Tujuan Wisata yang Paling Mungkin Dikunjungi Oleh Tipe Wisatawan Allocentric

tujuan wisata yang paling mungkin dikunjungi oleh tipe wisatawan allocentric

Ingin mencari tujuan wisata yang anti mainstream? Wisatawan yang seperti itu merupakan seorang wisatawan allocentric. Tentunya mereka mengincar sebuah tujuan wisata yang paling mungkin dikunjungi oleh tipe wisatawan allocentric. Tempat seperti itu ternyata memang ada di Indonesia.

Apa Itu Wisatawan Allocentric?

Wisatawan allocentric dapat didefinisikan sebagai seseorang yang mengincar berbagai pengalaman baru. Ia berminat melakukan serangkaian aktivitas saat bertualang. Biasanya, destinasi eksotis menjadi tujuan wisata yang paling mungkin dikunjungi oleh tipe wisatawan allocentric.

Wisatawan tipe seperti ini dapat dikatakan memiliki sifat percaya diri tinggi dan sangat ramah. Mereka juga memiliki rasa penasaran tinggi. Biasanya mereka menikmati saat bertemu masyarakat dari negara lain atau budaya asing. 

Soal akomodasi, mereka tidak selalu memilih hotel modern, berbintang, atau bertipe waralaba. Namun, mereka tetap ingin menikmati pengalaman terbaik dari hotel, terutama dalam hal beristirahat dan kulinernya.

Para wisatawan allocentric biasanya ingin memiliki kebebasan dalam menentukan destinasi saat berwisata. Artinya, mereka ingin menjelajahi sebuah area sebebas mungkin dan mengatur jadwal sendiri. Mereka juga ingin memilih berbagai aktivitas serta tempat terkenal untuk dikunjungi.

Biasanya mereka hanya membutuhkan hal mendasar dari paket tur seperti transportasi dan akomodasi hotel. Pada akhirnya, mereka tidak selalu berkomitmen pada struktur dan jadwal yang sudah ditentukan sebuah paket tur tersebut.

Contoh Tujuan Wisata yang Paling Mungkin Dikunjungi oleh Tipe Wisatawan Allocentric

Apa sajakah tujuan wisata yang dilakukan wisatawan? Ada banyak sekali tujuan wisatawan, salah satunya adalah bersenang-senang. Berdasarkan definisi yang telah dijelaskan sebelumnya, bahwa wisatawan allocentric ingin mengunjungi tujuan wisata yang eksotis dan biasanya tidak dikunjungi banyak orang.

Dengan demikian, wisatawan allocentric tidak akan terlalu mementingkan destinasi di sebuah perkotaan. Mereka justru lebih mementingkan hidden gem berupa keindahan di sebuah destinasi yang mereka kunjungi.

Kamu mungkin bertanya mengenai contoh wisatawan allocentric dan psychocentric, ya? Pada kesempatan kali ini kami membahas mengenai contoh wisata yang paling mungkin akan dikunjungi oleh wisatawan allocentric saja.

Indonesia memiliki berbagai tujuan wisata antimainstream yang mungkin cocok bagi tipe wisatawan allocentric. Berikut adalah tiga contoh tujuan wisata yang mungkin dikunjungi oleh tipe wisatawan allocentric di Indonesia.

1. Pulau Seram

pulau seram maluku
tujuan wisata yang paling mungkin dikunjungi oleh tipe wisatawan allocentric adalah pulau seram maluku via mldspot.com

Tidak seperti namanya, Pulau Seram sama sekali tidak ada kaitannya dengan hal-hal berbau horor atau mistis. Pulau yang terletak di provinsi Maluku ini ternyata memiliki segudang keindahan alam sebagai daya tariknya. Mulai dari pantai, hutan, gunung, hingga air terjun, wisatawan dapat menikmati pesona yang ditawarkan pulau ini.

Terdapat berbagai tempat yang dapat dikunjungi. Contohnya adalah Taman Nasional Manusela. Wisatawan dapat melakukan berbagai aktivitas di sana seperti snorkelling, trekking, dan menyelam sepuasnya. Tidak hanya itu, flora dan fauna eksotis yang cukup banyak juga dapat dilihat secara langsung di sana.

Meski dianggap menjadi tujuan wisata yang cukup populer, nyatanya masyarakat Indonesia tidak banyak tahu tentang Pulau Seram. Padahal, pulau ini memiliki berbagai keindahan yang tidak kalah menarik daripada destinasi mainstream lainnya.

2. Desa Bahoi

desa bahoi
tujuan wisata yang paling mungkin dikunjungi oleh tipe wisatawan allocentric adalah desa bahoi

Desa Bahoi dapat menjadi satu lagi tujuan wisata yang mungkin dikunjungi oleh tipe wisatawan allocentric di Indonesia. Desa ini di Likupang, Minahasa Utara, Sulawesi Utara. Laman resmi Wonderful Indonesia menyebutnya sebagai salah satu dari lima destinasi pariwisata super prioritas setara dengan Danau Toba.

Desa Bahoi menawarkan keindahan alam yang tentu eksotis. Mulai dari panorama desa yang asri dan otentik, flora dan fauna beragam, hutan bakau yang cantik dan cocok dijadikan tempat berfoto, dan kawasan pantai pasir putih. Setiap pantainya cocok untuk dijadikan tempat snorkeling dan menyelam.

Ekowisata bukan satu-satunya hal terkenal di Desa Bahoi. Wisatawan juga dapat menikmati kearifan budaya lokal di sana. Rumah warga dapat dijadikan akomodasi sekaligus tempat berbaur dengan masyarakat. Dengan begitu, mereka dapat menikmati budayanya yang kental.

Soal dan Jawaban Tentang Wisatawan Allocentric

Pembahasan tentang tujuan wisata yang paling mungkin dikunjungi oleh tipe wisatawan allocentric sebenarnya berkaitan juga dengan beberapa soal yang sering muncul di mata pelajaran sekolah.

Soal tersebut biasanya berupa pilihan ganda, misalnya seperti ini…

Tujuan wisata yang paling mungkin dikunjungi oleh tipe wisatawan allocentric adalah ….

Soal KSNK Geografi

A. Taman nasional Yellowstone, AS

B. Menara CN, Kanada

C. Sungai Chonggyecheon, Korsel

D. Tembok Berlin, Jerman

E. Taman Hyde, Inggris

Nah setelah mengetahui apa itu wisatawan allocentric, kamu pasti sudah tau jawaban dari soal diatas. Yap, A adalah jawaban yang benar.

Taman nasional Yellowstone, Amerika Serikat merupakan salah satu kawasan yang dilindungi dan dikelola langsung oleh pemerintah. Tempat ini menyimpan banyak rahasia yang masih belum terungkap, bahkan banyak orang berasumsi area ini tidak kalah berbahayanya seperti area 51 yang ada di Nevada.

Tentu tempat-tempat seperti itulah yang menjadi daya tarik bagi para wisatawan allocentric untuk datang dan mengeksplorenya. Gimana, apa kamu juga ingin pergi kesana?

Penutup

Tujuan wisata yang paling mungkin dikunjungi oleh tipe wisatawan allocentric menjadi incaran alternatif. Terlebih, kedua contoh tempat wisata yang telah disebutkan menjadi pilihan untuk menyaksikan keindahan tidak kalah hebat dari tempat mainstream.

error: Content is protected !!