7 Cara Agar Tidak Mabuk Perjalanan Selamanya 100% Ampuh

pintuwisata 30 Januari 2023

Mabuk ketika sedang berada di perjalanan merupakan suatu hal yang paling tidak nyaman dan meresahkan. Namun, kamu tidak perlu khawatir lagi karena saat ini sudah ada beberapa cara agar tidak mabuk perjalanan selamanya. Kamu bisa menerapkan cara-cara tersebut dengan baik ketika sedang bepergian keluar kota atau sekedar berkunjung ke objek wisata

Banyak sekali penyebab mabuk dalam perjalanan. Mulai dari pusing, penyakit vertigo, adanya perubahan hormonal, dan gangguan telinga bagian dalam. Penyebab lainnya yaitu bermain handphone dan membaca buku di dalam sebuah kendaraan yang sedang bergerak serta melaju. 

Biasanya gejala dari mabuk perjalanan ini sangat bervariasi dan berbeda-beda untuk setiap orangnya. Akan tetapi, secara umum gejala mabuk dalam perjalanan antara lain keringat dingin, kepala terasa pusing, sulit menjaga keseimbangan tubuh, sakit perut, mual, dan muntah. 

Apabila kamu mengalami salah satu dari gejala mabuk perjalanan tersebut, maka harus lebih waspada dan diantisipasi dengan baik. Kamu harus mempersiapkan segala kebutuhan yang bisa mengatasi kemungkinan terjadinya mabuk selama di perjalanan tersebut. 

Salah satunya adalah mencari informasi yang akurat untuk mengatasi mabuk di perjalanan yang kamu alami. Untuk itu, kamu bisa membaca penjelasan secara detail seputar kumpulan cara mengatasi mabuk ketika sedang dalam perjalanan. Yuk, langsung saja simak informasinya dengan cermat ya!

Cara Agar Tidak Mabuk Perjalanan Selamanya

Agar perjalanan kamu nyaman dan tidak mengalami mabuk ketika sedang pergi ke luar rumah diperlukan suatu cara tertentu. Nah, berikut ini akan disajikan beberapa cara yang praktis dan mudah untuk kamu aplikasikan dengan tujuan menghilangkan mabuk di perjalanan. 

Cara Agar Tidak Mabuk Perjalanan
Cara Agar Tidak Mabuk Perjalanan Selamanya

1. Jangan Mengkonsumsi Makanan Secara Berlebihan

Tidak mengkonsumsi makanan secara berlebihan merupakan salah satu cara agar tidak mabuk perjalanan selamanya. Sehingga, kamu tidak merasa terlalu kenyang saat di perjalanan. Kamu bisa mengatasi hal tersebut dengan cara mengkonsumsi makanan yang tidak berat. 

Jika kamu makan terlalu berlebihan dan kenyang maka dapat menyebabkan mual atau muntah. Apalagi ditambah jalan yang kamu lewati medannya tidak selalu datar dan mulus. Alhasil, membuat kamu menjadi mabuk selama di perjalanan dan  tentunya akan terasa tidak nyaman. 

Meskipun demikian, jangan sampai perut kamu terasa kosong ya. Kamu tetap perlu mengkonsumsi makanan yang sehat dan rendah lemak dengan porsi yang kecil akan tetapi sering. Hindari juga mengkonsumsi makanan yang berminyak, berlemak tinggi, dan pedas. Karena, bisa membuat perut kamu terasa lebih mual. 

2. Mendengarkan Musik Ketika Berada di Perjalanan

Kamu bisa mengatur suasana hati atau mood selama di perjalanan dengan baik. Tujuannya adalah agar dalam perjalanan terasa lebih happy dan ceria. Salah satunya yaitu dengan mendengarkan musik yang kamu sukai dan membuat nyaman. Hal ini sebagai cara agar tidak mabuk perjalanan selamanya.

Dengan mendengarkan musik favorit kamu, tubuh akan terasa lebih rileks selama di perjalanan. Dengan demikian, kamu tidak akan mudah untuk merasa mual, muntah bahkan mabuk. 

Karena, tubuh kamu akan lebih santai dan pikiran tidak menjadi stress saat berada dalam perjalanan. Mendengarkan musik ketika kamu sedang berada di sebuah kendaraan yang melaju terbukti efektif untuk mencegah terjadinya mabuk perjalanan. 

3. Menghirup Udara yang Segar

Kemacetan dan kondisi jalan yang berliku membuat kamu merasa lelah dan mudah untuk mabuk. Agar tidak mabuk selama di perjalanan maka terdapat cara mengatasi mabuk perjalanan tanpa obat yaitu dengan menghirup udara yang segar. 

Kamu dapat melakukannya dengan cara membuka jendela untuk merasakan udara segar tersebut. Sehingga, rasa mual dan ingin muntah dapat teratasi dengan baik. Udara segar ini  banyak disebut sebagai AC alam yang bagus untuk mencegah terjadinya mabuk perjalanan. 

