Wilayah Indonesia yang Memiliki Terumbu Karang untuk Objek Wisata Adalah

Wilayah Indonesia yang Memiliki Terumbu Karang untuk Objek Wisata Adalah

Indonesia sangat kaya dengan keindahan dan pesona alam laut yang luar biasa. Sehingga, tidak heran jika wilayah Indonesia yang memiliki terumbu karang untuk objek wisata adalah daerah yang paling sering dikunjungi oleh wisatawan. Mulai dari wisatawan lokal maupun wisatawan asing yang datang ke Indonesia.

Banyak para wisatawan yang sengaja datang ke tempat-tempat tertentu di Indonesia hanya untuk melihat terumbu karang. Bagi kamu yang menyukai wisata versi alam sekaligus edukasi, objek wisata terumbu karang bisa menjadi alternatif pilihan liburan.

Wilayah Indonesia yang Memiliki Terumbu Karang untuk Objek Wisata Adalah

Terumbu karang mempunyai bentuk yang unik dan cantik dengan tampilan beraneka ragam warna. Agar kamu tidak penasaran lagi, yuk simak informasi berikut ini mengenai objek wisata di Indonesia yang mempunyai terumbu karang. 

wilayah Indonesia yang memiliki terumbu karang untuk objek wisata adalah
wilayah Indonesia yang memiliki terumbu karang untuk objek wisata adalah

1. Taman Nasional Wakatobi di Sulawesi Tenggara

Taman Nasional Wakatobi yang terletak di Sulawesi Tenggara ini merupakan salah satu ekosistem terumbu karang di Indonesia dan pusat terumbu karang dunia. Taman Nasional Wakatobi sering disebut dengan surga bawah laut yang juga menjadi pusat penelitian bawah laut oleh ilmuwan di dunia.

Taman Nasional Wakatobi dengan luas 1,39 juta hektar ini mempunyai beraneka ragam keanekaragaman hayati bawah laut. Mulai dari 112 lebih jenis karang dan 750 spesies koral yang ada di dunia ini ditemukan pada Taman Nasional Wakatobi.

Dengan demikian, wilayah tersebut sangat kaya dengan spesies terumbu karang.

2. Taman Laut Bunaken di Sulawesi Utara

Taman Laut Bunaken merupakan salah satu tempat terumbu karang terbaik di Indonesia dengan luas sebesar 8,08 km2. Mayoritas terumbu karang yang ada di Taman Laut Bunaken yaitu terumbu karang penghalang dan terumbu karang tepi.

Keberadaan terumbu karang tersebut menjadi tempat hidup bagi mamalia laut, spesies ikan, reptil, dan moluska. Jika kamu berkunjung ke Sulawesi Utara jangan lupa mampir ke Taman Laut Bunaken ya! Pastinya banyak sekali keindahan yang begitu menakjubkan pada Taman laut Bunaken ini. 

3. Pulau Karimunjawa di Jawa Tengah

Pulau Karimunjawa yang berada di Jawa Tengah tepatnya Kabupaten Jepara ini menyimpan sejumlah keindahan. Salah satunya adalah pesona terumbu karang yang memiliki keunikan tersendiri di mata penikmatnya. Oleh karena itu, banyak pengunjung yang menyelam ke laut untuk menikmati terumbu karang tersebut.

4. Raja Ampat di Papua Barat

Raja Ampat mempunyai spesies terumbu karang dengan jumlah terbanyak dan sudah diakui oleh seluruh dunia. Raja Ampat yang terkenal dengan keindahannya ini mempunyai luas terumbu karang di Indonesia sebesar 75%. Terdapat 540 jenis karang yang keras, 700 jenis moluska, dan lebih dari 1000 jenis ikan karang. 

5. Taman Laut Kepulauan Derawan di Kalimantan Timur

Terdapat 460 jenis terumbu karang yang hidup di Taman Laut Kepulauan Derawan Kalimantan Timur ini. Selain itu, ada pula spesies ikan karang yang berjumlah 832 buah di sini. Jenis terumbu karang yang hidup di Taman Laut Kepulauan Derawan yaitu atol, karang penghalang, dan karang tepi. 

6. Taman Laut Banda di Maluku

Taman Laut Banda yang berlokasi di Maluku ini merupakan kategori taman laut yang paling indah di dunia. Taman Laut Banda yang indah ini merupakan warisan dunia bawah laut dari Indonesia. Taman Laut Banda mempunyai spesies terumbu karang sebanyak 310 jenis karang yang berperan sebagai pembentuk terumbu.

Soal Jawaban IPS SD/SMP

Ulasan kali ini sekaligus menjawab soal IPS di sekolah dasar dan sekolah menengah pertama. Pertanyaannya, wilayah Indonesia yang memiliki terumbu karang untuk objek wisata adalah?

A. Bunaken

B. Pulau Seribu

C. Pantai Klayar

D. Selat Sunda

Jawaban yang benar adalah A. Bunaken. Wilayah Bunaken merupakan sebuah taman laut yang dilindungi pemerintah, tempat ini dikenal memiliki flora dan fauna laut yang luar biasa sehingga menjadi destinasi wisata terumbu karang favorit di Indonesia.

Penutup

Dari ulasan diatas dapat disimpulkan bahwa wilayah Indonesia yang memiliki terumbu karang untuk objek wisata adalah taman laut Bunaken di Sulawesi Utara. Semoga informasi pada artikel di atas bisa bermanfaat untuk kamu dan menambah pengetahuan.

error: Content is protected !!