukan ketika pergi ke pantai? Menyaksikan matahari terbit, matahari terbenam, bermain pasir, bermain air, menaiki perahu, dan lain sejenisnya. Nah, untuk kamu yang masih bingung menetapkan tujuan destinasi wisata di Pulau Sulawesi, berikut beberapa nama-nama pantai dan laut di Pulau Sulawesi. 

Nama Nama Pantai dan Laut di Pulau Sulawesi

Sulawesi termasuk salah satu pulau di Indonesia yang mempunyai berbagai macam tajuk wisata menarik untuk dikunjungi. Bentang alam pulau ini terdiri dari gunung-gunung, pantai dan laut. Sudah banyak daerah-daerah di Sulawesi yang dijadikan sebagai destinasi wisata. 

Jika kamu bertanya-tanya, apa nama nama pantai dan laut di Pulau Sulawesi? Maka bisa mengecek jawabannya melalui pembahasan berikut.

1. Pantai Akkarena

nama nama pantai dan laut di Pulau Sulawesi
nama nama pantai dan laut di Pulau Sulawesi

Nama-nama pantai dan laut di Pulau Sulawesi salah satunya adalah Pantai Akkarena yang terletak di Sulawesi Selatan. Jika biasanya pantai memiliki warna pasir putih, Pantai Akkarena cukup berbeda karena pasirnya berwarna hitam. Meskipun warna pasirnya berbeda, pantai ini tak kalah jauh menarik tuk didatangi. 

Di sekeliling Pantai Akkarena, kamu bisa melihat keindahan pemandangan laut yang jernih. Terdapat beberapa buah pohon kelapa yang tumbuh berjejer sehingga membuat suasana tambah menyejukkan. Pantai ini cocok kamu kunjungi untuk melepas penat dan membuat pikiran lebih rileks. 

2. Pantai Losari

Pantai Losari
nama nama pantai dan laut di Pulau Sulawesi

Mungkin sebagian besar masyarakat kota Makassar sudah familier mendengar sebutan Pantai Losari. Losari adalah nama pantai di Sulawesi Selatan yang lokasinya berada di Jalan Metro Tanjung Bunga. Sudah banyak wisatawan baik lokal maupun luar daerah yang mengunjungi pantai ini. 

Apalagi, akses menuju Pantai Losari juga mudah dicapai. Kamu bisa menggunakan angkutan umum atau membawa kendaraan pribadi. Di bagian depan pintu masuk, kamu bisa mengambil foto bersama teman atau keluarga sebagai peringatan pernah bermain ke sana, 

Sesampainya di Pantai Losari, kamu akan menjumpai berbagai wahana permainan air yang dapat dicoba. Misalnya seperti sepeda air, banana boat, dan lain sebagainya. Tidak hanya itu, fasilitas di pantai ini cukup memadai sebagai tempat wisata. Nah, bagi kamu yang ingin menyaksikan sunset maka bisa melihatnya melalui Pantai Losari. 

3. Laut Bunaken

Laut Bunaken
nama nama pantai dan laut di Pulau Sulawesi

Bunaken adalah salah satu laut pulau Sulawesi yang cukup populer akan biota lautnya. Laut Bunaken memiliki beraneka macam hewan laut dan jenis karang yang menarik. Bukan hanya ikan biasa saja yang bisa kamu lihat di perairan ini, melainkan juga moluska, mamalia, hingga reptil.

Apabila mau masuk ke area wisata Taman Laut Nasional Bunaken, kamu perlu membayar tiket masuk sebesar Rp 5.000 saja. Harganya sangat terjangkau bukan? Wisata laut ini cukup direkomendasikan bagi kamu yang penasaran dengan kehidupan biota laut khususnya. 

Selain itu, kamu bisa mengambil banyak foto estetik berlatar belakang laut. Untuk mencapai Taman Laut Nasional Bunaken, kamu bisa menggunakan jasa transportasi yang menawarkan pengantaran menuju lokasi wisata.

4. Pantai Samboang

Pantai Samboang
nama nama pantai dan laut di Pulau Sulawesi

Nama-nama pantai di pulau Sulawesi salah satunya adalah pantai Samboang. Samboang merupakan pantai yang memiliki area lahan cukup luas dengan hamparan pasir putih. Lokasi pantai ini berada di sekitar Kecamatan Bontotiro, Kabupaten Bulukumba. 

Berdasarkan makna dari nama Pantai Samboang, pantai ini cocok digunakan sebagai tempat bermain oleh para wisatawan. Kamu dapat menyaksikan panorama alam yang memukau serta lekukan bibir pantai yang meningkatkan keindahan Samboang. Pantai ini bisa membantu kamu melepaskan pikiran yang menumpuk. 