Apalagi jika kamu melewati daerah pegunungan yang asri dan sejuk lengkap dengan pemandangan indah. Pastinya, rasa mual akan tergantikan dengan rasa  terpesona pada keindahan alamnya bukan? Sehingga, mabuk perjalanan dapat teralihkan dengan baik dan efektif. 

cara agar tidak mabuk
cara agar tidak mabuk perjalanan selamanya

4. Mengkonsumsi Air Putih

Air putih yang dikenal sebagai air mineral ini sangat bermanfaat untuk menghilangkan mabuk perjalanan. Namun, ingat untuk tidak mengkonsumsinya secara berlebihan. Karena, kamu akan mudah untuk buang air kecil nantinya. Minum air putih adalah cara alami agar tidak mabuk saat naik mobil.

Jika kamu minum air putih selama di perjalanan maka tubuh tidak akan merasa dehidrasi yang bisa menyebabkan mabuk perjalanan. Sebaliknya, apabila kamu kekurangan cairan maka tubuh akan memberikan kode berupa rasa mual. 

Semua itu bisa diantisipasi dengan mengkonsumsi air putih dalam jumlah yang tepat. Jangan mengkonsumsi minuman jenis lainnya karena berpotensi membuat kamu menjadi mabuk di perjalanan lebih besar. 

5. Istirahat dan Tidur yang Cukup

Menempuh perjalanan yang panjang pastinya membuat kamu merasa kelelahan. Sebaiknya, beri jeda sebentar yaitu dengan cara beristirahat dan tidur yang cukup. Karena, telah terbukti secara efektif sebagai cara menghilangkan pusing dan mual setelah mabuk perjalanan. 

Istirahatkan tubuh kamu dengan posisi yang baik dan benar agar tidak memperparah rasa mual dan pusing. Tubuh membutuhkan istirahat dan tidur yang cukup agar kembali bugar dan segar ketika akan beraktivitas. 

Perhatikan jam istirahat dan jam tidur kamu dengan baik. Jangan terlalu berlebihan karena bisa membuat kamu menjadi pusing dan lemas ketika terbangun. Namun, jangan juga terlalu sedikit istirahat dan tidur. Karena, apabila kamu begadang maka bisa mengakibatkan munculnya rasa mual di perjalanan. 

6. Mengkonsumsi Minuman yang Terbuat dari Jahe

Bagi kamu yang selalu langganan mabuk dalam suatu perjalanan pastinya akan terpikir kira-kira minum apa agar tidak mabuk perjalanan bukan? Kamu bisa mengkonsumsi minuman yang terbuat dari jahe. Selain mudah untuk diperoleh, minuman dari jahe bisa mengatasi mual secara alami dan aman dikonsumsi. 

Jahe merupakan salah satu agen alami yang efektif untuk mencegah sekaligus sebagai pengobatan tradisional yang baik untuk mengatasi mabuk perjalanan. Karena, bisa mengurangi pelepasan vasopresin yang berasal dari veksi sirkuler, aktivitas taxi gastrik, dan mual. 

Dengan mengkonsumsi jahe, maka tubuh kamu akan terasa lebih nyaman dan hangat. Jahe juga mampu memberikan efek menenangkan bagi tubuh kamu yang sedang mengalami gejala mabuk di perjalanan. Oleh karena itu, minuman jahe sangat direkomendasikan untuk kamu yang mudah mabuk perjalanan. 

7. Mengkonsumsi Permen 

Permen merupakan benda kecil yang mempunyai manfaat besar untuk mengatasi kamu yang tidak pernah absen mabuk di perjalanan. Mengkonsumsi permen agar tidak mabuk perjalanan ini sangat dianjurkan. Karena, membantu untuk mengurangi mual yang ditimbulkan oleh tubuh kamu.

Permen selain memberikan efek menenangkan pada tubuh, juga bisa menekan rasa mual dan tingginya produksi asam lambung. Kamu bisa mengkonsumsi permen dengan rasa yang disukai. Mulai dari rasa jeruk, mint, strawberry, maupun lemon. 

Dengan demikian, jangan sampai lupa ya untuk menyediakan permen kemanapun kamu bepergian. Karena, permen mempunyai peran yang sangat penting dalam hal mencegah timbulnya mabuk dalam suatu perjalanan. Sehingga, perjalanan kamu terasa lebih menyenangkan tanpa harus merasakan mabuk di perjalanan. 

Penutup

Demikianlah informasi mengenai cara agar tidak mabuk perjalanan selamanya yang dijelaskan melalui artikel di atas. Semoga artikel tersebut bisa bermanfaat dan menjadi sumber ilmu pengetahuan yang baru serta bahan referensi terbaik untuk kamu.

FAQ

Makanan apa agar tidak mabuk perjalanan?

Beberapa makanan yang bisa mencegah mabuk perjalanan seperti pisang, nanas, jahe, dan buah-buahan yang berasa asam.

Apakah koyo bisa mencegah mabuk perjalanan?

Menurut Kepala Unit Emergency RS Pondok Indah, Felix Samuel, “menempelkan plester koyo atau apa pun di pusar anak buat cegah mabuk perjalanan itu enggak ada hubungannya.

Pintu Wisata

Pintu Wisata merupakan situs direktori tempat wisata Indonesia terlengkap. Cari dan temukan destinasi wisata terbaik yang ingin kamu kunjungi.

Tinggalkan komentar

Artikel Terkait

error: Content is protected !!