Kelengkapan yang Harus Dimiliki oleh Daya Tarik Wisata?

Kelengkapan yang Harus dimiliki oleh Daya Tarik Wisata

Kelengkapan yang harus dimiliki oleh daya tarik wisata adalah fasilitas. Umumnya, daya tarik wisata termasuk kata lain dari objek wisata.

Daya tarik wisata adalah fasilitas umum yang mampu menarik minat wisatawan agar berkeinginan datang ke suatu tempat tertentu. Objek atau daya tarik wisata bagian dasar dari kepariwisataan. 

Kelengkapan yang Harus Dimiliki oleh Daya Tarik Wisata adalah Fasilitas

Umumnya, daya tarik wisata memiliki beberapa unsur penting agar wisatawan merasa puas dalam menikmati perjalanannya. Berikut ini sudah ada unsur daya tarik wisata meliputi :

1. Atraksi 

Merupakan salah satu pusat dari industri pariwisata yang mampu menarik wisatawan. Motivasi wisatawan untuk mengunjungi sebuah tempat tujuan wisata pasti agar memuaskan beberapa kebutuhan. 

2. Facility

Fasilitas cenderung lebih berorientasi pada atraksi di sebuah lokasi karena harus dekat dengan pasarnya. Fasilitas daya tarik wisata ini sebenarnya akan mendukung pertumbuhan dan perkembangan wisata.

Jumlah dan jenis fasilitas tergantung dari kebutuhan para wisatawan. Misalnya saja fasilitas harus cocok dengan kualitas, harga penginapan, makanan, dan minuman.

3. Infrastruktur 

Atraksi dan fasilitas tidak bisa tercapai dengan mudah jika belum ada infrastruktur dasar. Infrastruktur berhubungan erat dengan semua konstruksi yang ada di bawah dan di atas tanah.

Adapun infrastruktur penting dalam pariwisata meliputi: sistem pengairan/air, sumber listrik dan energi, jaringan komunikasi. Selain itu, adanya sistem pembuangan kotoran/pembuangan air, jasa kesehatan, dan jalan raya.

4. Transportasi 

Terdapat beberapa unsur mengenai pengangkutan dan fasilitas yang bisa menjadi pedoman. Berikut ini sudah ada penjelasan terkait transportasi, antara lain.

  • Informasi lengkap mengenai fasilitas, lokasi terminal, dan pelayanan pengangkutan lokal ditempat tujuan. Transportasi ini  harus tersedia untuk semua penumpang sebelum berangkat dari daerah asal.
  • Sistem keamanan harus tersedia di terminal untuk mencegah kriminalitas.
  • Sistem standar atau seragam untuk tanda lalu lintas, simbol harus dikembangkan dan dipasang di semua bandar udara.
  • Sistem informasi harus menyediakan data mengenai informasi pelayanan pengangkutan lain yang bisa dihubungi di terminal, khususnya jadwal dan tarif.
  • Informasi terbaru dan sedang berlaku, baik jadwal keberangkatan maupun kedatangan harus tersedia di papan pengumuman, lisan maupun telepon.
  • Tenaga kerja untuk membantu seluruh penumpang. Informasi lengkap mengenai lokasi, tarif, jadwal, rute serta pelayanan pengangkutan lokal. Peta kota juga harus tersedia untuk es semua penumpang.

5. Hospitality (Keramahtamahan)

Pengunjung yang sedang berwisata pasti perlu yang namanya jaminan keamanan. Dalam melakukan pengembangan pariwisata, tentunya tidak lepas dari peran organisasi kepariwisataan.

Khususnya, seperti organisasi kepariwisataan pemerintah, yaitu Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud). Dinas ini memiliki tugas dan wewenang serta kewajiban untuk mengembangkan aset daerah berupa objek wisata.

Jadi organisasi yang diberi wewenang dalam pengembangan pariwisata di wilayahnya, harus bisa menjalankan kebijakan yang paling menguntungkan. Hal ini karena fungsi dan tugas dari organisasi pariwisata pada umumnya yaitu :

  • Mampu memberikan kepuasan kepada wisatawan yang datang berkunjung dengan segala fasilitas dan potensinya.
  • Mampu melakukan koordinasi di antara bermacam-macam usaha, lembaga, instansi yang bertujuan untuk mengembangkan industri pariwisata.
  • Memberikan pengertian pariwisata pada orang banyak. Sehingga nantinya bisa mengetahui untung dan rugi pariwisata yang dikembangkan sebagai suatu industri.

Penutup 

Berdasarkan penjelasan diatas, kelengkapan yang harus dimiliki oleh daya tarik wisata adalah fasilitas. Informasi yang ada di atas juga sudah membahas tentang beberapa unsur penting dari daya tarik wisata.

Artikel terkait:

error: Content is protected !!