Salah Satu Kewajiban Wisatawan Ketika Berada di Tempat Wisata Adalah

Salah Satu Kewajiban Wisatawan Ketika Berada di Tempat Wisata Adalah

Salah satu kewajiban wisatawan ketika berada di tempat wisata adalah membuang sampah pada tempatnya. Perbuatan itu remeh tetapi mampu memberikan dampak yang begitu besar pada lingkungan sekitar wisata.

Dengan membuang sampah pada tempatnya, lingkungan wisata menjadi lebih bersih dan tetap asri. Memang pada saat liburan di destinasi wisata, banyak orang menjadi lupa waktu dan tempat.

Anda tentu sudah tidak asing lagi melihat pemandangan botol atau plastik yang dibiarkan berserakan. Namun, apakah kewajiban wisatawan hanya membuang sampah saja? Simak kewajiban lain yang perlu wisatawan lakukan ketika berlibur. 

Salah Satu Kewajiban Wisatawan Ketika Berada di Tempat Wisata Adalah

Kewajiban Wisatawan Ketika Berada di Tempat Wisata
salah satu kewajiban wisatawan ketika berada di tempat wisata via syta.org

Sebagian destinasi ada yang menarik HTM ketika hendak memasuki tempat wisata dan ada yang tidak. Akan tetapi, bukan berarti jika masuk secara gratis Anda baru memiliki kewajiban sedangkan ketika masuk secara berbayar kewajiban itu hilang. Baik berbayar atau tidak, setiap wisatawan mempunyai etika yang perlu dipenuhi.

Etika-etika itu perlu diterapkan agar menjaga kekondusifan area wisata dan membuat Anda bisa berlibur nyaman. Anda tentunya tidak ingin bukan berlibur di tempat wisata yang kotor dan rusuh?

Nah, apa saja kewajiban terhadap lingkungan wisata yang perlu kita penuhi agar liburan menyenangkan? Mari cari tahu jawabannya berikut.  

1. Menghormati Budaya Lokal 

Ketika berlibur di suatu tempat yang jauh di mana kebudayaan daerah itu terasa asing dan masih baru bagi Anda, hal yang bisa dilakukan sebagai bentuk toleransi adalah menghormatinya. Menghormati budaya lokal bisa dilakukan dengan mengapresiasi bentuk budaya mereka. Seperti tarian daerah, makanan tradisional, dan lain-lain.

2. Membuang Sampah Pada Tempatnya

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, salah satu kewajiban wisatawan ketika berada di tempat wisata adalah membuang sampah pada tempatnya. Umumnya, banyak pedagang yang menjual berbagai jenis makanan dan minuman. Lalu, sebagian orang membuang wadah bekasnya secara sembarangan. 

Perbuatan semacam itu tidak patut untuk dicontoh. Sebab, sampah yang berserakan di tempat wisata hanya akan mengurangi nilai estetika dan kualitas kebersihan lingkungan. Hal yang dapat Anda lakukan untuk ikut menyumbang kebersihan wisata ialah dengan membuang sampah pada tempat telah disediakan. 

3. Mematuhi Peraturan di Tempat Wisata

Sebelum membahas persoalan hak yang dimiliki pengunjung ketika berwisata, wisatawan harus sudah memenuhi kewajiban mereka. Salah satu kewajibannya adalah mematuhi aturan tertulis di tempat wisata. Peraturan tersebut harus dipatuhi oleh para wisatawan agar menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. 

Seperti misalnya ketika berlibur di pantai, terkadang ada peraturan yang melarang berenang di laut karena air sedang pasang atau hanya boleh berenang dalam radius beberapa meter saja. Peraturan tersebut dibuat untuk memastikan keamanan wisatawan. Jadi, Anda mempunyai kewajiban untuk mematuhi peraturan yang ada. 

4. Tidak Merusak Fasilitas Wisata dengan Sengaja

Fasilitas yang disediakan di tempat wisata bertujuan untuk memberikan kenyamanan dan kemudahan bagi para pengunjung. Contoh fasilitas itu antara lain gazebo, kamar mandi, sentra kuliner, mushola, dan lain sebagainya.

Sebagai wisatawan, Anda mempunyai kewajiban untuk tidak merusak fasilitas yang ada dengan sengaja.

Penutup

Salah satu kewajiban wisatawan ketika berada di tempat wisata adalah membuang sampah pada tempatnya. Namun ada kewajiban-kewajiban lain yang tidak kalah penting seperti menghormati budaya lokal, mematuhi peraturan, dan menjaga fasilitas tempat wisata. Yuk, budayakan memenuhi kewajiban dan dapatkan hak Anda.

error: Content is protected !!