100+ Objek Wisata Terdekat di Indonesia Paling Terkenal

Yuk lihat objek wisata paling hits dan populer dari 38 provinsi di Indonesia

objek wisata terdekat

Indonesia adalah surganya wisata, anggapan seperti itu rasanya tak berlebihan mengingat negara kita tercinta ini memang kaya akan objek wisata yang menakjubkan.

Dari sabang sampai merauke, ada ratusan bahkan ribuan objek wisata yang bisa kamu jadikan tujuan destinasi selanjutnya. Nah, pada artikel kali ini, Pintu Wisata akan merangkum 100+ objek wisata terdekat di Indonesia.

Penasaran seperti apa daftarnya? Yuk cek langsung daftar objek wisata paling hits dari 38 provinsi yang ada di Indonesia.

Destinasi Wisata Terdekat di Indonesia

Sebagai negara kepulauan terbesar yang memiliki lebih dari 17.000 pulau, Indonesia memang layak disebut surganya pariwisata. Mulai dari wisata pantai, gunung, laut, budaya, sejarah, hingga wisata modern semua ada di sini.

Keindahan negara kita juga terlihat dari keanekaragaman flora dan fauna yang ada. Indonesia merupakan rumah bagi banyak spesies hewan dan tumbuhan langka yang tidak dapat ditemukan di negara lain, seperti orangutan, komodo, dan rusa timur. Selain itu, Indonesia juga memiliki banyak taman nasional yang menjadi tempat perlindungan bagi banyak spesies hewan dan tumbuhan yang terancam punah.

Semua kekayaan alam, budaya, dan sejarah yang dimiliki Indonesia menjadikannya sebagai salah satu negara dengan keindahan yang luar biasa. Kita tentunya wajib bersyukur karena tinggal dan besar di tanah yang sanga subur ini.

Untuk membuatmu semakin takjub, berikut kami berikan daftar objek wisata terdekat paling terkenal di Indonesia:

1. Labuan Bajo

Labuan Bajo merupakan sebuah kota kecil di provinsi Nusa Tenggara Timur, Indonesia. Kota yang terletak di ujung barat Pulau Flores ini merupakan salah satu pintu masuk ke Taman Nasional Komodo. Tempat eksotis ini memiliki keindahan alam yang menakjubkan, dengan pantai-pantai berpasir putih yang bersih dan air laut yang jernih.

Di Labuan Bajo, terdapat banyak pulau-pulau kecil yang memiliki kekayaan alam luar biasa. Beberapa pulau tersebut diantaranya adalah Pulau Rinca, Pulau Komodo, dan Pulau Padar. Deretan pulau ini merupakan tempat perlindungan bagi spesies hewan yang terancam punah seperti komodo dan orangutan.

Selain terkenal akan keindahan alamnya, Labuan Bajo juga dijuluki sebagai salah satu tempat diving terbaik di dunia. Terdapat banyak spot diving yang menyajikan keindahan kehidupan laut yang luar biasa, dengan banyak spesies ikan serta terumbu karang yang indah.

Selain itu, Labuan Bajo juga memiliki warisan budaya yang unik. Salah satunya seperti di Desa Adat Wae Rebo dan Pusat Budaya Flores. Di sini, kamu dapat menyaksikan pertunjukan tari tradisional flores dan membeli barang-barang kerajinan tangan setempat.

Semua keindahan alam, budaya, dan kehidupan laut yang dimiliki Labuan Bajo menjadikan tempat ini sebagai salah satu objek wisata terbaik di Indonesia.

2. Raja Ampat

Raja Ampat, sebuah daerah di provinsi Papua yang terkenal karena keindahan alam dan bawah lautnya. Objek wisata ini menjadi tempat terbaik di dunia untuk diving dan snorkeling, karena memiliki keanekaragaman marine life yang luar biasa.

Di Raja Ampat, terdapat lebih dari 1.000 jenis ikan dan terumbu karang yang hidup di sekitar pesisir pantai. Selain itu, objek wisata ini juga menjadi tempat perlindungan bagi banyak spesies ikan yang terancam punah, seperti ikan pari manta dan ikan Napoleon.

Kalau kamu berkunjung ke Raja Ampat, kamu akan menemukan hutan hujan tropis yang masih asli dengan banyak spesies tumbuhan dan hewan langka di dalamnya.

Keunikan Raja Ampat juga terlihat dari kebudayaan setempat. Di daerah ini, masyarakat masih mempertahankan adat istiadat dan tradisi mereka yang telah ada selama berabad-abad.

Semua keunikan alam, kehidupan laut, dan kebudayaan yang dimiliki Raja Ampat menjadikannya sebagai salah satu objek wisata paling istimewa di Indonesia.

