Objek Wisata Gunung Api Purba Nglanggeran terletak di Wilayah Mana?

Objek Wisata Gunung Api Purba Nglanggeran terletak di Wilayah

Objek wisata gunung api purba nglanggeran terletak di wilayah Yogyakarta. Pada awalnya, desa ini memiliki banyak kekurangan. Apalagi jika dilihat dari letak geografisnya yang berada di dataran tinggi pegunungan karst.

Bahkan, jika dilihat dari posisinya yang terletak di tepi hutan menjadikan desa sulit berkembang. Di daerah ini diketahui memiliki gunung yang cukup menarik dan objek wisata beragam. 

Objek Wisata Gunung Api Purba Nglanggeran Terletak di Wilayah Yogyakarta

Saat ini desa wisata nglanggeran mulai mengembangkan dan membuka destinasi wisata. Misalnya saja seperti pesona Embung Nglanggeran, Kebun Buah serta Air Terjun Kedung kandung. Ada beberapa penjelasan terkait desa Nglanggeran yaitu:

Gunung Api Purba Nglanggeran
gunung api purba nglanggeran via detik.com

1. Daya Tarik Desa Nglanggeran 

Daya Tarik dari Desa wisata Nglanggeran karena Gunung Api Purba, Wisatawan bisa menikmati pesona Matahari terbit dan sunset saat sore hari. Ketinggian dari Gunung Api Purba nglanggeran saat ini diketahui mencapai 700 Mdpl. 

Memang cukup melelahkan untuk bisa mencapai puncak Gunung Api ini, namun jika sudah sampai di puncaknya rasa lelah akan terbayarkan oleh pesona Gunung Api. Gunung ini tersusun dari bebatuan purba yang memiliki daya Tarik tersendiri. 

Bebatuan besar merupakan sisa-sisa dari material vulkanik Gunung Api yang aktif pada ribuan tahun lalu. Seiring dengan berjalannya waktu gunung ini tidak aktif dan berubah menjadi bukit bukit batu yang tampak unik.

Sehingga para wisatawan bisa menikmati indahnya bebatuan bebatuan besar yang tersusun di berbagai sisi gunung. Selain itu, para wisatawan juga dapat melakukan camping di Gunung Api Purba yang letaknya hanya sekitar 50 m dari puncak.

2. Sebagai Sarana Pengairan Kebun Milik Warga

Selain memiliki daya tarik tersendiri, desa Nglanggeran ini memiliki luas 0,34 Hektar. Objek wisata gunung api purba nglanggeran terletak di wilayah Yogyakarta ini berfungsi sebagai sarana pengairan kebun buah milik warga setempat. 

Embung yang ada di desa ini dimanfaatkan sebagai sumber air hujan. Ini merupakan tempat daya tampung air yang akan dialirkan ke wilayah setempat khususnya desa nglanggeran. 

Embung inilah yang menjadi suplai sumber mata air di wilayah Nglanggeran. Embung Nglanggeran ini diketahui mempunyai akses masuk yang mudah, sehingga wisatawan bisa berkunjung tanpa harus berjalan jauh.

Tiket masuk destinasi wisata Nglanggeran 

Harga tiket masuk objek Wisata ini menjadi dua, yakni untuk wisatawan domestik atau dalam negeri dan wisatawan Mancanegara atau asing. Berikut ini sudah ada beberapa penjelasan terkait wisatawan domestik:

  • Harga tiket Gunung Api Purba siang hari sekitar Rp15.000 dan malam hari Rp20.000.
  • Harga tiket Air Terjun Kedung Kandung sekitar Rp7.000.
  • Harga tiket Embung Nglanggeran siang hari sebesar Rp10.000 dan malam hari Rp15.000

Sedangkan, harga tiket untuk wisatawan Mancanegara atau wisatawan asing dijelaskan di bawah ini:

  • Harga tiket Gunung Api Purba sebesar Rp30.000.
  • Harga tiket Air Terjun Kedung Kandung sekitar Rp20.000.
  • Harga tiket Embung Nglanggeran sebesar Rp30.000.

Destinasi wisata Nglanggeran ini biasanya buka 24 jam dan dilengkapi dengan berbagai macam fasilitas. Misalnya  saja seperti Tempat Ibadah, Jalur pendakian, Camping ground, Fasilitas MCK, Berbagai macam Kuliner, Pusat Informasi.

Selain itu, juga ada Posko kesehatan yang dilengkapi dengan Balai pertemuan. Sedangkan biaya parkir sepeda motor pada objek wisata ini sebesar Rp2.000 per motor dan Rp5.000 per mobil.

Penutup 

Berdasarkan penjelasan di atas, objek wisata gunung api purba nglanggeran terletak di wilayah Yogyakarta ini sangat menarik. Sehingga bisa langsung mengunjungi objek wisata ini untuk menikmati berbagai daya tarik Nglanggeran.

error: Content is protected !!