Bagaimana Sikapmu Jika Pergi Ke Tempat Wisata ?

Bagaimana sikapmu jika pergi ke tempat wisata

Bagaimana sikapmu jika pergi ke tempat wisata? Pertanyaan sederhana ini sering kali menjadi soal dalam mata pelajaran di sekolah. Untuk menjawabnya, kamu harus tau kewajiban wisatawan ketika berada di tempat wisata yang telah diulas di artikel sebelumnya.

Berwisata adalah kegiatan liburan atau berkunjung ke suatu tempat rekreasi. Tempat liburan yang merupakan objek wisata ini bisa berupa wisata pendidikan, wisata alam, hingga wisata modern yang kini banyak dijumpai di kota-kota besar di Indonesia.

Dalam berwisata, para wisatawan atau pengunjung wisata diharuskan mematuhi segala aturan baik adat istiadat maupun aturan yang dibuat oleh pengelola wisata terkait. Hal ini penting karena menyangkut norma yang berlaku di masyarakat.

Sebagai warga negara yang baik, tentu kamu harus menunjukan sikap yang baik saat berkunjung ke tempat wisata tujuan.

Bagaimana Sikapmu Jika Pergi Ke Tempat Wisata ? Ini Jawabannya

Bagaimana sikapmu jika pergi ke tempat wisata
Bagaimana sikapmu jika pergi ke tempat wisata via klook.com

Berikut beberapa sikap yang harus kamu tunjukan saat berwisata. Dimanapun destinasi tujuan kamu, usahakan selalu menerapkan beberapa sikap berikut ini:

1. Mematuhi Aturan

Sikap pertama adalah mematuhi aturan, baik aturan dari pengelola tempat wisata maupun aturan yang berlaku di masyarakat setempat. Seperti yang kita tau, setiap tempat wisata memiliki aturannya masing-masing.

Misalnya, tempat wisata SeaWorld Ancol yang mengharuskan pengunjung mendapatkan vaksin COVID-19 minimal 2 dosis atau wisata Taman Margasatwa Ragunan yang mengharuskan pengunjung melakukan reservasi tiket online melalui bit.ly pesan tiket tmr.

2. Bersikap Sopan dan Ramah

Sebagai tamu, wisatawan wajib bersikap sopan dan ramah kepada wisatawan lainnya maupun warga setempat. Ini juga sebagai salah satu upaya melestarikan budaya masyarakat Indonesia yang memang terkenal murah senyum dan sopan santun ke semua orang.

Perilaku sopan ini bisa ditunjukan dengan mengucap salam saat bertemu warga maupun pengunjung lain, menjaga kebersihan, tidak membuang sampah sembarangan, dan tidak melakukan kegiatan yang dilarang di lokasi wisata tersebut.

3. Saling Menghargai Wisatawan Lain

Sikap saling menghargai di tempat wisata sangat diperlukan, khususnya antara wisatawan satu dengan wisatwan lainnya. Perilaku ini juga mencerminkan budaya masyarakat Indonesia yang dikenal sangat toleransi.

Sikap saling menghargai yang dimaksud seperti, tidak mengolok-olok wisatawan lain, tidak berbuat rasis, serta sikap saling mengingatkan terkait aturan dan norma yang ada di sekitar tempat wisata tersebut.

Peraturan di Tempat Wisata

Setiap tempat wisata memiliki aturannya masing-masing. Tugas kita sebagai pengunjung adalah mematuhi aturan tersebut dan mengingatkan wisatawan lain agar ikut mematuhinya. Berikut ini beberapa peraturan umum yang ada di hampir semua tempat wsiata:

  • Membuang sampang pada tempatnya
  • Menjaga dan tidak merusak fasilitas yang ada
  • Tidak membuat gaduh atau keributan
  • Tidak berbuat asusila
  • Tidak buang air kecil/besar sembarangan

Manfaat Melakukan Perjalanan Wisata

Setelah menjawab pertanyaan tentang “bagaimana sikapmu jika pergi ke tempat wisata?“. Sekarang Pintu Wisata akan memberitahu manfaat melakukan perjalanan wisata. Apa saja manfaatnya, yuk cek…

  • Mengenal tempat baru
  • Menghilangkan kebosanan atau stress
  • Mendapatkan pengalaman baru
  • Menikmati keindahan dan kekayaan alam
  • have fun (bersenang-senang)

Nah itulah ulasan mengenai bagaimana sikapmu jika pergi ke tempat wisata. Sebagai seorang wisatawan yang baik, kamu harus menerapkan sikap tersebut di tempat wisata manapun yang kamu kunjungi, baik di Indonesia maupun di luar negeri.

error: Content is protected !!