Benda Apa Saja yang Ada di Makam Ki Ageng Selomanik?

Benda Apa Saja yang Ada di Makam Ki Ageng Selomanik

Berbicara mengenai sejarah pasti tidak akan ada habisnya, salah satu sosok Ki Ageng Selomanik yang banyak dikunjungi oleh masyarakat di makamnya. Hal itulah yang membuat beberapa orang bertanya-tanya alasannya? Selain itu, juga bertanya benda apa saja yang ada di makam Ki Ageng Selomanik?

Guna menjawab semua pertanyaan tersebut, maka akan dipaparkan informasi yang akan menjawab semua pertanyaan tersebut. Selain menjawab pertanyaan tersebut, tentu tujuan utamanya adalah membantu Anda untuk mengerti sejarah.

Sekilas Tentang Ki Ageng Selomanik

Benda Apa Saja yang Ada di Makam Ki Ageng Selomanik
benda apa saja yang ada di makam ki ageng selomanik via dailysia.com

Ada beberapa pendapat yang menyebutkan bahwa Ki Ageng Selomanik merupakan seorang waliyullah yang pada masa hidupnya beliau salah satu pejuang. Selain itu, beliau juga merupakan bagian dari ulama Banjarnegara sekaligus pejuang Islam yang melawan penjajahan Belanda.

Walaupun begitu beliau hidup dengan sederhana sebagai petani yang memperdalam ilmu filsafat dan agamanya. Sehingga, beliau mempunyai pengaruh yang kuat dalam tatanan kehidupan masyarakat dahulu hingga sekarang. 

Walaupun sosoknya dikenal dengan banyak nama, akan tetapi jawaban dari siapa nama asli Ki Ageng Selomanik? Ini tetaplah Ki Ageng Selomanik. Sosok yang mempunyai nama lain Kyai Ageng Ngabdurahman atau Den Bagus Sogum. 

Beliau disebut Den karena masih mempunyai keturunan Raja yaitu cucu dari Bondan Kejawan atau cicitnya Prabu Kertabumi.

Hebatnya lagi ketika Anda ditanya siapa penangkap petir? Maka, beliau dapat menaklukkan petir, petir yang kelihatan mengganas yang disertai nafsu menyambar Ki Ageng Selomanik. Akan tetapi, demi keselamatan dan kehormatannya beliau pribadi yang seorang pertapa bertahun-tahun lantas menangkap petir tersebut.

Petir tersebut beliau ikat ke pohon yang disebut dengan pohon Gandri. Selain itu, hebatnya beliau juga terbukti dari adanya pelopor  tradisi baru yang baik. Tradisi untuk setiap orang yang melewati daerah Selo selalu beliau persiapkan untuk mampir beristirahat dan juga makan minum untuk menjadi segar kembali.

Benda Apa Saja yang Ada di Makam Ki Ageng Selomanik?

Sosok baiknya terbukti dari sekilas informasi tersebut. Akan tetapi, sebelum itu Anda juga perlu tahu jawaban dari dimana makam Ki Ageng Selomanik? Bahwa makam beliau berapa di Desa Selo, Kecamatan Tawangharjo, Kabupaten Grobogan, Jawa Tengah.

Kini makam tersebut selalu ramai dikunjungi oleh peziarah pada malam Juama. Aktivitas tersebut bertujuan untuk mencari bekah agar permohonannya dikabulkan oleh Tuhan Yang Maha Esa. Hal itulah yang membuat banyak orang penasaran akan benda apa saja yang ada di Makam Ki Ageng Selomanik?

Berikut beberapa benda yang bisa Anda jumpai ketika berziarah atau wisata ke Makam Ki Ageng Selomanik.

1. Lemari dan Lukisan Ki Ageng Selomanik

Lukisan Ki Ageng Selomanik
benda apa saja yang ada di makam ki ageng selomanik via jawasastra.com

Benda pertama yang bisa Anda jumpai yaitu lemari dengan lukisan dari Ki Ageng Selomanik yang berada di dalamnya. Lemari tersebut bermula ketika Ki Ageng Selomanik sedang menggarap lahan sawahnya. Dimana cuaca kala itu mendung dan turun hujan.

Dengan ilmu yang beliau miliki lantas beliau menangkap petir yang berwujud naga, kemudian beliau ikat di pohon Gandrik yang berada di sekitar lahan sawahnya. Itulah jawaban dari siapa yang bisa menangkap petir?

Saat dibawa ke rumah, wujud naga tersebut disimpan dalam lemari yang Anda bisa lihat di area belakang pondok makan beliau.

2. Pohon Gandrik

Pohon Gandrik
benda apa saja yang ada di makam ki ageng selomanik via telusuri.id

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, pohon Gandrik juga merupakan salah satu benda yang bisa Anda jumpai ketika ke Makam Ki Ageng Selomanik.

Pohon inilah yang menjadi bukti dan saksi ketika Ki Ageng Selo mengikatnya. Melalui pohon ini pula sebagian orang-orang Jawa percaya ketika hujan turun dan ada banyaknya petir mengucapkan “Gandrik anak putune Ki Ageng Selo”. Dengan mengucapkan hal tersebut akan terhindar dari sambaran petir.

3. Papan Informasi

Papan Informasi
benda apa saja yang ada di makam ki ageng selomanik via argakencanacom.wordpress.com

Guna menjawab pertanyaan benda apa saja yang ada di Makam Ki Ageng Selomanik, maka jawabannya yaitu papan informasi. Papan informasi yang berisikan bahwa ternyata Makam Ki Ageng Selomanik masuk ke dalam Cagar Budaya.

Lebih tepatnya yaitu Benda Cagar Budaya UU Cagar Budaya No. 5 Th 1992 Cagar Budaya No. 11 Th 2010. Dengan keterangan kepemilikan Keraton Surakarta Hadiningrat “Pajimatan Selo” berupa masjid Ki Ageng Selo, Tanah Magersari dan tentunya Makam Ki Ageng SeloManik itu sendiri.

Selain informasi tersebut, juga memuat sebuah peta yang menunjukan kawasan Cagar Budaya Makam Ki Ageng Selomanik. Dengan begitu, akan memudahkan Anda untuk mengetahui tempatnya lebih detail.

4. Foto

Foto Ki Ageng Selomanik
benda apa saja yang ada di makam ki ageng selomanik via youtube.com

Selain papan informasi tersebut, makam Ki Ageng Selomanik juga memuat beberapa foto-foto. Tentunya foto-foto tersebut merupakan foto-foto kerajaan pada zaman dahulu yang berkaitan dengan Ki Ageng Selomanik.

Hal tersebut tentunya mempunyai tujuan seperti memberikan informasi rinci akan sejarah keluarga Ki Ageng Selomanik terdahulu. Selain itu, juga ada beberapa foto yang memberikan pengetahuan tambahan untuk Anda mengenai kerajaan Surakarta.

Itulah informasi mengenai benda apa saja yang ada di Makam Ki Ageng Selomanik. Pada intinya sejarah selalu ada untuk dikenang dan diambil pelajaran, salah satunya menghargai dan turut serta dalam pelestariannya.

error: Content is protected !!