11 Rekomendasi Tempat Wisata di Medan yang Gratis

Tempat Wisata di Medan yang Gratis

Kota medan merupakan salah satu kota besar dan sekaligus ibu kota dari provinsi Sumatera Utara. Ada banyak tempat wisata di Medan yang gratis dan tidak kalah seru serta keren. Bagi kamu yang berencana liburan, kota Medan bisa menjadi salah satu referensinya. 

Meskipun gratis, kamu tidak perlu khawatir karena tempat ini keren dan tidak kalah dengan tempat wisata berbayar lainnya. Tidak heran jika objek wisata gratis di Medan ini selalu ramai, baik dari kalangan anak muda hingga orang dewasa.  

Tempat Wisata di Medan yang Gratis

Bagi kamu yang berada di sekitaran kota Medan atau sedang ada rencana untuk mengunjungi kota ini, tidak ada salahnya untuk mengunjungi tempat wisata di Medan yang gratis:

1. Kampung Keling Medan

Kampung Keling Medan
Kampung Keling Medan

Tempat wisata di kota Medan ini dikenal dengan sebutan “Little India” atau “Kampung Madras”. Kampung ini memiliki tampilan yang mirip dengan kota di India. Tempat ini merupakan sebuah perkampungan yang ditempati oleh suku India untuk mencari nafkah. 

Kampung Keling perlahan berkembang menjadi tempat wisata di Medan yang selalu ramai dikunjungi wisatawan. Tempat ini menawarkan berbagai spot wisata. Selain itu, pengunjung juga bisa berbelanja di sini. Kamu juga akan disuguhkan dengan berbagai khas asli India, seperti kuil, bangunan, dan lainnya.

Bagi kamu yang ingin berkunjung, Kampung Keling berlokasi di Jalan Teuku Cit Ditiro, Madras Hulu, Medan. 

2. Taman Lope-lope

Taman Lope-lope
Taman Lope-lope

Tempat wisata di Medan yang gratis selanjutnya ini dikenal dengan sebutan Taman Cinta di Pinggir Kota. Hal ini dikarenakan di dalamnya terdapat sebuah kolam dan jembatan serta bebatuan yang memiliki bentuk seperti hati. Kamu bisa menikmati keindahan taman tanpa harus memikirkan biaya tiket masuk. 

Meskipun tidak terlalu besar, namun tempat ini cukup untuk bersantai bersama teman atau keluarga. Di taman ini juga terdapat ayunan yang bisa digunakan oleh pengunjung. Lokasi taman ini berada di jalan Bulu Cina, Klumpang kb, Kecamatan Hamparan Perak, Deli Serdang. 

3. Danau Siombak

Danau Siombak
Danau Siombak

Danau Siombak sudah menjadi langganan bagi para wisatawan lokal sebagai tempat berwisata. Danau ini memiliki pemandangan indah yang memanjakan mata. Selain itu, ada beberapa spot foto instagramable di sana. Agar bisa berwisata gratis di sini, kamu bisa memilih jalur yang memutar ke arah situs cina.

Alamat Danau Siombak ini di Jalan Ps. Nippon, Paya Pasir, Kecamatan Medan Marelan, Kota Medan. 

4. Graha Maria Annai Velangkanni

Graha Maria Annai Velangkanni
Graha Maria Annai Velangkanni

Tempat ini merupakan rumah ibadah umat Katolik dengan gaya arsitektur India-Mughal. Keunikan Graha Maria Annai Velangkanni ini menjadikannya banyak dikunjungi wisatawan. Meskipun gratis, Anda perlu menjaga kebersihan tempat wisata ini. Lokasi dari tempat wisata ini adalah di Jalan Sakura III, Medan Tuntungan, Medan.

5. Taman Beringin Kota Medan

Taman Beringin Kota Medan
Taman Beringin Kota Medan

Taman Beringin di Kota Medan ini cocok dikunjungi untuk sekedar refreshing melepaskan rasa lelah. Pepohonan yang rimbun serta udara yang sejuk membuat banyak orang mengunjungi tempat ini. 

Suasana rindang di taman ini cocok juga dijadikan spot berfoto. Tidak heran jika banyak anak muda yang datang ke sini. Taman Beringin berlokasi di Jalan Teuku Cik Di Tiro, Medan. 

6. Taman USU

Taman USU
Taman USU

Taman USU menjadi tempat wisata di Medan yang gratis selanjutnya. Taman ini berlokasi di kampus Universitas Sumatera Utara dan terbuka untuk umum. Taman di kampus USU ini cukup unik karena di dalamnya kamu bisa melihat berbagai jenis hewan, seperti rusa, kelinci dan lainnya. 

