5 Tempat Wisata di Berastagi yang lagi Hits dan Viral

Tempat Wisata di Berastagi yang lagi Hits

Tempat wisata di Berastagi yang lagi hits saat ini sudah dapat ditemukan dengan mudah. Berastagi merupakan salah satu kota yang memiliki iklim terdingin di Indonesia. 

Hal ini disebabkan karena Berastagi berada di wilayah yang mempunyai ketinggian 1.300 meter di atas permukaan laut. Wisata Berastagi memang sangat terkenal di Sumatera Utara. 

Tempat Wisata di Berastagi yang lagi Hits

Berastagi memang mempunyai pemandangan alam yang begitu indah dan menakjubkan. Berikut ini ada beberapa tempat wisata di Berastagi yang wajib Anda kunjungi.

1. Pemandian Air Panas Sidebuk-debuk

Pemandian Air Panas Sidebuk debuk
pemandian air panas sidebuk-debuk salah satu tempat wisata di berastagi yang lagi hits via orangawam.com

Apabila Anda belum terbiasa dengan iklim dingin, maka Berastagi memiliki objek wisata pemandian air panas. Pemandian air panas ini dikenal dengan nama Lau Sidebuk-debuk. 

Jarak lokasi dari pemandian ini dengan Kota Medan hanya sekitar 58 kilometer. Pemandian Lau Sidebuk-debuk berasal dari Gunung Sibayak dan terletak di wilayah yang mempunyai ketinggian sekitar 2.000 meter di atas permukaan laut. 

Hal inilah yang membuat hawa di pemandian ini sangat rindang dan sejuk. Anda juga akan disuguhi pemandangan yang asri dan hijau, disepanjang perjalanan menuju pemandian air panas ini.

Tempat instagramable di Berastagi ini dipenuhi oleh wisatawan, ketika hari libur atau masuk musim libur. Tidak hanya wisatawan lokal dari Karo atau Berastagi saja, tetapi wisatawan dari luar banyak berkunjung. 

Ini karena ada banyak wisatawan yang penasaran dengan pemandian Lau Sidebuk-debuk. Apalagi sudah ada air panasnya mengandung aroma belerang. 

Selain itu, banyak wisatawan yang percaya bila berendam di pemandian air panas dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit kulit. Sehingga tidak jarang dijumpai, banyak wisatawan yang mengajak anggota keluarganya. 

Apalagi yang mempunyai sakit kulit untuk berendam di pemandian air panas. Dipastikan badan lebih enakan dan cepat sembuh hanya dengan berendam.

2. Air Terjun Dua Warna

Air Terjun Dua Warna
air terjun dua warna salah satu tempat wisata di berastagi yang lagi hits via karogaul.com

Tempat wisata di Berastagi yang lagi hits ini berada di Desa Durin Sirugun. Asal mula dari air terjun ini dikenal sebagai air terjun dua warna karena keunikan warna mata airnya.

Air di bagian bawahnya berwarna putih dan di bagian atas berwarna biru muda. Tidak hanya itu saja, air berwarna biru di bagian atas mempunyai suhu air yang dingin.

Sedangkan, air berwarna putih di bagian bawah mempunyai suhu air lebih hangat. Keunikan ini disebabkan karena mata air dari Air Terjun asalnya dari letusan Gunung Sibayak.

Kemudian, terdapat belerang dan fosfor di dalam mata air sehingga terjadi perbedaan antara lapisan air di bagian atas dan bawah. Air Terjun Dua Warna ini berada di ketinggian 1.270 meter diatas permukaan laut. 

Area sekitar air terjun ini telah dipenuhi dengan berbagai macam pohon rindang. Sehingga suasana dari Air Terjun lebih sejuk dan asri. 

Meskipun air terjun ini berada di dalam hutan rimbun, Anda tidak perlu cemas tersesat menuju Air Terjun ini. Dikarenakan sudah jasa pemandu, dengan membayar Rp25.000.

3. Air Terjun Sikulikap

air terjun sikulikap
air terjun sikulikap salah satu tempat wisata di berastagi yang lagi hits via indonesiatraveler.id

Tempat wisata di merek Berastagi lainnya yang bisa dikunjungi adalah Air Terjun Sikulikap. Air terjun ini mempunyai pemandangan alam yang sangat indah dan menarik. 

Air terjun ini berada di dalam hutan hujan tropis. Di air terjun ini juga menjadi salah satu tempat tinggal spesies monyet bernama Gibbon. Air terjun Sikulikap ini dikenal juga sebagai Sampuren Sikulikap.

Air terjun Sikulikap ini mempunyai ketinggian sekitar 30 meter. Aliran air terjun Sikulikap ini berasal dari Taman Hutan Rakyat Bukit Barisan. 