Kondisi sekitar pantai lumayan mendukung untuk bersantai. Semilir angin yang menyegarkan serta beberapa pohon kelapa melambai-lambai diterpa angin. Kamu bisa menikmati pemandangan menyejukkan dari Pantai Samboang bersama teman dan keluarga.

5. Pantai Mattirotasi

Pantai Mattirotasi
nama nama pantai dan laut di Pulau Sulawesi

Nama-nama pantai dan laut di pulau Sulawesi berikutnya adalah Pantai Mattirotasi. Terletak di Kabupaten Parepare, kamu bisa menyaksikan indahnya panorama alam melalui laut yang membentang luas. Setiap akhir pekan, biasanya pengunjung Pantai Mattirotasi meningkat. 

Letak pantai yang strategi membuat Mattirotasi mudah ditemukan oleh para wisatawan baik yang berasal dari warga setempat maupun luar daerah. Bagi kamu yang suka olahraga, bisa sekali mencoba jogging di lintasan yang tersedia di Pantai Mattirosi. Selain itu, terdapat bangku tempat duduk untuk beristirahat ketika lelah. 

Mengajak teman atau keluarga bermain ke pantai ini adalah keputusan yang benar. Karena terdapat gazebo yang bisa digunakan sebagai tempat nongkrong bersama sambil menonton indahnya panorama laut. 

6. Pantai Tanjung Bira

Pantai Tanjung Bira
nama nama pantai dan laut di Pulau Sulawesi

Pantai Tanjung Bira termasuk ke dalam salah satu pantai terindah di Sulawesi. Bagaimana tidak? Pemandangan alamnya yang jernih dan mempesona membuat pantai ini banyak dikunjungi oleh wisatawan. Kamu bisa bermain di atas hamparan pasir putih pantai yang lembut dan halus. 

Bukan hanya pasir putih saja yang menarik, melainkan ada pula batu karang di sekitar Tanjung Bira yang tidak kalah cantik. Sudah banyak fasilitas penunjang yang tersemat di pantai ini agar wisatawan betah berlama-lama. Fasilitas tersebut antara lain restoran, penginapan, lahan parkir, dan masih banyak lainnya. 

Harga tiket masuknya terjangkau dan dijamin tidak akan terlalu menguras kantong. Kamu juga berkesempatan untuk menonton bagaimana cara membuat kapal tradisional khas Sulawesi Selatan. Menarik kan?

7. Taman Laut Basilika

Taman Laut Basilika
nama nama pantai dan laut di Pulau Sulawesi

Siapa diantara kamu yang suka menyelam? Kabar baiknya, Taman Laut Basilika menyediakan lokasi menyelam dengan pemandangan cantik. Kamu bisa menyaksikan berbagai macam biota laut seperti karang, ikan, dan masih banyak lainnya. 

Taman Laut Basilika terletak di Sulawesi Tenggara dan memiliki air jernih. Air jernih tersebut membuat kamu bisa melihat pemandangan bawah laut cukup jelas dari atas. Terdapat berbagai macam biota laut yang menarik untuk diamati. Kamu juga bisa mendapatkan wawasan tambahan dari mengamati biota laut. 

Selain yang sudah disebutkan di atas masih ada nama pantai dan laut seperti Laut Takabonerate, Laut Wakatobi, Pantai Olele, Pantai Talise, Pantai Pulisan, dan masih banyak lainnya. Semua pantai dan laut tersebut tersebar baik di Sulawesi Selatan, Sulawesi Utara, hingga Sulawesi Tenggara. 

Daftar Nama Nama Pantai dan Laut di Pulau Sulawesi

Nama PantaiLokasi
Pantai LosariSulawesi Selatan
Pantai Tanjung BiraSulawesi Selatan
Pantai OleleGorontalo
Pantai BokoriSulawesi Tenggara
Pantai TaliseSulawesi Tengah
Pantai PallSulawesi Utara
Pantai BibirSulawesi Selatan
Pantai DatoSulawesi Barat
Pantai NirwanaSulawesi Tenggara
Pantai PulisanSulawesi Utara
Nama Laut
Selat Makassar
Teluk Bone
Laut Takabonerate
Laut Kepulauan Togean
Laut Wakatobi
Laut Bunaken
Laut Sulawesi

Penutup

Jadi, di antara nama nama pantai dan laut di Pulau Sulawesi yang sudah disebutkan di atas, mana yang membuat kamu tertarik datang ke sana? Pastikan untuk mematuhi aturan tempat wisata yang berlaku. Nikmati liburan berharga dengan mengunjungi wisata bahari bersama teman dan keluarga.

Artikel terkait:

error: Content is protected !!