Seaworld Ancol: Harga Tiket, Denah, Syarat Masuk

seaworld ancol

Sedang mencari tempat wisata Jakarta yang bagus untuk dikunjungi? Jika iya, tidak ada salahnya kamu berkunjung ke aquarium raksasa yang ada di kawasan Taman Impian Jaya Ancol.

Itu dia SeaWorld Ancol, salah satu oceanarium terbesar di Indonesia saat Ini. Tempat wisata ini menawarkan pengalaman bawah laut yang luar biasa, lengkap dengan beranekaragam biota laut di dalamnya.

Nah, untuk kamu yang tertarik untuk datang ke SeaWorld, jangan lupa perhatikan denah lokasi, syarat masuk, dan harga tiket terbaru. Berikut Pintu Wisata akan berikan ulasan lengkap tentang SeaWorld Ancol.

SeaWorld Ancol, Wisata Bawah Laut di Jakarta

Berlibur ke SeaWorld adalah pilihan tepat bagi kamu yang ingin berwisata edukasi di Jakarta. Oceanarium terbesar yang terletak di Taman Impian Jaya Ancol ini memiliki ribuan flora dan fauna serta spesies laut di dalamnya. Pengunjung bisa melihat pertunjukan hingga menikmati pemandangan khas bawah laut yang indah.

Area yang dikenal dengan SeaWorld ini, pertama di dirikan pada 2 Oktober 1992, dimasa Gubernur Wiyogo Atmodarminto. Pembangunannya dilakukan di atas lahan seluas 3 ha, dengan rincian 1,5 ha untuk area parkir, dan 1,5 ha untuk bangunan dan lanskap gedung.

Sebagai salah satu destinasi favorit di Jakarta, tentu SeaWorld memiliki kesan tersendiri yang tidak akan pengunjung lupakan. Seperti apasih keseruan wisata ke Seaworld Ancol, yuk ikuti perjalanannya bersama Pintu Wisata.

1. Lahan Parkir Luas

Jangan khawatir untuk kamu yang ingin datang bersama keluarga atau teman, karena SeaWorld Ancol memiliki lahan parkir yang sangat luas. Lokasi parkirnya juga tepat berada di depan pintu masuk SeaWorld.

Untuk yang baru pertama kali kesini, sebaiknya parkir kendaraan di area yang ada di depan pintu masuk agar lebih mudah.

2. Pemeriksaan Barang Saat Masuk

Setelah memarkir kendaraan, kamu tinggal menuju ke pintu masuk utama. Proses pemeriksaan barang dilakukan di pintu masuk bagian dalam.

Perlu diketahui, setiap pengunjung dilarang membawa makanan dari luar ke dalam area SeaWorld. Tempat penitipan tersedia di depan pintu masuk, sayangnya tidak ada lemari penitipan tertutup disini. Jadi hanya ada lemari terbuka yang terlihat cukup sederhana.

Di dalam pintu masuk, kamu akan melihat restoran dengan aneka makanan khas Indonesia. Ada juga toko oleh-oleh yang menyediakan boneka, baju, hingga aksesoris bertemakan SeaWorld Ancol.

3. Pemeriksaan Tiket

Pemeriksaan tiket dilakukan secara manual oleh para staff, kamu tinggal memberikan tiket yang telah di dapatkan saat masuk ke Ancol tadi lalu staff yang bertugas akan memberikan stempel pada tangan pengunjung sebagai syarat untuk masuk ke dalam oceanarium SeaWorld.

Perlu diketahui, satu tiket hanya berlaku untuk sekali kunjungan. Jadi jika kamu sudah masuk ke dalam dan keluar, maka tidak di bolehkan masuk lagi dengan tiket yang sama. Selain itu, jumlah pengunjung di dalam juga dibatasi, jadi jika sedang ramai mungkin kamu akan diminta menunggu hingga pengunjung yang ada di dalam keluar.

4. Banyak Aquarium Raksasa

Setelah masuk ke dalam, kamu akan melihat banyak aquarium raksasa dengan berbagai hewan laut di dalamnya. Tersedia juga touch pool, sebuah kolam terbuka yang bisa digunakan pengunjung untuk berinteraksi langsung dengan spesies laut, seperti kura-kura, penyu, dan beberapa jenis ikan.

