Apa yang Kamu Ketahui Tentang Jasa Agen Perjalanan Wisata ?

apa yang kamu ketahui tentang jasa agen perjalanan wisata

Apa yang kamu ketahui tentang jasa agen perjalanan wisata? Jasa agen perjalanan wisata adalah seseorang bukan merupakan sebuah perusahaan yang menyediakan jasa perjalanan ke objek wisata tertentu. Jasa yang diberikan meliputi pemesanan, akomodasi, tour guide, dan hal-hal lain yang berkaitan dengan perjalanan wisata.

Karena bekerja secara personal, kebanyakan agen perjalanan wisata tidak memiliki standar harga untuk setiap tour yang mereka tawarkan. Umunya mereka menentukan harga berdasarkan lama perjalanan, jarak, dan jenis akomodasi yang diberikan.

Bagi kami yang ingin tau lebih jauh tentang jasa agen perjalanan wisata, yuk simak ulasan tentang “apa yang kamu ketahui tentang jasa agen perjalanan wisata?” berikut ini:

Perbedaan Biro Perjalanan Wisata dan Agen Perjalanan Wisata

Agen Perjalanan Wisata
apa yang kamu ketahui tentang jasa agen perjalanan wisata via venuemagz.com

Sebelum membahas lebih lanjut, kamu harus tau perbedaan biro perjalanan wisata dan agen perjalanan wisata. Kedua profesi ini sering disamakan, padahal secara fungsi keduanya jelas berbeda.

Seperti yang telah kita ketahui, agen perjalanan wisata memiliki fungsi/tugas sebagai perantara dan organisator kegiatan wisata. Sedangkan biro perjalanan wisata memiliki tugas yang lebih kompleks, mulai dari organisator perjalanan wisata hingga pemberi informasi terkait seluruh kegiatan wisata yang dilakukan.

Perbedaan kedua profesi ini juga tercantum dalam Undang-Undang No. 9 Tahun 1990 Pasal 12. Disitu dijelaskan bahwa biro perjalanan wisata adalah sebuah usaha yang menyediakan jasa perjalanan wisata, meliputi perencanaan, pelayanan, dan penyelenggaraan.

Sementara itu agen perjalanan wisata adalah sebuah usaha dimana mereka bertindak sebagai perantara dalam mengurus maupun menjual jasa perjalanan.

Tugas dan Fungsi Agen Perjalanan Wisata

Bagi kamu yang belum tau, memahami tugas dan fungsi agen perjalanan wisata tentu akan membantu kelancaran perjalanan. Setiap wisatawan pasti menginginkan perjalanan wisatanya berlangsung nyaman dan menyenangkan. Karena itu setiap agen perjalanan wisata harus paham apa saja tugas yang perlu mereka lakukan.

Berikut tugas jasa agen perjalanan wisata:

  • Menyusun dan menjual paket wisata sesuai dengan jangkauan yang di inginkan (misalnya wisata domestik atau wisata luar negeri)
  • Membuat perencanaan kegiatan wisata
  • Menjadi tour guide/pemberi informasi kepada para wisatawan
  • Mengatur akomodasi sesuai paket wisata yang diberikan (termasuk penginapan, makan, transportasi, dll)
  • Bertanggung jawab atas keselamatan wisatawan dan kelancaran kegiatan wisata yang dilakukan (opsional)

Contoh Jasa Agen Perjalanan Wisata

Ada banyak jasa agen perjalanan wisata yang ada di Indonesia, berikut beberapa diantaranya yang paling terkenal:

Contoh Biro Perjalanan Wisata
Darmawisata Indonesia
Panorama Destination
Butik Trip
MMBC
Bayubuana
Contoh Situs Agen Perjalanan Wisata
Traveloka
Pegi-Pegi
Tiket.com
Trivago
Salsa Wisata

Usaha Jasa Pariwisata dan Contohnya

Bagi kamu yang ingin membuka usaha dibidang pariwisata, beberapa contoh usaha jasa pariwisata berikut bisa dijadikan inspirasi.

  1. Usaha di bidang penginapan – Salah satu usaha jasa pariwisata yang paling menjanjikan. Dengan membuka penginapan di sekitar tempat wisata, kamu bisa meraup cuan tanpa harus bekerja setiap hari. Sayangnya, jenis usaha ini membutuhkan modal yang tidak sedikit, karena kamu perlu membangun aset berupa penginapan.
  2. Usaha di bidang kuliner – Pilihan usaha jasa pariwisata yang paling populer. Modal yang diperlukan juga tidak terlalu besar. Kamu bisa mulai menjual oleh-oleh khas tempat daerah wisata tersebut, misalnya seperti oleh-oleh sombong khas Bandung dan pie susu Chandra oleh-oleh asli Makassar.
  3. Usaha di bidang travel – Pilihan usaha jasa pariwisata terakhir adalah bisnis travel. Jenis usaha yang satu ini cukup menjanjikan mengingat tidak semua wisatawan memiliki kendaraan untuk pergi ke tempat wisata yang mereka tuju. Jadi menggunakan jasa travel adalah pilihan yang paling ekonomis.

Nah, sekarang pertanyaan tentang apa yang kamu ketahui tentang jasa agen perjalanan wisata? sudah terjawab melalui ulasan diatas. Semoga artikel ini bermanfaat dan menambah wawasan kamu dalam dunia pariwisata.

error: Content is protected !!