3. Candi Borobudur

Kalau kamu suka berwisata sejarah, jangan lupa untuk berkunjung ke Candi Borobudur yang terletak di kabupaten Magelang Jawa Tengah. Objek wisata yang sarat akan sejarah ini merupakan sebuah relief candi terbesar di dunia yang telah diakui UNESCO.

Berdasarkan informasi yang dipublikasikan Balai Konservasi Borobudur, candi ini memiliki 1400 lebih panil relief dengan dekorasi sebanyak 1212 panil. Keunikan lainnya adalah karena ukuranya yang sangat luas mencapai 123 m x 123 m dengan jumlah 504 patung Buddha.

Sebagai objek wisata sejarah paling fenomenal di Indonesia, Candi Borobudur saat ini dikelola langsung oleh badan otoritas Borobudur yang dibentuk oleh pemerintahan setempat.

Jika kamu tertarik untuk mengunjungi Borobudur, sebaiknya datang di pagi hari agar bisa menikmati kesejukan alam di sekitar candi yang menyegarkan. Namun jika kamu ingin menyaksikan sunsite di atas candi, sebaiknya datang saat sore hari dengan biaya tiket tambahan tentunya sebesar 250 ribu untuk wisatawan domestik dan 380 ribu untuk wisatawan asing.

Harga tiket tersebut mungkin bisa berubah sewaktu-waktu tergantung pada kebijakan pengelola Candi Borobudur.

4. Gunung Ijen

Pernahkah kamu berwisata ke kawah gunung berapi yang masih aktif? Jika belum, Gunung Ijen bisa jadi objek wisata selanjutnya yang harus kamu kunjungi. Gunung yang berlokasi di perbatasan Banyuwangi dan Bondowoso ini menjadi salah satu destinasi wisata Jawa Timur yang cukup terkenal.

Tidak hanya bagi masyarakat lokal, bahkan para turis mancanegara juga antusias untuk datang ke tempat ini. Kebanyakan dari mereka datang bukan hanya untuk menikmati pesona alam Gunung Ijen yang menakjubkan, tetapi juga ingin melihat langsung bagaimana pekerjaan terberat di dunia dilakukan di tempat ini.

Yap, itu adalah pekerjaan pengambilan sulfur yang dilakukan masyarakat setempat. Seperti kita tau, Gunung Ijen memiliki danau asam terbesar di dunia. Danau ini memiliki air yang berwarna biru kehijauan yang sangat indah, namun airnya sangat asam sehingga tidak dapat digunakan oleh manusia.

Selain kawah asam, Gunung Ijen juga memiliki fumarol yang terletak di kawah gunung. Fumarol merupakan sebuah lubang di daratan yang mengeluarkan gas-gas beracun yang dihasilkan oleh aktivitas vulkanik di dalam bumi. Gas ini sangat berbahaya jika dihirup manusia.

Disamping keunikan tersebut, Gunung ijen menyimpan pesona alam yang luar biasa indah. Ketika kamu berada di puncak gunung, pemandangan danau berwarna biru kehijauan akan membuatmu berada seperti di film-film fantasi.

5. Nusa Penida

Nusa Penida merupakan sebuah pulau kecil yang terletak di sebelah selatan Bali, Indonesia. Pulau eksotis ini memiliki keunikan alam yang indah, dengan deretan pantai yang memukau serta tebing-tebing yang tinggi. Beberapa objek wisata populer di Nusa Penida yang bisa kamu kunjungi seperti:

  • Pantai Kelingking: Salah satu pantai di Nusa Penida yang terkenal dengan tebing terjal dan bentuknya yang unik, menyerupai tangan yang menunjuk ke langit.
  • Pantai Crystal Bay: Pantai ini terkenal dengan warna air lautnya yang biru jernih dengan keanekaragaman flora dan fauna bawah laut menakjubkan. Para wisatawan sering mengunjungi pantai ini untuk melakukan snorkeling dan menikmati keindahan laut di tepi pantai.
  • Pantai Angel’s Billabong: Pantai yang terkenal dengan kolam air tawar di tepi pantai, kolam ini sering digunakan wisatawan untuk berenang atau mandi.
  • Goa Giri Putri: Salah satu goa di Nusa Penida yang terkenal dengan stalagmit dan stalaktit yang indah, di dalamnya juga terdapat sebuah kuil untuk ritual keagamaan.

Untuk harga tiket masuk ke Nusa Penida, tergantung dari objek wisata mana yang ingin kamu kunjungi. Biasanya, harga tiket masuk ke pantai-pantai di Nusa Penida berkisar antara Rp 10.000 – Rp 50.000 per orang. Sedangkan untuk goa Giri Putri, harga masuknya antara Rp 20.000 – Rp 30.000 per orang.

