Pemandu Wisata Merupakan usaha Ekonomi yang Menghasilkan?

Pemandu Wisata Merupakan usaha Ekonomi yang Menghasilkan

Pemandu wisata merupakan usaha ekonomi yang menghasilkan jasa. Pemandu wisata atau tour guide termasuk seseorang yang bertugas untuk memandu wisatawan dalam perjalanannya.

Seorang tour guide juga bertugas untuk memberitahukan detail tempat dan serangkaian informasi mengenai tempat wisata yang dikunjungi. Jadi sebenarnya kehadiran tour guide menjadi hal yang penting saat kamu mengunjungi destinasi wisata. 

Pemandu Wisata Merupakan usaha Ekonomi yang Menghasilkan

Pada dasarnya, Tour guide berhubungan dengan jasa yang dibayarkan oleh wisatawan untuk mendapatkan pengalaman terbaik saat melakukan perjalanan wisata. Tour guide bisa berasal dari penduduk lokal yang mengenal tempat wisata di suatu wilayah.

Para wisatawan yang menyewa tour guide bisa disesuaikan dengan waktu tertentu. Hal ini tergantung dari berapa lama waktu berlibur dan banyaknya pengetahuan terkait objek wisata tersebut. Jadi dapat dikatakan bahwa penyedia jasa pemandu wisata merupakan usaha di bidang ekonomi kreatif.

Tugas dari Seorang Pemandu Wisata 

Apabila ingin mengetahui penjelasan lebih lanjut, seorang tour guide juga memiliki beberapa tugas penting yang perlu diketahui. Hal ini tentunya agar para wisatawan yang menyewa jasa tour guide mendapatkan kepuasan ketika sedang menjalani masa liburan. 

Oleh karena itu, kamu harus tahu beberapa tugas yang dilakukan oleh seorang tour guide. Berikut ini sudah ada tugas seorang tour guide yang bisa diketahui, antara lain:

1. Dapat Pembelajaran

Pengetahuan yang dimiliki tour guide menjadi hal yang paling dibutuhkan oleh wisatawan. Pemahaman yang benar mengenai tempat wisata akan membuat tour guide bisa melakukan tugasnya dengan baik. 

2. Menyambut Wisatawan

Menyambut wisatawan tentunya tugas penting juga bagi tour guide. Penyambutan seluruh wisatawan luar maupun dalam negeri dibutuhkan agar mendapatkan kesan yang baik selama liburan.

Sebaiknya, setiap tour guide sudah terhubung dengan wisatawan melalui perkenalan umum dan penyambutan khas daerah tersebut. Mulai dari menggunakan kalung bunga atau welcoming tea. 

3. Mampu Mempersiapkan Materi

Materi memang harus disiapkan agar setiap wisatawan mengerti apa yang akan dijelaskan. Materi yang disiapkan bisa berupa bentuk seperti peta, brosur informasi, maupun audio.

3. Mampu Menerjemahkan

Seorang tour guide yang baik dan profesional juga harus selalu siap saat diminta untuk menerjemahkan informasi ke dalam beberapa bahasa. Apabila tidak mempunyai banyak kemampuan bahasa asing maka setidaknya tour guide bisa menerjemahkan ke bahasa Inggris.

Kemampuan berbahasa asing juga akan menjadi nilai tambah bagi tour guide. Hal ini tentunya agar bisa memandu wisatawan dengan lancar.

4. Memandu dan Menjelaskan Informasi

Tugas tour guide berikutnya memandu sekaligus menjelaskan berbagai macam informasi mengenai tempat atau benda yang sedang dilihat. Umumnya, tour guide akan mencoba mengarahkan para wisatawan sesuai urutan cerita maupun sejarah yang ada agar tidak bingung.

5. Memberikan Penjadwalan

Selain berbagai tugas yang telah disebutkan di atas, sebagian besar tour guide juga harus merencanakan liburan dari awal hingga akhir. Hal ini tentunya tergantung dari jasa yang ditawarkan.

Biasanya, ada yang menawarkan hanya memandu ke beberapa tempat tanpa merencanakan transportasi dan penginapan. Namun, ada juga yang telah menyediakan paket lengkap.

Mulai dari transportasi penerbangan pulang pergi, beberapa destinasi wisata, tempat makan, maupun penginapan. Jadi sebelum melakukan liburan kamu harus pastikan tour guide tersebut profesional.

Soal Jawaban

Ulasan kali ini sekaligus menjawab soal/pertanyaan yang ada di buku pendamping tematik terpadu IPS untuk SD/MI kelas 5 tema 2.

Penjelasan soal:

Jenis pekerjaan terbagi menjadi dua kategori yaitu pekerjaan yang menghasilkan barang & pekerjaan yang menghasilkan jasa. Pekerjaan yang menghasilkan barang merupakan suatu pekerjaan yang melibatkan proses pengolahan dan menghasilkan produk berupa barang baru.

Sementara itu, pekerjaan yang menghasilkan jasa merupakan suatu pekerjaan yang melibatkan keterampilan khusus dengan produk akhir berupa jasa atau layanan.

Pemandu wisata bertugas untuk membimbing para wisatawan saat sedang berwisata serta memberikan informasi terkait tempat wisata yang sedang dikunjungi.

Jawaban:

Berdasarkan penjelasan diatas, pemandu wisata merupakan usaha ekonomi yang menghasilkan jasa (berupa layanan untuk memandu dan membimbing wisatawan di tempat wisata yang dikunjungi).

error: Content is protected !!