Jika beruntung, kamu juga bisa melihat ganasnya ikan piranha yang sedang diberi makan. Momen ini biasanya hanya bisa dilihat pada jam-jam tertentu saja.

5. Menyusuri Lorong Aquarium

Lorong aquarium atau under water tunnel merupakan sebuah terowongan dengan nuansa pemandangan bawah laut sungguhan. Ini adalah lokasi favorit para pengunjung di SeaWorld Ancol.

Terowongan bawah laut dengan panjang 80 meter ini menjadi spot paling menarik untuk berfoto. Kamu bisa menyusuri terowongan sambil berjalan dan melihat berbagai spesies laut melalui dinding lorong yang terbuat dari kaca.

Para pengunjung tidak perlu khawatir karena kaca yang digunakan merupakan kaca khusus dengan tingkat ketebalan yang tinggi. Sehingga aman dari benturan ikan maupun bebatuan yang ada di dalam kolam.

Harga Tiket SeaWorld Ancol 2023

Tiket SeaWorld dijual terbatas setiap harinya, jadi jika kamu ingin datang sebaiknya memesan tiket terlebih dahulu melalui situs resmi Taman Impian Jaya Ancol atau membelinya melalui situs pemesanan tiket seperti Tiket.com.

SeaWorldHarga Tiket
Tiket Sea World Ancol RegulerRp 110.000 s/d Rp 130.000
Tiket Double Fun (Sea World Ancol + Ancol Bonus Dufan, Samudra dan Atlantis)Rp 175.000 s/d Rp 230.000
Tiket Reguler Sea World Ancol + SamudraRp 160.000 s/d Rp 190.000
Annual Pass Sea World AncolRp 200.000

Note: Harga diatas sudah termasuk tiket masuk Ancol 1x

Jenis Ikan di SeaWorld Ancol

Di dalam SeaWorld terdapat 7.300 ekor biota air tawar yang terdiri dari 48 jenis ikan dan 1 jenis reptil. Sedangkan untuk biota air laut, terdapat 11.500 ekor biota, terdiri dari 138 jenis ikan dan 3 jenis reptil.

Keseluruhan biota tersebut ditampilkan dalam 28 display aquarium dan 4 kolam terbuka. Jumlah biota ini tentu bisa terus bertambah seiring dengan semakin banyaknya wisatawan yang berkunjung ke SeaWorld Ancol.

Denah SeaWorld Ancol

Adanya denah akan memudahkan kamu yang baru pertama kali datang ke SeaWorld. Berikut kami berikan denah SeaWorld Ancol beserta beberapa objek wisata yang ada di kawasan Taman Impian Jaya Ancol.

denah seaworld  ancol
denah ancol via twitter.com

Syarat Masuk SeaWorld

Sebelum datang ke SeaWorld, pastikan kamu telah memenuhi beberapa syarat dan ketentuan berikut ini:

  • Setiap pengunjung wajib vaksin COVID-19 minimal dosis 2 dan menggunakan aplikasi peduli lindungi saat masuk kawasan Ancol
  • Anak usia dibawah 12 tahun diperbolehkan berkunjung dengan syarat di dampingi orang tua atau keluarga yang telah mendapatkan vaksin
  • Mematuhi tata tertib serta protokol kesehatan, seperti menjaga jarak, memakai masker, dan mencuci tangan
  • Pembelian tiket hanya bisa dilakukan secara online melalui situs resmi Ancol dan mitra yang telah bekerja sama
  • Seluruh pengunjung wajib diperiksa suhu tubuh di pintu masuk Ancol. Jika ada pengunjung dengan suhu tubuh lebih dari 37,3 C maka tidak diperbolehkan memasuki kawasan wisata Ancol

FAQ – Tentang SeaWorld Ancol

Apakah masuk Ancol bisa offline?

Iya bisa, namun sampai saat ini pembelian offline di loket masih belum tersedia. Pengunjung bisa membelinya secara online melalui situs resmi atau offline melalui Indomaret.

Apakah anak kecil boleh masuk Seaworld?

Diperbolehkan selama didampingi orang tua yang sudah mendapatkan vaksin COVID-19.

Apakah boleh membawa makanan ke Seaworld?

Tidak diperbolehkan. Setiap pengunjung dilarang membawa makanan dan minuman dari luar ke dalam SeaWorld.

error: Content is protected !!