Tidak hanya bisa melihat, kamu juga bisa memberi makan hewan-hewan tersebut. Taman USu berlokasi di Jalan Dr. Mansyur No 9, Kecamatan Medan Baru, Kota Medan. 

7. Kampoeng Warna-warni

Kampoeng Warna-warni
Kampoeng Warna-warni

Sesuai dengan namanya, tempat ini dihiasi oleh banyak warna. Tempat wisata di Medan yang lagi hits cukup populer terutama bagi mereka yang suka berfoto di tempat-tempat instagramable. Bagi kamu yang ingin memiliki foto dengan latar belakang mural artistik, tempat wisata ini cocok menjadi pilihan. 

Kampoeng Warna-warni juga dikenal dengan sebutan Kampoeng Selfie Kongsi karena banyaknya pengunjung yang datang untuk berburu foto di sini. Mulai dari hang, tembok rumah semuanya dicat berwarna-warni. Tempat wisata ini berlokasi di Jalan DR. Cipto Anggrung, Medan Polonia, kota Medan. 

8. Taman Burung Cemara Asri 

Taman Burung Cemara Asri 
Taman Burung Cemara Asri 

Taman Burung Cemara Asri ini terbuka untuk umum dan tentunya gratis. Taman ini merupakan satu-satunya taman yang berada di tengah kota Medan dengan pemandangan yang unik. 

Tempat wisata edukasi di Medan ini memiliki banyak sekali aneka burung yang terbang bebas. Selain itu,pengunjung akan menjumpai berbagai habitat hewan lainnya, seperti ikan tawar, kadal, bahkan piton besar di dalam kandang.

Lokasi wisata ini setiap harinya ramai dikunjungi. Bagi kamu yang ingin datang ke sini, Taman burung Cemara Asri berlokasi di Komplek Cemara Asri, Jalan Cemara Asri Boulevard Raya, Medan Estate, Kecamatan Percut Sei Tuan, Deli Serdang. 

9. Taman Ahmad Yani

Taman Ahmad Yani
Taman Ahmad Yani

Jika ingin berkunjung ke tempat wisata di Medan yang terdekat, Taman Ahmad Yani bisa menjadi pilihan. Salah satu taman hijau di Kota Medan ini sering dijadikan tempat jogging, olahraga, serta bersantai. Ukuran taman ini cukup luas dengan taman hijau serta udaranya yang segar. 

Di taman ini, kamu akan menemukan ikon Patung Jend. Ahmad Yani. Tempat ini berada di Jalan Imam Bonjol, JATI, Medan Maimun, Kota Medan. 

10. Taman Sri Deli

Taman Sri Deli
Taman Sri Deli

Tempat gratis untuk berwisata di Kota Medan selanjutnya adalah Taman Sri Deli. Pemandangan yang indah dan menawan dari taman ini akan memanjakan mata para pengunjung. Gaya desain dari taman ini cukup unik dengan perpaduan gaya India, Turki, dan Mesir. 

Jika ingin berkunjung ke Taman Sri Deli ini sebaiknya saat malam hari. Kamu bisa melihat keindahan bangunan yang dikelilingi kerlap-kerlip lampu yang sangat indah. Tentu saja sangat cocok dijadikan spot foto yang instagramable. 

Salah satu tempat wisata tertua yang ada di Kota Medan ini beralamat di Jalan Sisingamangaraja, Mesjid, Kecamatan Medan Kota, Kota Medan. 

11. Danau Cadika

Danau Cadika
Danau Cadika

Selanjutnya, tempat wisata di Medan gratis adalah Danau Cadika. Bagi kamu yang ingin menikmati pemandangan alam di tempat ini, Lokasi wisata alam ini masih asri dengan udaranya yang sejuk. Tidak heran jika pengunjung betah untuk berlama-lama di tempat ini. 

Danau Cadika juga memiliki taman bermain dan tempat duduk yang bisa digunakan pengunjung untuk bersantai di pinggir danau. Tempat ini cocok dikunjungi untuk menghabiskan akhir pekan. Jika ingin berkunjung, Danau Cadika berlokasi di Jalan Karya Wisata, Pangkalan Masyhur, Kecamatan Medan Johor, Kota Medan. 

Penutup 

Nah, itulah beberapa rekomendasi tempat wisata di Medan yang gratis yang bisa kamu kunjungi bersama teman atau keluarga. Berwisata yang menyenangkan tidak harus selalu di tempat yang mahal, kamu bisa mendapatkannya secara gratis.

Artikel terkait:

error: Content is protected !!