Untuk menuju ke Nusa Penida, para wisatawan harus menyeberang terlebih dahulu dari pelabuhan Sanur Bali atau pelabuhan lain seperti pelabuhan Serangan, pelabuhan Tribuana, dan pelabuhan Padang Bai.

Di pelabuhan-pelabuhan tersebut tersedia fast boat yang siap mengantarkan para wisatawan baik lokal maupun mancanegara untuk menuju ke kawasan Nusa Penida.

Daftar Objek Wisata Terbaik di Seluruh Provinsi Indonesia

Untuk melengkapi beberapa objek wisata yang sudah dibahas sebelumnya, berikut kami berikan daftar tempat wisata terbaik yang ada di masing-masing provinsi Indonesia. Yuk cek langsung daftarnya:

1. Objek Wisata di Jawa Barat

Nama TempatLokasi
Green CanyonPangandaran
Kebun Raya BogorBogor
Stone GardenPadalarang
Kawah PutihBandung
Curug Cikaso Sukabumi
Telaga RemisKuningan
Taman Bunga NusantaraCianjur
Orchid Forest CikoleBandung
The Great Asia Africa Bandung
Dago Dream ParkBandung
The Lodge MaribayaBandung
Floating Market LembangBandung
Glamping Lakeside Bandung
Goa SunyaragiCirebon
Telaga Biru Kuningan
Curug CikasoSukabumi
Gunung Tangkuban ParahuBandung
D’CastelloSubang

2. Objek Wisata di Jawa Tengah

Nama TempatLokasi
Candi BorobudurMagelang
Candi PrambananKlaten
Lawang SewuSemarang
Grojogan SewuKaranganyar
Umbul PonggokKlaten
Pantai Karang BolongKebumen
Dataran Tinggi DiengWonosobo
Karimun JawaJepara
BaturadenBanyumas
Brown CanyonSemarang

3. Objek Wisata di Jawa Timur

Nama TempatLokasi
Air Terjun Coban RondoMalang
Taman Nasional BaluranSitubondo
Gunung IjenBanyuwangi
Museum AngkutMalang
Gunung BromoProbolinggo
Pantai Banyu TiboPacitan
Goa GongPacitan
Air Terjun Tumpak SewuLumajang
Gili IyangSumenep
Pantai Jonggring SalokoMalang
Air Terjun Kapas BiruLumajang
Gunung SemeruLumajang

4. Objek Wisata di Bali

Nama TempatLokasi
Kelingking Beach Nusa Penida
Broken BeachKlungkung
Garuda Wisnu Kencana Cultural ParkBadung
Banyumala WaterfallBuleleng
The Blanco Renaissance MuseumUbud
Rock BarBadung
Pulau MenjanganBali Barat

5. Objek Wisata di Papua

Nama TempatLokasi
Taman Nasional LorentzNusa Penida
Danau SentaniJayapura
Kepulauan Raja AmpatRaja Ampat
Goa MumiJayawijaya
Pantai SarmiSarmi

6. Objek Wisata di Aceh

Nama TempatLokasi
Pantai LhokngaAceh Besar
Taman Wisata Alam Gunung LeuserAceh Tenggara
Museum Tsunami AcehBanda Aceh
Monumen Kilometer Nol IndonesiaSabang
Masjid Raya BaiturrahmanBanda Aceh

7. Objek Wisata di Nusa Tenggara Timur

Nama TempatLokasi
Taman Nasional KomodoManggarai Barat
Danau KelimutuEnde
Pulau KanawaManggarai Barat
Pantai PinkManggarai Barat
Pantai KolbanoTimor Tengah Selatan

8. Objek Wisata di Sumatera Selatan

Nama TempatLokasi
Jembatan AmperaPalembang
Air Terjun Curup MaungPagar Alam
Goa Putri Padang Bindu BaturajaOgan Komering Ulu
Benteng Kuto BesakPalembang
Pulau KemaroPalembang

9. Objek Wisata di Sumatera Utara

Nama TempatLokasi
Air Terjun Sipiso PisoKaro
Mikie FunlandKaro
Graha Maria Annai VelangkanniMedan
Aek SijorniTapanuli Selatan
Air Terjun Sigura-GuraSamosir

10. Objek Wisata di Sumatera Barat

Nama TempatLokasi
Pantai Padang Sumatera BaratPadang
Kapalo Banda TaramLima Puluh Kota
Kerinci Seblat National ParkKerinci
Puncak Microwave SilungkangSawahlunto
Taluak SikuloPesisir Selatan

11. Objek Wisata di Lampung

Nama TempatLokasi
Pantai Gigi HiuTanggamus
Wisata Air Terjun Curup GangsaWay Kanan
Trans Studio Mini LampungSukarame
Pulau Anak KrakatauLampung Selatan
Danau SuohLampung Barat