Arus aliran di air terjun Sikulikap sebenarnya lumayan deras. Hal ini karena mempunyai aliran arus yang deras, sehingga banyak orang tidak berani berendam di dalam air terjun ini. 

Meskipun begitu, Anda tidak perlu cemas jika berkunjung ke air terjun Sikulikap. Hal ini karena Anda tetap bisa berfoto di air terjun Sikulikap sambil bersantai serta menikmati keindahan dari air terjun. 

Wisata Air Terjun Sikulikap ini terletak di dekat dengan Kawasan Ekosistem Leuser dan memiliki pemandangan yang indah. Pemandangan di air terjun Sikulikap memang lebih indah dan menyegarkan mata. 

Di sini sudah ada dinding batu yang menakjubkan. Dinding ini dulunya sering dijadikan sebagai area panjat tebing oleh para pecinta alam. Selain itu, pada tempat ini sudah ada pondok yang mempunyai bentuk seperti simbol suku Karo.

4. Bukit Gundaling

Bukit Gundaling
bukit gundaling salah satu tempat wisata di berastagi yang lagi hits via travelspromo.com

Bukit Gundaling terletak di ketinggian sekitar 1.575 meter di atas permukaan laut. Jarak objek wisata Bukit Gundaling ini dari Kota Medan hanya sekitar 66 kilometer. 

Tempat wisata romantis di Berastagi ini termasuk salah satu objek wisata yang sangat populer dan selalu ramai oleh wisatawan saat berkunjung ke Berastagi. Dengan berlibur di Bukit Gundaling akan memberikan sensasi yang menenangkan.

Sehingga membuat Anda tampak lebih rileks selama di sana. Bahkan, ada angin sepoi-sepoi yang membuat hawa di Bukit Gundaling semakin sejuk. 

Anda juga dapat menikmati pemandangan hijau perkebunan penduduk dari atas Bukit Gundaling. Selain itu, Anda juga dapat melihat Gunung Sinabung dan Gunung Sibayak dari Bukit Gundaling. 

Bahkan, Anda juga melihat keindahan kota Berastagi dari atas Bukit Gundaling. Selain itu, juga bisa berkeliling Bukit Gundaling dengan jalan kaki atau menggunakan kuda dan Sado. 

Sado ini termasuk salah satu kereta yang menggunakan kuda sebagai penariknya. Ada banyak sekali tanaman pohon pinus di puncak bukit Gundaling. 

Selain pohon pinus, sudah ada kebun bunga, bangunan miniatur rumah batak, dan juga patung-patung yang memakai pakaian adat Karo. Anda juga dapat menikmati pemandangan sunrise dan sunset di Bukit Gundaling.

5. Danau Lau Kawar

Danau Lau Kawar
danau lau kawar salah satu tempat wisata di berastagi yang lagi hits via travelspromo.com

Danau ini mempunyai pemandangan yang tidak kalah cantik dari Danau Toba. Jarak dari Kota Medan ke Danau Lau Kawar hanya sekitar 70 kilometer. 

Tempat wisata di Berastagi yang lagi hits ini terletak di Gunung Sinabung. Danau Lau Kawar berada di ketinggian 2.451 mdpl. Danau ini juga termasuk salah satu Kawasan Ekosistem Leuser.

Sepanjang perjalanan menuju Danau Lau Kawar, Anda akan langsung disuguhi pemandangan indah Kota Berastagi dan Dataran Tinggi Karo. Anda juga akan melihat berbagai macam perkampungan penduduk.

Selain itu, sudah ada kebun sayuran, dan tumbuhan pohon pinus sepanjang perjalanan. Tidak hanya keindahan alam saja yang dapat Anda nikmati sepanjang menuju Lau Kawar. Selain itu, Anda juga dapat melihat bangunan rumah adat Karo. 

Tiket masuk ke Danau Lau Kawar murah hanya Rp20.000 saja. Danau Lau Kawar ini mempunyai  hawa yang sejuk sehingga akan merasa betah ketika berkunjung kesini. Selain itu, Danau Lau Kawar juga telah dikelilingi oleh bukit yang hijau.

Air di Danau Lau Kawar terbilang sangat jernih dan arusnya tenang. Danau ini juga mempunyai kedalaman sedalam 50 meter. 

Ada beberapa pendopo di wilayah Danau Lau Kawar yang bisa digunakan untuk duduk bersantai bersama keluarga. Jika Anda ingin mencari objek wisata yang sejuk,maka  bisa bersantai dengan keluarga di Danau Lau Kawar. 

 Penutup 

Berdasarkan penjelasan diatas, tempat wisata di Berastagi yang lagi hits bisa Anda kunjungi saat liburan. Jadi Liburan dijamin akan lebih menyenangkan dan menjadi pengalaman yang tidak terlupakan. 

error: Content is protected !!