Loang Baloq adalah Objek Wisata yang Berupa?

Loang Baloq adalah Objek Wisata yang Berupa

Loang Baloq adalah objek wisata yang berupa pantai, taman hiburan, hingga makam. Apabila kamu terbiasa tinggal di Jawa mungkin sedikit tidak familiar dengan nama wisata Loang Baloq. Sebab objek wisata tersebut berada di wilayah Nusa Tenggara Barat (NTB) atau lebih persisnya ada di daerah Mataram. 

Mataram sendiri memang sudah tidak diragukan lagi soal keunggulan wisatanya. Banyak objek wisata menarik yang bisa kamu datangi ketika pergi liburan ke sana. Baik itu wisata religi, bahari, hingga edukasi. Jika tertarik berwisata religi dan sejenisnya maka kamu disarankan datang ke Loang Baloq. 

Loang Baloq Adalah Objek Wisata yang Berupa Apa?

Di Provinsi mana letak objek wisata Loang Baloq? Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, Loang Baloq berada di provinsi Nusa Tenggara Barat. Lokasi tepatnya Loang Baloq dimana? Objek wisata ini berada di ibu kota NTB yang tidak lain adalah Kota Mataram. 

Loang memiliki makna Lubang dalam bahasa Sasak. Sedangkan Baloq mempunyai makna buaya. Jika keduanya digabung maka memiliki arti lubang buaya. Namun, sebagian ada yang menafsirkan Baloq sebagai sebuah pohon beringin. 

Mataram memiliki berbagai daya tarik yang bisa kamu jadikan alasan untuk setidaknya pergi ke sana sekali. Mulai dari objek wisata hiburan, budaya, hingga kulinernya patut untuk dijajal. Salah satu objek wisata yang berupa pantai, makam, dan taman adalah Loang Baloq. 

Keberadaan makam tersebutlah yang membuat Loang Baloq tidak sekadar wisata alam saja melainkan juga dapat dijadikan objek wisata religi dan sejarah. Tidak terlalu jauh dari keberadaan makam, kamu bisa mampir ke Pantai Loang Baloq. Selain pantai, kamu juga bisa mampir ke Taman Hiburan Rakyat Loang Baloq. 

Daya Tarik Loang Baloq

Loang Baloq adalah Objek Wisata yang Berupa
Loang Baloq adalah Objek Wisata yang Berupa

Setiap objek wisata mempunyai daya tarik sendiri yang membuat pengunjung berbondong-bondong untuk datang baik itu wisatawan lokal maupun luar kota. Bagi kamu yang masih ragu atau bimbang untuk pergi ke sana atau tidak bisa menyimak pembahasan ini. Berikut adalah daya tarik dari Loang Baloq yang perlu kamu tahu. 

1. Terdapat 3 Makam 

Deskripsi bagian makam Loang Baloq merupakan seorang penyebar agama Islam yang bernama Syekh Gauz Abdurrazak. Selain makam milik Syekh, ada dua makam lainnya yakni makam datuk laut dan anak yatim. Ketika berkunjung ke sana, Anda bisa sekalian melakukan ziarah. 

2. Taman Hiburan

Terdapat Taman Hiburan Rakyat Loang Baloq yang bisa kamu kunjungi bersama keluarga. Di taman itu ada banyak pilihan aktivitas yang bisa kamu pilih. Misalnya seperti skatepark, taman bermain anak, panggung hiburan, dan lain sejenisnya. Di sana juga terdapat fasilitas berupa warung makan dan toko yang menjual souvenir. 

3. Wisata Alam Pantai

Selain melakukan wisata sejarah dan religi, kamu juga bisa pergi ke pantai untuk menyegarkan diri. Pantai Loang Baloq berlokasi di Kel. Tanjung Karang, Kec. Sekarbela, Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat. Di pantai ini, kamu bisa menikmati panorama laut yang indah dengan semilir angin menyejukkan. 

Dengan begitu, bagi kamu yang tertarik mengunjungi Loang Baloq tidak hanya akan merasakan wisata hiburan saja melainkan juga mendapatkan pengalaman wisata religi dan sejarah.

Petanyaan Tentang Loang Baloq

Ulasan kali ini juga sekaligus menjawab soal mata pelajaran di sekolah yang membahas tentang Loang Baloq.

Pertanyaannya:

 (1) Loang Baloq adalah salah satu objek wisata yang terkenal sunset-nya di Mataram. Loang Baloq semakin menunjukkan potensinya. (2) Loang Baloq termasuk salah satu tempat wisata yang banyak didatangi pengunjung. (3) Melalui tangan-tangan terampil dan artistik dari pemerintah Kota Mataram, taman yang menjadi penghujung bagian barat jalur lingkar selatan mampu menyedot ratusan pengunjung per hari. (4) Bahkan, pada hari-hari tertentu, pengunjung yang datang ke taman yang berada tepat di pinggir pantai itu, bisa mencapai ribuan orang.space 

Loang Baloq adalah objek wisata yang berupa?

A. Taman di tepi sungaispace 

B. Taman di tepi danauspace 

C. Taman di tengah lautspace 

D. Taman di tepi pantai

Jawaban yang benar adalah D. Taman tepi pantaispace. Jadi Loang Baloq adalah objek wisata yang berupa taman tepi pantai.

Penutup

Loang Baloq adalah objek wisata yang berupa pantai, makam, dan taman. Kamu bisa mengunjungi salah satunya atau justru semuanya. Bagi wisatawan lokal maupun mancanegara, pengalaman pergi ke Loang Baloq akan jadi kenangan yang tidak terlupakan.

error: Content is protected !!