12. Objek Wisata di Daerah Istimewa Yogyakarta

Nama TempatLokasi
Kampung Wisata Taman SariYogyakarta
Candi BorobudurMagelang
Pantai NglamborSleman
Pantai KukupGunung Kidul
Candi PrambananSleman

13. Objek Wisata di Banten

Nama TempatLokasi
Pantai Florida 2 AnyerAnyer
Pantai Tanjung LesungPandeglang
Pantai Karang TarajeLebak
Taman Tebing KojaTangerang
Taman Nasional Ujung KulonBanten

14. Objek Wisata di Riau

Nama TempatLokasi
Pulau JemurRokan Hilir
Asia HeritagePekanbaru
Taman Bukit GelanggangDumai
Asia Farm HaydayPekanbaru
Candi Muara TakusKampar

15. Objek Wisata di Kalimantan Timur

Nama TempatLokasi
Bukit BangkiraiKutai Kartanegara
Pulau MaratuaBerau
Gunung EmbunPaser
Bukit SembinaiPaser
Air Terjun Pinang SeribuSamarinda

16. Objek Wisata di Kepulauan Bangka Belitung

Nama TempatLokasi
Danau Kaolin BelitungBelitung
Pantai Tanjung KelayangBelitung
Geosite Bukit PeramunBelitung
Pantai Batu Kapur Bangka Selatan
Gurun PelawanBangka Tengah

17. Objek Wisata di Kalimantan Barat

Nama TempatLokasi
Air Terjun Riam MerasapBengkayang
Taman Digulis PontianakPontianak
Rindu AlamSingkawang
Riam JuganBengkayang

18. Objek Wisata di Maluku

Nama TempatLokasi
Pantai Pintu Kota AmbonAmbon
Kepulauan KeiMaluku
Lubang Buaya MorelaMaluku Tengah
Felawatu BeachAmbon
Gunung ApiMaluku

19. Objek Wisata di Sulawesi

Nama TempatLokasi
Pulau SamalonaMakassar
Patung Yesus MemberkatiManado
Kabupaten WakatobiWakatobi
Pantai Tanjung BiraBulukumba
Air Terjun PialaBanggai

20. Objek Wisata di Nusa Tenggara Barat

Nama TempatLokasi
Gunung RinjaniLombok
Pantai Kuta LombokLombok
Gili KedisLombok Barat
Pura Batu BolongLombok Barat
Bukit Anak DaraSelong

21. Objek Wisata di Jambi

Nama TempatLokasi
Candi Muaro JambiMuaro Jambi
World Of Water WaterparkMuaro Jambi
Menara Gentala ArasyKota Jambi
Tugu Keris Siginjai JambiKota Jambi
Air Terjun SigerincingMerangin

22. Objek Wisata di Bengkulu

Nama TempatLokasi
Pantai Tapak PaderiKota Bengkulu
Curug SembilanBengkulu Utara
Pantai LinauKaur
Sandal JodohKota Bengkulu
Bukit KabaRejang Lebong

23. Objek Wisata di Jakarta

Nama TempatLokasi
Taman TabebuyaJakarta Selatan
Taman Impian Jaya AncolJakarta Utara
Taman Mini Indonesia IndahJakarta Timur
Taman Margasatwa RagunanJakarta Selatan
Eco Skywalk Central Park MallJakarta Barat

24. Objek Wisata di Gorontalo

Nama TempatLokasi
Taman Laut OleleBone Bolango
Kurenai Beach ResortBone Bolango
Benteng OtanahaKota Gorontalo
Danau LimbotoKabupaten Gorontalo
Monumen Nani WartaboneKabupaten Gorontalo

Kesimpulan

Dari banyaknya objek wisata yang ada di atas, mana yang paling ingin kamu kunjungi? Yuk share keinginan dan pengalaman kamu mengunjungi tempat-tempat wisata tersebut. Jangan lupa nantikan ulasan wisata lainnya hanya di Pintu Wisata.

FAQ

Apa Objek Wisata Alam Terfavorit?

Beberapa tempat wisata alam favorit yang bisa kamu kunjungi seperti:

– Gunung Bromo
– Danau Toba
– Gunung Ijen
– Kawah Putih
– Nusa Penida

Apa Objek Wisata Malam Kota Jakarta?

Jika kamu berniat melakukan wisata malam di Jakarta, coba kunjungi beberapa tempat Instagramable berikut:

– Kota Tua Jakarta
– Monumen Nasional
– Ancol
– Taman Menteng

Apa Objek Wisata Rekreasi Terbaik Bersama Keluarga?

Ingin menghabiskan waktu liburan bersama keluarga, berikut rekomendasi terbaik tempat wisata rekreasi yang seru dan menyenangkan:

Sea World
Kebun Binatang Ragunan
– Dufan
– Taman Pintar Yogyakarta
– Kebun Raya Bogor
– Museum Angkut

error: Content is protected !!